Advertisement

Buku PJOK Kelas 4 K13 untuk Guru dan Siswa Revisi 2019

Katulis.com – Inilah Buku PJOK Kelas 4 K13 Revisi 2019 untuk Guru dan Siswa sebagai pedoman guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah terkait dengan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan supaya lebih bervariatif (tidak monoton).

Buku PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 yang masih merupakan salah satu administrasi guru ini diharapkan membantu guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang variatif dan tidak monoton sehingga peserta didik termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran.

Isi Materi Buku PJOK Kelas 4 K13 Revisi 2019

Advertisement

  1. Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Besar
  2. Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Kasti
  3. Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar
  4. Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Bela Diri Pencak Silat
  5. Aktivitas Kebugaran Jasmani
  6. Variasi dan Kombinasi Berbagai Pola Gerak Dominan dalam Gerakan Senam Lantai
  7. Variasi Langkah dan Ayunan Lengan pada Aktivitas Gerak Berirama
  8. Renang Gaya Bebas
  9. Jenis-Jenis Cedera dan Cara Penanggulangannya
  10. Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Sehari-hari

Buku Guru Aktif Berolahraga-Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV ini memuat cara mengoperasionalkan buku siswa. Tahap-tahap pembelajaran yang disajikan buku ini selaras dengan buku siswa untuk memenuhi tuntutan higher order thinking skills (HOTS) dan menyisipkan nilai penguatan pendidikan karakter (PPK). Guru dapat menerapkan metode pembelajaran variatif sesuai panduan pada buku ini. Melalui panduan buku ini, guru dapat menerapkan pembelajaran saintifik sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum 2013. Guru akan mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dan jauh dari kesan membosankan.

Buku Guru PJOK Kelas 4 K13 Revisi 2019

Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV ini disusun untuk memandu guru dalam menyampai kan materi pada buku Aktif Berolahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Melalui buku ini, guru dapat melaksanakan pembelajaran PJOK secara lebih menyenangkan mencakup pembelajaran abad XXI dengan 4C, yaitu communication, collaborative, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation.

Buku Siswa PJOK Kelas 4 K13 Revisi 2019

Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV ini disusun untuk memperkuat kompetensi pengetahuan, keterampilan, serta sikap spiritual dan sikap sosial secara utuh. Melalui buku ini, kamu akan diajak mempelajari pengetahuan kesehatan dan mempraktikkan variasi gerak dasar dalam olahraga. Dengan berolahraga tubuh sehat dan bugar, serta memiliki daya tahan yang kuat.

Menggunakan buku ini, Siswa akan semakin bersemangat dalam berolahraga. Buku ini akan mengajak kamu belajar permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, senam ketangkasan, senam ritmik, dan renang. Kamu juga akan mempelajari materi daya tahan jantung dan paru-paru, penyakit menular dan tidak menular, serta bahaya rokok, minuman keras, dan Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif).

Buku ini juga dilengkapi soal dan beragam kegiatan yang dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap materi. Penyajian materi dalam buku ini berbasis aktivitas terkait kombinasi gerak dan usaha menjaga kesehatan. Aktivitas tersebut dirancang agar kamu terbiasa melakukan gerak jasmani dengan menyenangkan. Dengan begitu, kamu dapat bereksplorasi dan menemukan informasi secara tidak langsung. Pada kegiatan pembelajaran, kamu menjadi subjek agar dapat mengaktualisasikan mata pelajaran penjasorkes.

Sajian materi dilengkapi gambar yang akan memudahkanmu menyerap materi. Buku ini juga dilengkapi soal dan beragam kegiatan yang dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap materi. Meskipun demikian, kami menyadari informasi tentang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terus berkembang. Oleh karena itu, kami mengharap masukan dari berbagai pihak agar dapat menyempurnakanKatulis.comiv Buku Siswa SD/MI Kelas IVbuku ini. Semoga buku ini dapat menjadi teman belajar yang baik. Manfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Jadilah generasi penerus yang cerdas, sehat dan bugar, serta berkarakter mulia.

Pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk mewujudkan generasi cerdas dan berakhlak mulia dalam memperluas wawasan, menguasai teknologi, memiliki rasa cinta tanah air, serta memiliki sikap pantang menyerah. Dengan Kurikulum 2013, pemerintah mempersiapkan generasi penerus yang mampu menyelesaikan permasalahan dan menjawab tantangan pada masa depan. Generasi ini juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah berkategori higher order thinking skills (HOTS). Pada pembelajaran PJOK, peserta didik diarahkan menguasai keterampilan abad XXI, meliputi communication, collaborative, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation.

Mengingat beratnya tantangan guru PJOK, implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan dengan pola pembelajaran berikut.

Advertisement

  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik.
  • Pembelajaran bersifat interaktif.
  • Pembelajaran secara berjejaring.
  • Pembelajaran bersifat aktif–mencari.
  • Pembelajaran berbasis kelompok.
  • Pembelajaran berbasis alat multimedia.
  • Pembelajaran untuk pengembangan potensi peserta didik.
  • Pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisiplin).
  • Pembelajaran menjadi bersifat kritis.

Pada pemberlakuan Kurikulum 2013, guru sebagai ujung tombak yang menentukan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Guru juga bersentuhan langsung dalam kegiatan pembelajaran sebagai dinamisator, motivator, dan fasilitator. Oleh karena itu, guru dituntut memiliki wawasan serta kemampuan mengelola kegiatan pembelajaran. Buku Guru inilah yang membantu guru memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Cara Menggunakan Buku PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Guru PJOK Kelas IV ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama berisi petunjuk umum pembelajaran PJOK. Petunjuk umum mencakup beberapa bagian, yaitu gambaran umum buku guru PJOK; latar belakang penyusunan buku guru; cara menggunakan buku guru; pembelajaran mengikutsertakan keluarga; rumusan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator capaian kompetensi; cakupan dan lingkup PJOK SD/MI; tujuan pembelajaran mata pelajaran PJOK; strategi pembelajaran dan model pembelajaran; media pembelajaran; ciri-ciri pendekatan ilmiah (saintifik); sarana dan prasarana dalam pembelajaran PJOK; keamanan dan keselamatan dalam pembelajaran; evaluasi pembelajaran; langkah-langkah pembelajaran PJOK; serta remedial dan pengayaan.

Bagian kedua buku ini menjabarkan petunjuk teknis pembelajaran setiap pelajaran. Pembahasan pelajaran disajikan untuk setiap rencana tatap muka pertemuan bergantung pada bobot jam pelajaran. Sebelum melakukan pembelajaran, guru diharapkan memahami kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator capaian kompetensi, serta metode dan media pembelajaran pada setiap pelajaran.

Pada setiap pertemuan, disajikan variasi model pembelajaran yang dapat menjadi acuan guru dalam pembelajaran. Pada setiap pertemuan, disajikan pembahasan kegiatan atau tugas, pengayaan, remedial, serta pedoman penilaian. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran lebih terarah, variatif, dan menyenangkan.

Unduh Buku PJOK Kelas 4 Revisi 2019 untuk Guru dan Siswa

Pada bagian ini kami persilahkan anda untuk mengunduh buku PJOK kelas 4 revisi terbaru untuk Guru dan juga Siswa dengan bentuk PDF (Portable Document Format) melalui tautan di bawah ini:

  • Aktif Berolahraga Kelas 4 Buku Guru pdf – Unduh
  • Aktif Berolahraga Kelas 4 Buku Siswa pdf – Unduh

Rekomendasi Buku PJOK Kelas Lainnya:

Sebelum menutup tulisan ini, ada baiknya anda melihat beberapa rekomendasi kami terkait dengan Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 4. Silahkan buka tautan halaman berikut ini:

Sepertinya hanya itu saja informasi tentang Buku K13 PJOK Kelas 4 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa, semoga dengan adanya buku ini Bapak/Ibu Guru dapat terbantu dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

6 + 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy