Advertisement

Aplikasi Raport K13 SD Kelas 2 Revisi Terbaru Semester 1 dan 2

Katulis.com – Pengunaan aplikasi Raport K13 SD kelas 2 ini akan sangat berguna untuk menjadikan waktu para Guru lebih efisien terutama saat menghitung nilai-nilai siswa. Dengan aplikasi ini, semua nilai tersebut bisa dihitung secara otomatis karena adanya rumus-rumus excel yang dibuat khusus untuk menghitung semua nilai siswa. Anda hanya diminta untuk menginputkan data nilai hasil ujian tengah semester dan nilai dasar lainnya ke dalam kolom yang telah disediakan.

Pada intinya Aplikasi raport K13 SD khusus kelas 2 adalah aplikasi raport digital untuk melakukan penilaian terhadap siswa pada akhir semester, akhir tahun, dan ujian sekolah. Atau dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pertemuan peserta didik pada semester akhir gasal. Cakupan seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Hasil dari semester akhir selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil dari ini dapat digunakan untuk rapor.
  2. Penilaian Akhir Tahun Evaluasi Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di semester genap untuk mengukur pencapaian peserta didik pada semester genap akhir. Cakupan seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.

Advertisement

Download Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester I dan II dan Petunjuk Penggunaannya

Pada umumnya Aplikasi Raport k13 SD kelas 2 ini sama dengan yang lainnya terkait beberap ahal penting yang harus diperhatikan mengenai penilaian kurikulum 2013.

Oleh karena itu, kami persilahkan anda untuk mengunduh aplikasi raport sd format excel ini supaya bisa mempelajari langsung bagaimana tampilan dan cara kerjanya melalui link berikut ini:

Namun ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai teknik penilaian pada aplikasi nilai raport khususnya untuk K13 ini. Maka silahkan simak beberapa penjelasannya di bawah ini:

Teknik Penilaian Kurikulum 2013
a. Penilaian Sikap Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.
1) Sikap Spiritual Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2) Sikap Sosial Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.

Advertisement

b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

c. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

Cara Menggunakan Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013

Sebenarnya untuk menggunakan aplikasi nilai raport kurikulum 2013 ini sama saja dengan apa yang telah kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Tepatnya pada artikel Aplikasi Raport K13 SD Kelas 5 Revisi Dilengkapi Piagam.

  1. Setelah berhasil unduh silahkan Ekstrak file unduhan dari rar terlebih dahulu
  2. Buka file excel > Klik Enable Editing pada notifikasi yang muncul
  3. Dilanjutkan dengan Enable Content
  4. Isi semua data sekolah dengan lengkap
  5. Isi data siswa
  6. Isikan tanggal Penerimaan Raport
  7. Masukkan Nilai KKM pada menu yang tersedia

Atau anda bisa membacanya langsung dari artikel yang telah kami posting pada beberapa waktu sebelumnya secara langsung, silahkan kunjungi:

Baca Juga ini.

Kesimpulannya, aplikasi raport k13 sd kelas 2 untuk semester I dan II ini akan bermanfaat untuk membantu anda menyelesaikan semua raport siswa seara cepat. Karena adanya fungsi-fungsi dan rumus excel yang telah dibuat khusus menghitung nilai-nilai siswa sesuai dengan penilaian K13 revisi saat ini.

Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat membuat piagam untuk masing-masing siswa tanpa harus mengisi / menginputkan data secara berulang. Semua data yang telah anda masukkan sebelumnya akan menjadi database untuk piagam tersebut.

Jika memungkinkan ini juga bisa anda gunakan sebagai aplikasi raport mi, jadi silahkan dilihat saja kolom isian data dan fungsinya secara langsung.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

15 − nine =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy