Administrasi Perpustakaan untuk SD, SMP, SMA

45
administrasi perpustakaan
administrasi perpustakaan

Katulis.com – Inilah kumpulan contoh format administrasi perpustakaan untuk SD, SMP dan SMA sederajat tersedia secara lengkap dalam bentuk Doc dan Excel.

Pada era zaman modern sekarang ini, setiap sekolah dari berbagai jenjang pendidikan sebagian besar sudah memiliki perpustakaan. Sebab selain menjadi tempat untuk keperluan bacaaan, perpus juga bisa dijadikan sebagai salah satu fasilitas untuk belajar dan konsultasi.

Maka dari itulah katulis berusaha membantu para pustakawan dengan menyediakan administrasi perpustakaan SD / Mi, SMP / MTS, SMA / SMK dan sederajat lainnya. Karena pada dasarnya semua berkas tersebut bisa digunakan oleh semua jenjang pendidikan.

Perlu kita ketahui bahwa administrasi perpustakaan sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas memiliki perlengkapan yang cukup banyak untuk digunakan para pustakawannya dalam mendukung setiap kegiatan selama menjalankan tugasnya.

Download Administrasi Perpustakaan Sekolah Sesuai Bidangnya

Seperti biasa pada umumnya administrasi perpustakaan sekolah dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan tugas pustakawan pada bidang tertentu, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1Administrasi Perpustakaan Bidang Teknis Perpustakaan (Pengadaan dan Pengolahan Bahan Pustaka)

2Administrasi Perpustakaan Bidang Pelayanan Perpustakaan

a. Sistem Layanan
1) Akses Layanan Terbuka (Open Acces). Memberikan kesempatan seluas-luasnya, tidak hanya sekedar membacabaca di rak, tetapi juga mengetahui berbagai alternatif dari pilihan koleksi yang ada di rak, yang kira-kira dapat mendukung penelitiannya, akses layanan terbuka biasanya diterapkan untuk layanan di perpustakaan umum, perpustaaan sekolah, dan perpustakaan perguruan tinggi.

2) Akses Layanan Tertutup (Close Acces). Memberikan layanan secara terbatas kepada pemakai, sehingga pemakai tidak dapat mencari bahan pustaka yang dibutuhkannya di rak, tetapi akan dilayani oleh petugas.

b. Jenis Layanan
1) Layanan Sirkulasi. Kegiatan pengontrolan keluar masuknya buku yang dipinjam dengan tujuan untuk memperlancar dan mempermudah proses peminjaman bahan pustaka untuk dibawa pulang oleh pemakai.

– Sistem Peminjaman Brown. Setiap anggota perpustakaan memperoleh tiket pembaca, jumlahnya sama dengan buku yang boleh dipinjam oleh anggota perpustakaan. Tiket anggota berbentuk kantong dan berisi nomor anggota, nama, serta alamat yang diketik pada masing-masing tiket. Untuk mendampingi tiket diperlukan kartu buku. Kartu buku ini dimasukkan ke dalam kantong buku. Label tanggal atau slip tanggal diletakkan di bagian akhir buku.
– Sistem Peminjaman Newark. Anggota perpustakaan memperoleh kartu peminjam. Kartu peminjam ini didalamnya berisikan nama, nomor pendaftaran, tanggal berakhirnya kartu anggota, alamat, kolom tanggal pinjam, serta tanda tangan anggota, dan tanggal harus kembali. Sistem Newark menggunakan kartu buku, kantong buku, serta slip tanggal. Kartu buku berisi keterangan mengenai buku, termasuk di dalamnya nomor panggil, pengarang, judul, nomor induk beserta kolom untuk tanggal harus kembali, dan nama peminjam atau tanda tangan peminjam.

2) Layanan Rujukan atau Referensi.

  • Bibliografi
  • Kamus
  • Ensiklopedi
  • Buku Tahunan
  • Buku Petunjuk
  • Sumber Biografi
  • Indeks
  • Terbitan Berseri
  • Buku Pegangan
  • Direktori
  • Sumber Geografi
  • Terbitan Pemerintah

3Bidang Keanggotaan Perpustakaan

4Administrasi Perpustakaan Bidang Pemeliharaan & Pelaporan

Pemeliharaan Perpustakaan. Pemeliharaan Bahan pustaka dilakukan dengan cara melakukan pencegahan kerusakan bahan-bahan pustaka, baik dari faktor lingkungan dan dari faktor manusia.

Pelaporan Perpustakaan. Pelaporan ini merupakan pertanggung jawaban perpustakaan dalam aktivitasnya yang disampaikan pada akhir tahun, laporan tahunan ini dirangkai dari laporan bulanan. Salah satu fungsi dari laporan ini adalah untuk dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan dan kemajuan perpustakaan. Data statistik yang dapat digunakan sebagai laporan perpustakaan meliputi: statistik bahan pustaka, statistik pengunjung dan statistik anggota.

  • Format laporan perpustakaan Bulanan – Unduh
  • Format laporan perpustakaan Triwulan – Unduh
  • Format laporan perpustakaan Tahunan – Unduh

5Bidang Manajemen Keanggotaan

Fungsi Perpustakaan Sekolah

Menurut Keputusan Menteri Pendidiknan dan Kebudayaan nomor 0103/O/1981, tanggal 11 Maret 1981, mempunyai fungsi sebagai :

  1. Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan sepertitercantum dalam kurikulum sekolah.
  2. Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.
  3. Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan).

Selain itu, semua berkas disini bisa dijadikan administrasi perpustakaan untuk akreditasi. Hal tersebut sudah jelas harus kita ketahui, maka dari itu semua perangkat adm perpus ini jangan sampai anda abaikan begitu saja.

Pada intinya contoh administrasi perpustakaan sekolah untuk SD, SMP, SMP sederajat ini kami sediakan guna membantu semua para petugas perpus supaya lebih mudah dalam melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan.

Rekomendasi Lainnya:

Demikian informasi terkait dengan administrasi perpustakaan untuk SD, SMP, SMA untuk tahun pelajaran 2019/2020. Anda bisa mengunduhnya dalam berbagai format seperti Doc dan Excel. Semoga apa yang kami sampaikan di sini bisa membantu para pustakawan sekolah seluruh Nusantara. Selamat bekerja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 5 =