Advertisement

Cara Membuat Artikel Tanpa Harus Mengetik Menggunakan Dictation

Apakah kamu pernah kepikiran bagaimana Cara Membuat Artikel Tanpa Harus Mengetik Menggunakan Dictation ? Cara ini memungkinkan kamu untuk membuat banyak artikel tanpa harus capek mengetik paragraf demi paragraf.

Kamu hanya perlu mengatakan setiap kata-kata untuk menyusun sebuah kalimat, sama halnya dengan saat sedang membaca buku. Ungkapkan semua ide yang ada dibenakmu maka akan munculah sederetan teks dan kalimat yang membentuk sebuah paragraf, dengan catatan setiap kalimat yang diucapkan harus jelas dan fasih.

Persiapan Peralatan

Advertisement

Ada hal penting yang harus kamu persiapkan untuk bisa menggunakan layanan ini dengan lancar tanpa kendala apapun. Alat yang harus kamu punya tentunya sebuah Microphone diusahakan dengan kualitas suara bagus untuk menghasilkan output teks yang sempurna. Sebuah Laptop atau PC dan Akses Internet, semakin cepat koneksi internet maka hasilnya akan bagus dan teks yang keluar akan dihasilkan secara cepat.

Cara Mudah Membuat Artikel Menggunakan Dictation

Silahkan ikuti panduan ini dengan seksama, lakukan beberapa kali cek dan tes sampai berhasil, yang jelas microphone yang digunakan harus benar-benar berfungsi dengan baik.

Melalui Browser Chrome silahkan buka website Dictation.io

Anda harus menggunakan Google Chrome untuk bisa menjalankan fitur yang terdapat di dictation.io dengan baik.

website dictation.io

Advertisement

Setting Akses Microphone

Jika ada baru pertama kali menggunakan dictation .io maka pada saat memasukan colokan jack microphone ke Laptop / PC akan tampil sebuah notifikasi di sebelah kiri atas browser google chrome kamu. Silahkan Pilih “Allow”. Jika tidak ada notifikasi kamu bisa seting akses microphone melalui logo camera yang ada di bagian kanan atas, lihat gambar.

Seting Microphone

Launch Dictation

Setelah Microphone terpasang, di halaman selamat datang silahkan klik tombol “Launch Dictation”

launch Dictation

Seting Bahasa dan Mulailah Berbicara

Lanjut ke seting bahasa di dictation.io, pilihlah Bahasa Indonesia. Setelah itu mulailah mengatakan beberapa kata sebagai tes.

Pilih Bahasa Indonesia - dictation.io

Ok, kita anggap saja semua tahapan di atas tadi sudah kamu lakukan dengan hasil yang sempurna. Jadi sekarang kamu hanya tinggal ngomongin apa saja ide-ide yang ada dipikiran untuk dituangkan menjadi sebuah artikel.

Sebenarnya cara Membuat Artikel Tanpa Harus Mengetik Menggunakan Dictation ini tidak hanya untuk para blogger yang malas nulis, tetapi juga bisa digunakan bagi kalian yang sedang membuat tugas laporan dan lain sebagainya. Mudah-mudahan pekerjaan kalian menjadi lebih ringan dengan adanya tutorial ini, selamat mencoba.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

twenty − 1 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy