Advertisement

Aplikasi Kartu Peserta PPDB 2019 Otomatis (Mail Merge)

Berikut ini adalah informasi tentang Aplikasi Kartu Peserta PPDB 2019 yang dimana nantinya dokumen ini sebagai alat bantu Guru atau Panitia UN untuk membuat Kartu Peserta Calon Peserta Didik Baru.

PPDB 2019 adalah kegiatan penerimaan peserta didik baru tepatnya pada tahun pelajaran 2019-2020. Kegiatan ini pasti diselenggarakan setiap tahun ajaran baru yang dimana masing-masing sekolah melaksanakan penerimaan peserta didik baru untuk mengisi atau menggantikan siswa yang telah naik kelas / lulus. Bisa dikatakan sebagai cikal bakal generasi baru.

Panitia PPDB bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru ini karena selain harus merencanakan pelaksanaan kegiatannya, mereka pun harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan demi tercipta suatu kegiatan PPDB yang berjalan dengan lancar tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Advertisement

Berdasarkan keterangan kalender pendidikan tahun 2019, PPDB atau PSB tahun 2019 ini dilaksanakan sepanjang bulan mei 2019, maka dari itu sebaiknya semua perangkat administrasi pendukung PPDB harus segera dipersiapkan.

Pelaksanaan PPDB biasanya dilaksanakan dilingkungan sekolah itu sendiri baik di SD, SMP maupun SMA.

Persiapan menghadapi PSB / PPDB 2019 harus sangat diperhatikan karena tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan ini mampu menunjukkan kualitas dan kredibilitas dari sekolah penyelenggara. Maka demi menampilkan kualitas yang mantap, anda selaku panitia harus benar-benar siap dimulai dari persiapan sampai pelaksanaan hingga Penerimaan Peserta Didik Baru berhasil diselesaikan dengan baik.

Download Aplikasi Kartu Peserta PPDB 2019 dilengkapi Panduan Penggunaan

Sebelum memulainya, kami sarankan supaya anda mengikuti tahapan-tahapan berikut !

  1. Pertama, silahkan download aplikasi kartunya
  2. Kedua, download juga file Data Siswa.xlsx (isikan semua data calon siswa di sekolah anda)
  3. Kedua, ikuti Panduan Penggunaannya di bawah ini:

Buka Aplikasi Kartu PPDB 2019 (File Microsoft Word), pilih “Yes

Notifikasi yangmenanyakan, apakah database yang akan dimasukkan ke template kartu siswa menggunakan database siswa yang sebelumnya dipakai atau tidak.

Kartu Peserta PPDB 2019 step 1
Kartu Peserta PPDB 2019 step 1

Jika terdapat tampilan Error seperti pada gambar di bawah, pilih “OK

Kartu Peserta PPDB 2019 step 2
Kartu Peserta PPDB 2019 step 2

Setelah itu klik “OK

Advertisement

Kartu Peserta PPDB 2019 step 3
Kartu Peserta PPDB 2019 step 3

Klik “OK” lagi

Kartu Peserta PPDB 2019 step 4
Kartu Peserta PPDB 2019 step 4

Pada tampilan ini, anda diharuskan memilih lokasi file Data Siswa, pilih “Find Data Source

Kartu Peserta PPDB 2019 step 5
Kartu Peserta PPDB 2019 step 5

Supaya lebih mudah, simpan File Data Siswa.xlsx di Desktop

Kartu Peserta PPDB 2019 step 6
Kartu Peserta PPDB 2019 step 6

Setelah muncul tampilan seperti ini, pilihlah “Sheet1

Kartu Peserta PPDB 2019 step 7
Kartu Peserta PPDB 2019 step 7

Terakhir, Data dari file excel tadi akan masuk secara otomatis ke template pada aplikasi kartu peserta PPDB 2019 seperti pada gambar berikut. Anda hanya tinggal melakukan Print, Selesai.

Kartu Peserta PPDB 2019 step 8
Kartu Peserta PPDB 2019 step 8

Jangan lupa untuk menginput data calon siswa terlebih dahulu. Dengan adanya aplikasi kartu peserta ppdb 2019 berbasiskan mail merge menggunakan 2 jenis file excel dan word maka anda bisa membuat dan cetak kartu peserta secara otmatis, tidak menghiraukan berapa pun jumlah calon siswa di sekolah anda.

Aplikasi PPDB excel 2019 dengan sistem Mail merge ini akan sangat bagus jika anda gunakan, karena tidakhanya serba otomatis terutama saat input photo, tetapi hasilnya juga akan jauh lebih sempurna. Selain itu jika dibutuhkan anda juga dapat mengganti backgroundnya sesuai keinginan sendiri.

Lengkapi administrasi PPDB 2019 dengan cara mengunduh semua file yang terdapat pada informasi kami sebelumnya di:

Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Jika ada pertanyaan terhadap suatu kendala saat menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa tanyakan kepada kami melalui kontak blog ini atau bisa bertanya di Fan Facebook komunitas kami di sini.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

17 + 8 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy