Advertisement

Aplikasi Raport K13 SD Kelas 4 Revisi Terbaru Semester I dan II

Katulis.com – Berikut ini aplikasi raport K13 SD Kelas 4 Revisi terbaru untuk semester I dan 2. File ini merupakan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan Guru kelas terutama dalam mengelola nilai akhir raport siswa kelas 4 SD.

Aplikasi raport digital untuk penilaian kurikulum 2013 ini terbuat dari Microsoft Excel yang didalamnya telah diterapkan beberapa rumus otomatis. Oleh karena itulah anda bisa menyelesaikan semua raport siswa dengan mudah.

Pada tulisan sebelumnya, kami telah memposting tentang aplikasi raport k13 sd untuk beberapa kelas. Sebagai informasi tambahan, anda bisa melihatnya di :

Advertisement

Aplikasi Nilai Raport K13 SD Kelas 4 Semester I dan II

Sebelum anda mengunduh file yang kami maksud, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa komponen penting yang dalam penilaian aplikasi raport SD kurikulum 2013 ini. Jika kita jabarkan secara rinci maka berikut ini keterangannya:

Teknik Penilaian Kurikulum 2013
a. Penilaian Sikap Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.
1) Sikap Spiritual Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2) Sikap Sosial Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.

b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

c. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

Jika sudah memahaminya maka silahkan download :

Advertisement

Cara Menggunakan Aplikasi Nilai raport Kurikulum 2013 SD Kelas 4

Perlu diketahui juga, apa saja yang dinilai pada aplikasi nilai raport Kurikulum 2013 ini? Nah, ini 2 poin penting yang wajib anda ketahui.

Penilaian Akhir Semester

Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pertemuan peserta didik pada semester akhir gasal. Cakupan seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Hasil dari semester akhir selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil dari ini dapat digunakan untuk rapor.

Penilaian Akhir Tahun

Evaluasi Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di semester genap untuk mengukur pencapaian peserta didik pada semester genap akhir. Cakupan seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya secara baik dan benar, silahkan unduh filenya di:

Kesimpulannya, cara penggunaan aplikasi untuk semua kelas sama saja jadi anda bisa membaca tutorial pada buku panduan meskipun beda kelas.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

five × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy