Panduan Cara Membuat Soal Hots 2020 Beserta Penilaian

Katulis.com – Kini sudah saatnya kami bagikan Panduan Cara Membuat Soal Hots 2020 guna membantu para Guru yang ingin menyusun butir pertanyaan menjadi soal. Berbeda dengan pembuatan soal biasanya, selengkapnya nanti bisa anda ketahui secara menyeluruh dengan cara melihat langsung dari buku panduannya.

Apa sebenarnya HOTS itu? HOTS singkatan dari higher order thinking skills, diterjemahkan sebagai keterampilan berpikir tingkat tinggi, meskipun kalau dari makna kata, higher lebih tepat diterjemahkan sebagai lebih tinggi. Istilah HOTS dikontraskan dengan LOTS, lower order thinking skills atau keterampilan berpikir tingkat rendah.

Mengapa perlu HOTS ? HOTS perlu dikembangkan karena berpikir pada dasarnya adalah ciri khas dan keunggulan manusia. Pendidikan yang fokus pada LOTS bukan pada HOTS akan menghasilkan peserta didik yang pasif, yang hanya pintar menghapal, meniru, tidak terampil menyelesaikan masalah, tidak kritis dan tidak kreatif. Tanpa HOTS tidak akan ada inovasi, tidak ada peningkatan kualitas hidup manusia. Tanpa HOTS manusia akan mudah dipengaruhi, menerima informasi tanpa mengkritisi kebenarannya, mengikuti suatu ajakan tanpa alasan yang mendasar. HOTS pada dasarnya adalah memanusiakan manusia; HOTS mengembangkan potensi diri manusia secara optimal.

Pada buku panduan bagaimana cara membuat soal HOTS ini pun, anda akan mengetahui mengenai cara penilaiannya. Apa ciri penilaian HOTS? Penilaian dikatakan HOTS bila penyelesaian tugas atau soal yang diberikan kepada peserta didik menuntut mereka untuk berpikir: mengolah informasi/berpikir logis/berpikir kritis/menganalisis/berpikir kreatif, tidak hanya sekedar mengandalkan ingatan. Apakah HOTS hanya dapat dinilai dengan soal bentuk pilihan ganda?

Apakah soal HOTS pasti kontekstual? Bila yang dimaksud kontekstual adalah situasi yang berkaitan dengan kehidupan dunia nyata, atau lazim dijumpai dalam kehidupan, soal HOTS tidak selalu kontekstual. Sebagai contoh dalam Matematika, soal yang meminta peserta didik untuk membuktikan rumus merupakan soal HOTS karena menuntut kemampuan berpikir logis, analitis, namun situasi tersebut tidak lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Demikian pula soal yang meminta peserta didik untuk menentukan kelogisan dari suatu pernyataan Matematika.

Unduh Buku Panduan Cara Membuat Soal Hots 2020

Untuk mengetahui secara mendetail ada baiknya anda langsung melihat semua penjelasan yang akan didapatkan setelah membaca bukunya. Oleh karena itu kami persilahkan anda segera mengunduh buku tersebut melalui tautan di bawah ini!

  • Buku Panduan Soal HOTS – Unduh

Lihat juga contoh soal HOTS:

Sepertinya dicukupkan sekian dulu informasi terkait dengan cara membuat soal HOTS 2020 dilengkapi contoh soal UH/PH sebagai salah satu gambaran yang dapat kami berikan kepada semua rekan Guru yang mungkin saja sedang membutuhkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

8 + 13 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy