Bagaimana Cara Membuat Blog? Ini ringkasannya !

Era digital saat ini memungkinkan setiap orang untuk bekerja secara bebas sekaligus turut serta dalam kemajuan teknologi. Lebih jauh lagi, jika ditangani dengan benar, kebebasan berekspresi yang dapat dituangkan melalui blog atau wordpress dapat menghasilkan simpanan uang yang cukup menggiurkan.

Membuat blog merupakan salah satu solusi bagi anda yang saat ini sedang berimajinasi dan ingin menuangkannya dalam bentuk tulisan. Anda tidak hanya dapat menggunakan tulisan untuk mengeksplorasi imajinasi Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda.

Blogspot merupakan salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk mendirikan sebuah blog. Jika ditangani dengan benar, Blogspot juga akan memberikan manfaat.

Blogspot menghasilkan pundi-pundi rupiah terlepas dari apakah pengguna tersebut ahli atau pemula. Selain itu, mempelajari cara membuat blogspot itu sederhana, jadi siapa pun yang ingin mencoba memiliki blog pribadi dapat melakukannya.

Menurut katulis.com, berikut cara membuat blog pribadi yang menghibur, gratis, dan sukses:

Dasar-dasar Cara Membuat Blog

Opsi pertama adalah menggunakan blogger.com atau blogspot.com untuk membangun blog pribadi yang menarik, gratis, dan menguntungkan. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat blogspot.

Ini karena blogspot adalah platform blogging yang ramah pemula. Selain itu, karena blogspot adalah platform Google, kemampuan yang tersedia sangat luas.

Anda dapat membuat blog pribadi dengan salah satu dari dua metode. Cara pertama adalah dengan membangun blog di smartphone dan cara kedua adalah dengan memulai blog di komputer atau PC.

Cara Memulai Blog di Ponsel Cerdas Anda

Langkah pertama dalam membuat blog pribadi yang menarik, gratis, dan menguntungkan adalah menggunakan smartphone untuk membangun blogspot. Berikut ini ikhtisar singkat tentang cara membuat blog di ponsel cerdas Anda:

  1. Instal aplikasi. Untuk memulai blog di ponsel Anda, Anda harus mengunduh aplikasi blogspot terlebih dahulu. Blogger.com adalah aplikasi yang tersedia untuk blogging. Anda bisa mendapatkannya dari Google Play Store atau App Store.
  2. Ketikkan alamat email Anda. Setelah Anda selesai mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda harus membuat akun dengan memasukkan alamat email.

3.Gunakan alamat email untuk mendaftar. Langkah selanjutnya adalah membuat akun dengan memberikan alamat email dan kata sandi.

  1. Lakukan perubahan pada profil Anda. Anda dapat mulai mengisi profil dan arahan saat ini di halaman edit profil setelah berhasil masuk ke program. Kemudian Anda memiliki pilihan untuk memulai blog baru.
  2. Ketik alamat dan judul blog. Anda dapat memasukkan alamat blog setelah halaman buat blog baru telah ditampilkan. Anda harus berhati-hati saat mengisi alamat blog ini; Anda diminta untuk memilih nama yang belum pernah digunakan oleh pengguna lain.
  3. Pilih desain template dari menu drop-down. Anda dapat memilih desain template yang sesuai dengan kebutuhan Anda jika Anda telah menuliskan alamat dan judul blog Anda.

Cara Membuat Blog di Komputer atau Laptop

Langkah selanjutnya adalah membuat blog hanya menggunakan program di PC atau laptop, dan Anda memerlukan alamat email Google. Diantara langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Buka halaman web di browser Anda. Langkah pertama adalah membuka jendela browser di komputer atau laptop Anda. Kemudian, di area alamat situs web, tulis www.blogger.com.
  2. Pilih Buat Blog dari menu tarik-turun. Mengikuti tampilan layar blogger.com, klik tombol Buat Blog Anda untuk mulai membangun blog baru.
  3. Daftar akun menggunakan alamat email Anda. Kemudian, untuk membuat akun baru di blogspot Anda, tuliskan alamat email dan kata sandi Anda. Anda tidak perlu mendaftar bahkan jika Anda membuat akun baru. Karena blogspot akan terhubung langsung dengan data akun gmail anda.
  4. Selesaikan profil. Anda akan diarahkan untuk mengisi profil di blog Anda setelah login ke akun blogger.com Anda. Bahkan jika Anda diminta untuk mengisi profil, Anda dapat melakukannya di kemudian hari.
  5. Pengaturan dasar dasbor. Anda bisa langsung menuju dashboard dari halaman profil Anda untuk memilih tampilan pertama dari blog yang akan Anda buat. Anda dapat menulis judul dan alamat blog, serta tema saat ini, di dasbor ini.

Kemudian pilih Buat Blog dari menu tarik-turun. Anda dapat menolak tawaran untuk membeli domain dengan mengklik Tidak, Terima kasih di layar.

  1. Jadwalkan posting blog. Langkah selanjutnya adalah pergi ke dashboard dan mengatur blog, serta menulis konten situs. Setelah Anda selesai menulis materi blog, Anda dapat mengklik terbitkan.
  2. Periksa hasil posting. Terakhir, Anda dapat mengklik kunjungi blog atau ketik alamat blog yang Anda buat untuk melihat bagaimana entri Anda akan muncul di blog Anda.

Menghasilkan Uang dengan Blog

Tujuan menggunakan blog untuk menghasilkan uang tentunya tidak bisa dilepaskan dari bagaimana membangun sebuah blog pribadi yang menghibur. Berikut adalah beberapa pilihan bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari blog Anda.

  1. Memulai bisnis sebagai penerbit iklan.

Penerbit Iklan adalah orang yang memasang iklan di situs web orang lain. Google Adsense adalah salah satu layanan yang paling umum digunakan oleh blogger.

Google Adsense adalah jaringan periklanan yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Iklan Google dapat ditempatkan di situs web pemilik situs web. Setiap klik yang Anda lakukan akan menambah uang yang nantinya bisa dibagikan.

  1. Memberikan Rekomendasi Produk

Langkah selanjutnya dalam membuat blog pribadi menghasilkan uang adalah untuk mendukung atau meninjau produk tertentu. Blogger akan menerima produk atau layanan gratis dari pemilik merek. Hanya beberapa blogger yang diberi kompensasi untuk memposting ulasan produk di blog pribadi mereka.

Berlangganan
Katulis di Google News

Leave A Reply

Your email address will not be published.