6 Hal Penting Memilih Playgrup untuk si Anak

Jangan membuat keputusan yang salah, ketahuilah 6 Hal Penting Memilih Playgrup untuk si kecil sebelum anda memutuskannya.

Mungkin merepotkan orang tua untuk memilih sekolah yang juga merupakan tempat bermain untuk bayi atau kelompok bermain. Selain itu, playgroup adalah pendidikan formal pertama yang bisa didapat si kecil. Sangat penting bagi Anda untuk memilih sekolah usia dini yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda karena pentingnya tingkat pendidikan ini. Pastikan bunda dan ayah telah mempertimbangkan 6 hal berikut sebelum memutuskan playgroup yang tepat untuk si kecil. Sesuatu? Oh, coba lihat!

  1. Kesiapan Anak

Sebelum menentukan playgroup yang benar, hal pertama yang perlu diingat bunda dan ayah adalah kesiapan si kecil untuk masuk ke taman kanak-kanak. Balita usia 3-4 tahun akan mempersiapkan emosional dan kognitif untuk pengalaman belajar selanjutnya di tingkat taman kanak-kanak dengan terlibat dalam kelompok bermain. Ada berbagai macam item yang mungkin berarti bahwa bayi Anda ingin sekali bergabung dengan playgroup. Mereka telah meninggalkan popoknya, bisa makan dan minum sendiri, bisa berkomunikasi dengan orang lain, dan berbagai ciri kemandirian lainnya, antara lain.

  1. Tenaga pendidik (pengajar)

Pendidik memiliki peran yang sangat penting untuk diperhatikan ketika si kecil memilih playgroup untuk ibu dan ayah. Guru yang baik adalah mereka yang memiliki Kurikulum Guru Anak Usia Dini dasar agar lebih memahami bagaimana mendidik anak sesuai dengan karakter dan perkembangan masing-masing anak. Melalui survei langsung ke sekolah binaan, para ibu dan ayah akan mendapatkan informasi tentang pendidik. Dengan begitu, para bunda dan ayah dapat melihat secara langsung bagaimana siswa diperlakukan oleh guru di sana. Beberapa kelompok bermain biasanya juga menyediakan kelas percobaan untuk beberapa waktu. Moms and dads harus menggunakan kesempatan ini untuk melihat konsistensi tenaga pengajar di playgroup.

  1. Fasilitas

Para ibu dan ayah harus tahu bahwa playgroup akan menjadi rumah kedua si kecil untuk menghabiskan waktu setiap hari. Oleh karena itu, para bunda dan ayah harus memastikan bahwa playgroup yang dipilih memiliki fasilitas yang baik. Ada banyak barang yang dilindungi oleh fasilitas yang dimaksud, mulai dari penataan interior yang aman, berbagai macam mainan yang tidak berbahaya bagi anak, hingga keselamatan anak dari pemetik yang tidak dikenal. Jangan lupakan ketersediaan kamar kecil yang aman dan mudah digunakan untuk anak, serta ventilasi udara dan AC yang membuat si kecil merasa lebih rileks.

  1. Kurikulum

Peran kelompok bermain balita cukup signifikan dalam membentuk karakternya sebagai pendidikan formal pertama yang dapat ditempuh si kecil. Oleh karena itu, untuk playgroup yang akan diajar, bunda harus memperhatikan secara mendalam kurikulum dan konten instruksional. Ada beberapa bentuk kurikulum yang dapat dipilih di kelompok bermain saat ini. Playgroup yang memiliki dasar agama yang kuat untuk membentuk nilai-nilainya sejak kecil, mulai dari playgroup dengan gagasan tentang alam yang dapat membuat mereka lebih menikmati dunia hingga playgroup bilingual yang membantu anak belajar bahasa Inggris sejak dini. Untuk membentuk karakter terbaik si kecil, dan sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh keluarga, para bunda akan memilih playgroup dengan kurikulum yang paling sesuai.

  1. Akses

Akses ke tempat tersebut adalah sesuatu yang tidak dapat dilupakan ketika menemukan sekolah bermain atau kelompok bermain. Jika bunda dan ayah menginginkan playgroup dengan akses yang nyaman dan tidak terlalu jauh dari rumah, dengan waktu berkendara maksimal 30 menit, akan lebih baik. Jika para ayah dan ibu memaksakan diri untuk memilih playgroup yang letaknya terlalu jauh, maka saat menempuh perjalanan jauh di jalan, si kecil akan merasa bosan. Akibatnya, saat ia sampai di tempat playgroup, si kecil tidak bersemangat.

  1. Budget (Biaya)

Meski pendidikan di playgroup sangat penting bagi si kecil, jangan sampai para ayah dan ibu memilih playgroup dengan biaya yang melebihi kemampuan ekonomi keluarga. Pak / bu harus perhatikan bahwa sekolah mahal tidak selalu memenuhi kebutuhan anak dan nilai-nilai kekeluargaan sesuai dengan mereka. Begitu pula sebaliknya, bukan berarti sekolah dengan taman bermain murah berkualitas buruk. Jangan sampai gengsi para ayah dan ibu dalam memilih playgroup berbiaya tinggi benar-benar menghalangi si kecil untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di masa depan.

Jadi sebelum memilih playgroup terbaik untuk si kecil, ada enam hal yang perlu ibu dan bapak ingat. Si kecil akan lebih siap menghadapi masa depannya dengan memilih playgroup yang tepat.

Setelah anda mengetahui Hal Penting Memilih Playgrup apa saja yang harus diketahui, mudah-mudahan dapat menambah informasi untuk dijadikans ebagai pertimbangan.

Baca juga: 6 Tipe Pola Asuh Anak Dilengkapi Penjelasannya

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.