Advertisement

Administrasi Perpustakaan Bagian Pelayanan

Katulis.com – Berikut ini Administrasi Perpustakaan Bagian Pelayanan untuk Sekolah jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK untuk dijadikan sebagai referensi contoh format berkas-berkas yang sering digunakan oleh pustakawan dalam mendukung semua kegiatannya.

Selain bidang teknis, administrasi perpustakaan bidang pelayanan merupakan bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan. Hal tersebut sudah mejadi kewajiban kepala perpustakaan selalu penanggung jawab umum perpustakaan.

Berdasarkan pengertian secara umum perpustakaan merupakan kumpulan buku dan materi perpustakaan lainnya yang disimpan untuk keperluan bacaaan, belajar dan konsultasi. Sebuah tempat, gedung, ruangan atau sejumlah ruang yang diatur untuk menyimpan dan menggunakan koleksi buku. Kumpulan film, foto dan bahan nonbuku lainnya, pita dan cakram plastik atau metal, pita, disket dan program komputer.

Kesemuanya ini, termasuk dokumen tercetak dan manuskrip tersedia di perpustakaan yang esar atau dapat terbatas pada salah satu jenis materi perpustakaan saja.

Layanan di perpustakaan ideal nya dapat lebih memikat, bersahabat, cepat, dan akurat, ini berarti orientasi pelayanan perpustakaan harus didasarkan pada kebutuhan pengguna, antisipasi perkembangan teknologi informasi dan pelayanan yang ramah, dengan kata lain menempatkan pengguna sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebijakan pada suatu perpustakaan, kesan kaku pelayanan diperpustakaan harus dieliminir sehingga perpustakaan berkesan lebih manusiawi.

Sedangkan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari proses pendidikan. Dengan kedudukan tersebut maka perpustakaan sekolah memiliki Tujuan:

  1. membantu dan memperkuata tujuan pendidikan sebagaimana digariskan dalam misi dan kurikulum sekolah
  2. mengembangkan dan memperkuat kebiasaan dan kegemaran membaca dan belajar pada murid serta penggunaan perpustakaan sepanjang hayat
  3. memberikan kesempatan untuk memperolah pengalaman dalam menciptakan dan menggunakan informasi untuk pengetahuan, pemahaman,imajinasi dan keceriaan.
  4. membantu murid dalam pembelajaran dan keterampilan menilai serta menggunakan informasi, dengan tidak memandang bentuk, format atau media, termasuk kepekaan pada modus komunikasi dengan komunitas
  5. menyediakan akses ke sumber informias lokal, regional, nasional dan global serta kesempatan yang mengekspos murid pada gagasan,pengalaman dan opini yang beraneka ragam.
  6. mengorganisasi aktivitas yang mendorong kesadaran dan kepekaan kultural dan sosial
  7. bekerjasama denganmurid, guru, pimpinan sekolah serta orang tua untuk mencapai misi sekolah.
  8. memaklumatkan konsep bahwa kebebasan intelektual dan akses ke informasi merupakan hal penting bagi terbentuknya warga negara yang bertanggung jawab dan partisipasi dalam alam demokrasi, mempromosikan seluruh komunitas sekolah dan komunitasi luar sekolah .

Unduh Administrasi Perpustakaan Bagian Pelayanan untuk Sekolah

Dalam rangka membantu semua pustakawan sekolah dalam mempersiapkan dan melengkapi administrasinya, maka telah kami sediakan beberapa contoh format yang mungkin bisa anda gunakan sebagai acuan referensi terbaik. Langsung unduh saja melalui tautan berikut ini:

  • Tata Tertib Perpustakaan Sekolah.pdf – Unduh
  • Grafik Laporan.docx – Unduh
  • Buram Katalog.docx – Unduh
  • Laporan Pengunjung.docx – Unduh
  • Laporan Peminjaman.docx – Unduh
  • Buku Kunjungan Kelas Perpustakaan.docx – Unduh
  • Buku Kunjungan Harian Perpustakaan.docx – Unduh
  • Rekapitulasi peminjaman buku perpustakaan format excel.xlsx – Unduh
  • Kartu Slip Kembali.docx – Unduh
  • Rekapitulasi Peminjaman buku.docx – Unduh
  • Kartu Anggota.docx – Unduh
  • Jilid rekap peminjaman buku.docx – Unduh
  • Laporan keuangan.docx – Unduh

Rekomendasi Terkait:

Semua berkas di atas tersebut digunakan sebagai pendamping setiap tugas kegiatan pustakawan dilaksanakan. Oleh karena dengan adanya halaman informasi ini kami berharap bisa bermanfaat dan membantu Semua Guru yang sedan gmembutuhkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

eight − five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy