Aplikasi PPDB 2019 Berbasis Excel Sesuai Database Dapodik

1704
aplikasi ppdb 2019
aplikasi ppdb 2019

Katulis.com – Berikut ini aplikasi ppdb 2019 / 2020 berbasis excel untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA sesuai database dapodik dilengkapi dengan kumpulan administrasi penerimaan peserta didik baru.

Menghadapi tahun pelajaran 2019/2020, sudah pasti setiap sekolah di seluruh Indonesia akan melaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru. Oleh karena itu setidaknya melalui artikel ini, kami coba membantu para panitia pelaksana PPDB tahun pelajaran 2019/2020 untuk melengkapi beberapa perangkat yang mungkin akan cukup mengurangi beban tugas panitia dalam mempersiapkan perangkat administrasi PPDB.

1Fitur Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru 2019 / 2020 Sesuai Dapodik

aplikasi ppdb 2019 input data siswa form

Ada banyak fitur yang bisa anda gunakan pada aplikasi ini. Selain untuk mencetak formulir pendaftaran siswa baru secara otomatis, aplikasi ini pun memberikan user interface yang cukup nyaman bagi para pengguna. Salah satunya yaitu tampilan form seperti halayaknya software berekstensi exe (visual basic dan sejenisnya). Secara garis besar fitur yang ada pada aplikasi ini diantaranya yaitu:

  1. Cetak Formulir
  2. Database Siswa
  3. Buat Absen dan NISN
  4. Input Data Calon Peserta Didik Baru

Tampilan form isian untuk input data calon peserta didik yang kami maksud adalah sebagai berikut :

aplikasi ppdb 2019 input data orangtua form
aplikasi ppdb 2019 input data orangtua form
aplikasi ppdb 2019 input data periodik form
aplikasi ppdb 2019 input data periodik form
aplikasi ppdb 2019 input data prestasi beasiswa form
aplikasi ppdb 2019 input data prestasi beasiswa form
aplikasi ppdb 2019 input data murid pindahan form
aplikasi ppdb 2019 input data murid pindahan form

2Download dan Cara Menggunakan Aplikasi PPDB 2019 Berbasis Excel

ubah minimum umur calon peserta didik

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa menggunakan aplikasi ini silahkan ikuti beberapa step berikut ini dengan seksama. Jangan sampai ada satu langkah pun yang terlewatkan:

  1. Download aplikasinya di sini.
  2. Buka filenya, klik “Enable Content” dan “Enable Macro”.
  3. Jika anda belum memiliki data calon siswa secara lengkap maka sebaiknya cetak formulir kosong terlebih dahulu. Kemudian bagikan kepada orang tua wali calon siswa, tunggu sampai semua formulir terisi dan terkumpul.
  4. Namun apabila anda sudah memiliki semua data calon peserta didik, maka abaikan tahap nomor 3. Lanjutkan ke nomor 5.
  5. Mulailah mengisi data siswa melalui menu “Input Data Calon Peserta Didik Baru“. Perlu diperhatikan pada penulisan tanggal lahir siswa gunakan format seperti ini 05/05/1998. Pada bagian ini, anda harus mengisi lengkap form “Data Siswa” yang muncul pertama kali sampai selesai dengan lengkap. Dilanjutkan dengan mengisi lengkap form berikutnya seperti “Data Orang Tua“, “Data Periodik“, “Prestasi & Beasiswa“, “Data Murid Pindahan” apabila calon siswa tersebut merupakan pindahan atau dalam artian bukan siswa baru.
  6. Setelah semua form selesai terisi maka anda sudah bisa mencetak formulirnya melalui menu “Cetak Formulir“. Jangan lupa untuk “Save Database“.
  7. Selesai.

Selain itu, ada beberapa fitur lain yang bisa anda gunakan seperti membuat absen dan NIS. Pada menu bagian kiri telah kami sediakan tautan yang mengarah ke halaman artikel yang mendukung kelengkapan administrasi PPDB tahun pelajaran 2019/2020.

File pendukung lainnya:

Update: Beberapa waktu lalu ada guru yang menanyakan, bagaimana cara merubah batasan minimum umur calon peserta didik. Untuk mengubahnya silahkan anda lakukan beberapa step berikut ini:

  1. Buka aplikasi
  2. Di bagian Home, klik menu “Format” terus pilih “Unprotect Sheet
  3. Setelah itu, klik pada Cell (yang menampilkan umur)
  4. Klik Data, pilih “Data Validation
  5. Sekarang anda bisa mengubah batasan umur minimumnya
  6. Jangan lupa “Save

Informasi terkait dengan aplikasi ppdb 2019 kami cukupkan sekian dulu, mudah-mudahan dapat membantu semua rekan panitia pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2019 – 2020. Selamat bekerja!

12 COMMENTS

    • di halaman download sudah ada stepsnya,
      1. Tunggu sampai scan file selesai.
      2. Baru lah klik tombol Source di bagian akhir artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + seventeen =