Advertisement

Buku Penilaian Harian K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2

Katulis.com – Inilah Buku Penilaian Harian K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2 untuk digunakan sebagai tempat mencatat nilai yang diperoleh siswa setelah mengikuti tes UH/PH di kelas. Guru wajib mencatat semuanya, sebab setiap nilai yang didapatkan oleh siswa hasil dari melewati tes harian nantinya akan diakumulasikan.

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Seperi yang Bapak/Ibu ketahui bahwa nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak mesti semua tehnik penilaian dilaksanakan dalam satu Kompetensi Dasar, namun tergantung situasi dan kondisi.

Advertisement

Kami contohkan seperti berikut : KD 3.1 Mapel PPKN diajarkan dalam Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3. Maka bisa saja penilaian dilaksanakan sebagai berikut: Pada akhir Sub Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan.

Pada akhir Sub Tema 2 dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3 dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai akhir rata-rata harian KD 3.1 merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau bisa juga dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai tugas:2)

Download Buku Penilaian Harian K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2

Baiklah setelah kita berbincang mengenai penilaian harian kurikulum 2013 seperti yang telah dijelas di atas tadi, maka sekarang anda dipersilahkan untuk mengunduh format penilaian kurikulum 2013 Kelas 5 semester I dan 2 sebagai pendukung penilaian.

Advertisement

  • Buku Format Daftar Nilai Harian K13 Kelas 5 Semester 1 – Unduh
  • Buku Format Daftar Nilai Harian K13 Kelas 5 Semester 2 – Unduh

Dapatkan juga:

Penilaian proses dan hasil belajar memiliki peran yang sangat penting terutama sebagai acuan untuk memetakan capaian karakter peserta didik dalam pembelajaran. Harapannya, melalui proses penilaian yang komprehensif akan dapat pula dimunculkan profil yang menggambarkan kekuatan karakter dan keunikan peserta didik.

Ruang lingkup penilaian meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.

Topik ini diharapkan peserta mampu membuat perencanaan, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan hasil belajar yang terintegrasi dengan penguatan karakter melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat.

Di antara penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah adalah kegiatan literasi, sedangkan di antara penguatan pendidikan karakter berbasis kelas adalah pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad XXI meliputi 4C yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS

Sepertinya dicukupkan sekian dulu informasi terkait dengan format penilaian k13 Kelas 5 SD yang masih termasuk ke dalam berkas administrasi guru, mudah-mudahan dapat cukup membantu rekan-rekan Guru.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

seventeen − seven =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy