Advertisement

Aplikasi KKM K13 SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2019

Katulis.com – Berikut ini Aplikasi KKM K13 SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2019 Format Excel (xls/xlsx) digunakan untuk menentukan nilai Kriteria ketuntasan Minimal secara otomatis.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan, nilai kkm ditentukan oleh sekolah berdasarkan musyawarah Guru mata pelajaran di awal tahun pelajaran.

Pada Raport nilai KKM K13 SD ini akan disandingkan dengan nilai akhir semester siswa. Penilaian tersebut dilakukan melalui :

Advertisement

  1. Penilaian kompleksitas materi
  2. Kemampuan siswa atau biasa disebut dengan intake
  3. Kompleksitas materi KKM ini diambil

Download Aplikasi KKM K13 SD Format Excel untuk Semua Kelas

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para Guru dalam mengitung nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) secara semi otomatis, jadi nanti Bapak/Ibu anya perlu memasukkan nilai pada 3 Point yang telah di jelaskan sebelumnya dan nilai kkm pun akan terbentuk secara otomatis. Selengkapnya silahkan langsung saja unduh dan praktekan.

  • KKM Kelas 1 K13 – Unduh
  • KKM Kelas 2 K13 – Unduh
  • KKM Kelas 3 K13 – Unduh
  • KKM Kelas 4 K13 – Unduh
  • KKM Kelas 5 K13 – Unduh
  • KKM Kelas 6 K13 – Unduh

Advertisement

Lihat juga:

Perlu dikatehui dalam menghitungdan menentukan KKM Kurikulum 2013 SD, setiap guru harus objektif sesuai dengan kondisi pembelajaran di sekolah. Dikarenakan KKM berkaitan erat dengan standar evaluasi yang digunakan, maka KKM tidak boleh dihasilkan dengan cara ditebak secara asal, atas dasar permintaan Kepala Sekolah maupun sesuai kehendak guru. Sekali lagi, semua itu harus objektif dan hasil musyawarah.

Langkah Penentuan KKM Kurikulum 2013

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa atau bagaimana proses prosedur dalam penentuan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal didapatkan? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
  2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian
  3. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
  4. KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.

Sudah bisa dipastikan dengan adanya aplikasi kkm k13 untuk SD kelas 1,2,3,4,5,6 revisi 2019 dengan format xls/xlsx (excel) ini, kegiatan-kegiatan di atas akan jauh lebih mudah dilakukan karena adanya bantuan dari rumus-rumus otomatis yang mampu mengakumulasikan atua membagi nilai siswa menjadi hasil yang diharapkan sesuai perhitungan.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

fourteen + five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy