Cara Membuat RDP di Digital Ocean dengan Mudah Tanpa Putty

Katulis – Mau tau Cara Membuat RDP di Digital Ocean dengan Mudah Tanpa Putty ? Yuk mari kita bahas apa fungsi dan manfaat dari RDP (Remote Desktop Protocol) ini…

Banyak bisnis menggunakan protokol desktop jarak jauh (RDP) untuk mengakses komputer dan perangkat seluler mereka dari jarak jauh melalui internet. Namun pakar keamanan mengatakan bahwa sandi RDP yang diamankan dengan lemah semakin sering digunakan oleh peretas dan penyerang malware di web gelap. Akibatnya, banyak orang yang menggunakan RDP untuk akses jarak jauh dipengaruhi oleh berbagai jenis serangan.

Paling umum, peretas menggunakan kerentanan RDP seperti kerentanan Internet Explorer terhadap serangan phishing untuk mendapatkan akses tidak sah ke PC Anda. Ini karena fakta bahwa Internet Explorer adalah browser yang paling umum digunakan di internet.

Masalah terbesar dengan Internet Explorer, bagaimanapun, adalah kenyataan bahwa ia tidak memiliki bentuk menambal banyak kelemahan keamanan yang ada di dalamnya. Ini berarti bahwa kerentanan keamanan yang mungkin ada di Internet Explorer dapat dimanfaatkan oleh penyerang yang dapat menginstal keylogger, yang dapat mencuri informasi penting dari komputer Anda dan mengirimkannya ke pihak ketiga yang tidak dikenal. Ada juga kemungkinan bahwa penyerang bahkan dapat menginstal virus di komputer Anda yang akan mencegah Anda mengambil tindakan apa pun untuk memperbaiki lubang keamanan.

Saat Anda menggunakan layanan RDP, pastikan bahwa server yang Anda sambungkan terpelihara dengan baik dan aman. Anda tidak boleh menggunakan server apa pun dari tempat di mana Anda tidak tahu cara kerjanya atau dari mana Anda tidak merasa nyaman dengan prosedur keamanan yang digunakan server untuk mengamankan data Anda. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa server menjalankan semua versi terbaru dari sistem operasi yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin bekerja dengan server RDP yang aman, pertimbangkan untuk menggunakan layanan Digital Ocean. DigitalOcean menyediakan server yang aman, andal, dan aman yang dapat Anda gunakan untuk mengakses komputer Anda dari jarak jauh. Semua server Anda dihosting di server mereka dan Anda tidak perlu membaginya dengan orang lain. Selain itu, mereka menawarkan sejumlah server berbeda, yang masing-masing memiliki koneksi amannya sendiri, yang dikenal sebagai SSL, yang memungkinkan Anda untuk masuk ke akun Anda tanpa mengungkapkan kata sandi Anda.

Untuk detail selengkapnya tentang menggunakan Digital Ocean untuk mengamankan jaringan Anda, baca Panduan Keamanan SSL DigitalOcean. Setelah Anda mengetahui cara melindungi RDP, Anda akan dapat memanfaatkan sepenuhnya keuntungan yang ditawarkan alat ini. dan memastikan bahwa Anda mendapatkan perlindungan terbaik untuk informasi sensitif dan bisnis Anda.

Panduan Singkat Cara Membuat RDP di Digital Ocean dengan Cepat dan Mudah

Jika anda belum memiliki akun digital ocean maka silahkan untuk daftar dan order paketnya terlebih dahulu. Untuk tahap belajar, anda dapat membeli pake termurah yaitu $5 (1 CPU – 25 GB SSD) pembayarannya bisa menggunakan paypal.

Info harga bisa cek di sini https://www.digitalocean.com/pricing/

Sekarang kita anggap saja anda sudah membeli dan memiliki akun Digital Ocean. Silahkan ikut tahapan berikut ini untuk mulai membuat RDP.

Step Pertama – Membuat Droplet

  1. Buatlah sebuah Droplet
  2. Choose an image UBUNTU
  3. Pilih PLAN (paket $5)
  4. Pilih Lokasi server (Disarankan memilih server Singapur)
  5. Masukkan password baru dengan sangat unik
  6. Klik tombol Create Droplet, tunggu sampai pembuatan droplet selesai

Step Kedua – Membuat RDP

  1. Klik nama droplet
  2. pilih menu tab Recovery sebelah kiri
  3. Pilih/Pindahkan jenis booting menjadi “Boot from Recovery ISO”
  4. Pindah Switch ON ke OFF (jadi si droplet dimatikan dulu)
  5. Pindahkan lagi Switch OFF ke ON (jadi si droplet dinyalakan kembali)
  6. klik tombol “Conlose” berada di bagian atas kanan, tunggu sampai window baru terbuka dan ngeload semua data
  7. masukkan perintah angka 1 terus enter.
  8. masukkan perintah angka 6 terus enter.
  9. masukkan kode perintah berikut:

    wget -O- https://dl.dropbox.com/s/ql7vvh29qxii5y9/2016.STD.x64.EVAL.US-English.gz?dl=2 | gunzip | dd of=/dev/vda

    Keternagan: kode perintah tersebut berarti kita sedang mendownload file windows 10 berbentuk iso dari Dropbox yang nantinya akan tersimpan di SSD RDP kita. Tunggu sampai download selesai, bisa memakan waktu 28 menit. (Pada proses ini kita menutup atau tetap membuka layar windows Console)
  10. Setelah download ISOnya selesai, tutup saja layar Console – nya
  11. Kembali ke Droplet – menu Recovery
  12. Pindahkan Booting ke Boot From Hard Drive
  13. Ubah Switch ON ke OFF (Mematikan droplet)
  14. Ubah lagi Switch ke ON (Menghidupkan lagi Droplet)
  15. Buka Jendela Console.

Step Ketiga – Konfigurasi IP Address dan DNS

  1. Setelah jendela Console terbuka, maka akan tampil layar windows
  2. Login menggunakan password: [email protected] (ini merupakan password default dari file ISO Windows 10 nya)
  3. buka CMD di RDPnya, kemudian ketikan :

    netsh interface ipv4 show config

    Catat “NAMA INTERFACE NYA”
  4. Masukkan perintah :

    netsh interface ipv4 set address name=”NAMA INTERFACE NYA” static IP_ADDRESS SUBNET_MASK GATEWAY

    contoh:

    netsh interface ipv4 set address name=”Local Area Connection” static 134.122.45.23 255.255.240.0 134.122.32.1

    Keterangan:
    Static IP Address, Subnet Mask dan Gateway bisa anda temukan pada bagian bawah layar Console.
  5. Setelah itu, di RDP gunakan pencarian Windows melalui Start , temukan Allow Remote Connections to this Computer.

    Ceklis bagian Allow Remote

6. Sekarang anda sudah bisa buka Remote Desktop dari PC di tempat anda. Masukkan IP address dan Password RDPnya ([email protected]).

7. Setelah tampil layar windows 10, segera ubah pasword default tadi dengan yang baru. Melalui Control Panel. Pilih Manage other user. Ubah password.

8. Selesai.

Sampai tahapan ini anda sudah bisa membuat RDP di Digital Ocean dengan mudah. Semoga apa yang saya tulis di sini dapat memberikan pengetahuan tambahan. Jika ada pertanyaan terkait pembautan RDP, silahkant anyakan melalui kotak komentar.

Baca juga:

Fitur dan Fungsi Chrome Remote Desktop

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.