Administrasi Perpustakaan Bagian Pengadaan Pengolahan Buku

50
administrasi perpustakaan pengadaan pengolahan buku
administrasi perpustakaan pengadaan pengolahan buku
Advertisement

Katulis.com – Kumpulan administrasi perpustakaan sekolah bagian teknis pengadaan dan pengolahan buku untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA sebagai pendukung semua kegiatan pustakawan dalam menjalankan tugasnya.

Perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud merupakan hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa tugas yang harus dilakukan petugas perpustakaan sesuai dengan bagian-bagian tertentu. Secara garis besar terdapat 2 bagian inti tugas seorang pengurus perpustakaan, diantaranya yaitu:

  1. Tugas di bagian Teknis
  2. Tugas di bagian Pelayanan

Kedua tugas yang menjadi tanggung jawab pustakawan tersebut sebenarnya didukung oleh beberapa kegiatan lainnya. Namun kita persempit saja dan lebih mengutamakan tugas pokok di bagian teknis dan pelayanan.

Pada tulisan kami kali ini, hal pertama yang akan dibahas adalah tugas pustakawan pada bagian teknis dulu. Untuk tugas bagian lain akan kami sampaikan di artikel berikutnya.

Macam-Macam Administrasi Pustakawan Sekolah di Bagian Teknis

Sebelum kita masuk ke bagian unduh file pendukung, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang sudah biasa dilaksanakan oleh Pustakawan di Bagian Teknis & Administrasi? Berikut ini tugas pustakawan bagian teknis yang cenderung ke pengadaan bahan pustaka dan pengolahannya:

a. Administrasi Surat-Menyurat
b. Menginventaris Koleksi dan Sarana Perpustakaan
c. Membuat Katalogisasi deskriptif.
d. Mengklasifikasi Koleksi Perpustakaan
e. Menginput data di Komputer
f. Penyelesaian koleksi
g. Perencanaan dana dan penggunaannya.
h. Penyusunan koleksi dan kartu katalog/OPA

Unduh Administrasi Perpustakaan Sekolah Bagian Teknis Mengadakan, Pengadaan dan Pengolahan Buku

Setelah mengetahui apa saja tugas pustakawan, maka untuk mendukung kegiatan-kegiatan seperti yang telah disampaikan di atas, katulis coba menyediakan beberapa contoh format berkasnya.

Silahkan unduh Administrasi perpustakaan bagian pengadaan dan pengolahan bahan buku di bawah ini:

Lihat juga administrasi penukung lainnya:

Sepertinya mungkin contoh administrasi perpustakaan sekolah di bagian teknis pengadaan dan pengolahan buku tersebut masih kurang lengkap, namun jangan khawair seiringnya waktu berjalan kami akan segera menambahkan setiap berkas pelengkap lainnya guna mendukung perangkat administrasi perpus paling lengkap.

Baiklah, untuk administrasi perpustakaan bagian pengadaan dan pengolahan buku sudah kami sediaka, untuk bagian lainnya Bapak/Ibu Pustakawan bisa tunggu di tulisan kami berikutnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 14 =