Advertisement

Administrasi Bimbingan Konseling 2019 untuk SD, SMP, SMA

Katulis.com – Inilah administrasi bimbingan konseling sekolah 2019 untuk SD, SMP, SMA dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL), penjelasan, fungsi, program, laporan dan kegiatan BK. Semua tersedia di sini, guna membantu Bapak dan Ibu konselor dalam melengkapi perangkat dan informasi.

Administrasi bimbingan konseling (BK)  meliputi sebuah proses perencanaan dan juga pelaporan kegiatan organisasi bimbingan konseling yang ada di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, hingga tingkat SMA. Yang termasuk di dalamnya adalah kegiatan dokumentasi yang meliputi aktivitas dari pengurus organisasi bimbingan konseling dalam melakukan tugasnya memberikan pendampingan dan bimbingan moral dan sosial kepada para siswa sekolah dan juga orang tua baik yang dilakukan di dalam fasilitas sekolah maupun kegiatan-kegiatan kunjungan ke rumah siswa.

Penting : Pengertian bimbingan dan konseling

Advertisement

Administrasi BK juga berisi panduan mekanisme dan pola kerja yang dijadikan metode organisasi untuk menjalankan fungsinya sehingga setiap bagian struktur yang membentuk organisasi BK bisa mengetahui dengan jelas apa saja peran yang jadi tanggung jawabnya. 

Fungsi penting dari administrasi bimbingan konseling sebagai organisasi yang ada di dalam lingkungan sekolah dan fasilitas yang tersedia untuk dukungan moral siswa dan orang tua antara lain adalah:

  1. Dokumentasi tertulis mengenai kegiatan organisasi BK yang dilaporkan secara rutin dalam periode waktu tertentu (mingguan, bulanan, dan tahunan)
  2. Mekanisme dan alur kerja organisasi
  3. Memisahkan tugas anggota organisasi satu dengan yang lainnya
  4. Menunjukkan struktur organisasi bimbingan konseling yang ada di sekolah tersebut.

Penting: Fungsi bimbingan konseling

Dalam membuat administrasi BK Anda bisa menggunakan format yang sudah digunakan sebelumnya oleh pengurus organisasi yang lama, tinggal mengganti isi datanya saja. Tapi bagi yang sekolahnya belum memiliki administrasi dokumentasi yang rapi dan lengkap, berikut adalah hal-hal yang biasanya ada di administrasi bimbingan konseling dan bisa jadi referensi Anda untuk membuat formulir dokumentasi BK yang terorganisir.


Program Kerja Tahunan Bimbingan Konseling

Program kerja bimbingan konseling adalah rencana kegiatan yang akan dilakukan organisasi bimbingan konseling untuk periode satu tahun ajaran. Rencana kegiatan ini bisa meliputi kegiatan tahunan yang sudah jadi tradisi sekolah maupun kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan kegiatan konseling, konsultasi, mediasi, hingga informasi. Dalam isi program kerja tahunan ini terlihat peran bimbingan konseling mencakup banyak hal yang berhubungan dengan dukungan terhadap para siswa dan juga program-program pendidikan di sekolah. Beberapa contoh kegiatan yang bisa jadi program kerja tahunan bimbingan konseling antara lain adalah:

  1. Program orientasi seperti misalnya pembentukan pengurus OSIS yang baru, program kerja bakti rutin bersama siswa, program kunjungan industri untuk gambaran karir siswa, dan sebagainya.
  2. Program layanan informasi misalnya informasi mengenai pendaftaran perguruan tinggi, layanan keagamaan, dan sebagainya.
  3. Program layanan penyaluran misalnya mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya.
  4. Program layanan konseling baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok misalnya mengadakan tes IQ untuk mengukur tingkat intelejensi siswa, mengadakan wawancara atau kuesioner untuk mengetahui bakat dan minat siswa, atau tingkat stabilitas emosi yang dimiliki siswa. 
  5. Program layanan mediasi misalnya jika ada masalah yang terjadi pada siswa dengan orang tua, siswa dengan siswa lain, maupun siswa dengan pihak yang lain.

Laporan Bimbingan Konseling 

Laporan bimbingan konseling adalah bagian dari administrasi bimbingan konseling yang merupakan laporan tertulis mengenai data-data kegiatan yang dilakukan oleh organisasi bimbingan konseling. Laporan dibuat dalam periode waktu satu semester atau satu tahun ajaran yang kemudian di bagian bawahnya ditandatangani oleh Guru Pembimbing, Koordinator Bimbingan dan Konseling, dan mengetahui Kepala Sekolah dari sekolah tersebut. Laporan ini memiliki fungsi untuk mengetahui data berapa banyak masalah yang terjadi pada siswa baik masalah sosial maupun pribadi, kemudian bagaimana cara penanganannya, dan juga faktor yang menyebabkan masalah terjadi pada siswa.

Dari data laporan bimbingan konseling nantinya pihak sekolah bisa memantau hal-hal apa saja yang menyebabkan siswa memiliki masalah. Apakah hal tersebut adalah masalah keluarga, karena faktor lingkungan di sekolah, lingkungan luar sekolah, atau faktor yang lainnya. Dalam laporan juga dicantumkan bagaimana peran bimbingan konseling dalam mengatasi masalah  apakah dilakukan mediasi, dibantu melakukan investigasi, melakukan kunjungan rumah, atau yang lainnya. Data nantinya bisa digunakan sebagai referensi bimbingan konseling untuk mengadakan kegiatan yang bisa mengurangi resiko terjadinya masalah yang sama pada siswa yang lain.

Advertisement

Presentasi Absensi Siswa di Sekolah

Bimbingan konseling memiliki catatan kehadiran siswa di sekolah. Setiap harinya BK akan menerima data mengenai kehadiran siswa di masing-masing kelas, dan menerima surat izin apabila ada siswa yang berhalangan tidak bisa masuk sekolah seperti biasa. Data kehadiran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam administrasi bimbingan konseling yang kemudian dihitung presentasi jumlah kehadiran siswa. Data absensi ini lalu pada akhir periode ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling.

Data absensi siswa penting untuk dimiliki bimbingan konseling di sekolah untuk melihat apakah tingkat kehadiran siswa tinggi atau termasuk rendah. Jika rendah, apa yang menyebabkan siswa tidak hadir di sekolah juga bisa dilihat di bagian keterangan, bisa jadi banyak yang sakit karena penyebaran virus menular, bisa jadi karena musim libur panjang yang kemudian membuat banyak anak banyak tidak masuk sekolah saat hari-hari pertama sekolah, dan lain sebagainya. Data absensi siswa juga bisa digunakan untuk menjalankan program BK misalnya jika ada anak yang lama tidak masuk sekolah tanpa alasan yang jelas maka BK bisa ikut turun tangan untuk mencari akar permasalahannya.

Kegiatan konseling dan konsultasi BK sekolah

Isi administrasi bimbingan konseling yang lainnya adalah laporan mengenai kegiatan konseling dan konsultasi yang dilakukan oleh BK sekolah terkait dengan fungsinya sebagai konselor. BK bisa mengadakan konseling terhadap siswa yang bermasalah, mengidentifikasi masalahnya dengan melihat gejala-gejala yang timbul ketika siswa tersebut bermasalah misalnya jarang masuk sekolah, sering bolos, nilai menurun drastis, sering berkelahi, dan sebagainya. Kemudian BK juga akan melakukan kegiatan pembinaan misalnya melakukan kunjungan rumah untuk berkomunikasi dengan orang tua atau wali siswa. Semua kegiatan tersebut dicatat dengan format yang rapi dan dimasukkan ke dalam laporan.

Dalam administrasi BK juga dicatat pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh siswa misalnya bolos kelas, keluar dari area sekolah di waktu yang dilarang, merusak fasilitas sekolah, dan pelanggaran lainnya. Dalam catatan juga dimasukkan cara BK dalam menangani pelanggaran tersebut, siapa yang menindaklanjuti, dan sebagainya. Tidak hanya hal-hal yang sifatnya negatif, dalam administrasi bimbingan konseling juga dilaporkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif. Misalnya ketika ada kegiatan tes IQ yang dilakukan pada setiap kelas bisa dicatat hasil dari tes yang dilakukan, bagaimana partisipasi siswa, dan apakah perlu bimbingan tambahan bagi siswa-siswa tertentu.

Rekomendasi Terkait BK:

Kumpulan RPL BK:

Kumpulan Materi BK:

Dokumen Pendukung Administrasi BK:

  • 3 Contoh Format Buku Pembinaan Siswa dan Buku Kasus Siswa
  • Perangkat BK SMP K13 Kelas 7
  • Perangkat BK SMP K13 Kelas 8
  • Perangkat BK SMP K13 Kelas 9
  • Perangkat BK SMA K13 Kelas 10
  • Perangkat BK SMA K13 Kelas 11
  • Perangkat BK SMA K13 Kelas 12

Demikian gambaran isi dari administrasi BK yang umumnya ada di sekolah saat ini. Anda bisa menambahkan isi administrasi bimbingan konseling sendiri selain yang di atas, disesuaikan dengan kegiatan BK yang ada di sekolah dan sesuai dengan kurikulum pendidikan yang berlaku. 

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

13 + 9 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy