17 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Ringan !

Lagi nyari Cara Mengatasi HP Lemot ya? Pasti emosi dong meskipun punya smartphone tapi kinerjanya sangat lambat / lola / lemot. Tapi jangan khawatir pada artikel ini admin akan kasih tahu teknik dan cara mengatasi HP lemot yang akurat dan tepat.

Beberapa strategi untuk mengatasi ponsel lambat yang tercantum di bawah ini dapat dilakukan di rumah dalam waktu singkat. Sebelum kita masuk ke dalamnya, Katulis telah menyusun daftar faktor penyebab ponsel lambat berikut ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Pembersih Sampah dan Virus HP Android

Cara Mengatasi HP Lemot dan Panas

Berikut ini adalah beberapa saran untuk mengurangi kelesuan dan panas pada ponsel Anda.

  1. Ingat Kapasitas Memori
    Salah satu ponsel yang paling tahan lama adalah model Xiaomi. Ponsel, sebaliknya, akan lag jika kapasitas memori tidak berbanding lurus dengan RAM. Solusi sederhana untuk ponsel Xiaomi yang lamban adalah dengan terus memantau penggunaan. Jika Anda melakukan ini, kecepatan akses Anda pasti akan meningkat.

Jika data Anda sudah dijejalkan dalam penyimpanan, kosongkan dan segera pindahkan ke wadah yang lebih besar. Ini akan mengurangi kemungkinan ponsel Anda melambat karena ruang kapasitas telah ditingkatkan, memungkinkan ponsel untuk ‘bernapas’ lebih baik dan menghindari menjadi lamban.

  1. Hanya gunakan satu program antivirus
    HP Samsung adalah salah satu perangkat dengan sejumlah besar aplikasi pra-instal. Ketika telepon digunakan, itu menjadi lambat sebagai akibat dari ini. Pengguna biasanya akan menggunakan beberapa perangkat lunak antivirus untuk menghindarinya. Sebenarnya, ini adalah kelalaian besar.

Mengaktifkan aplikasi antivirus adalah salah satu teknik untuk memerangi ponsel Samsung yang lambat. Ini penting untuk mencegah malware memasuki sistem melalui perangkat yang dapat diakses. Tidak perlu mengunduh banyak aplikasi antivirus jika itu hanya akan menambah beban pada ponsel Samsung Anda.

  1. Selalu perbarui perangkat lunak Anda agar HP Anda tetap berjalan dengan lancar.
    Perangkat lunak aplikasi akan diperbarui secara berkala. Hampir semua akses akan melakukan hal yang sama, tidak hanya satu atau dua program. Hal ini untuk memudahkan Anda mengakses informasi terkini tentang aplikasi yang telah Anda unduh.

Apakah Anda menikmati menggunakan ponsel Anda untuk bermain game? Program game online akan memakan banyak RAM dan memori. Tak heran jika saat memainkannya ponsel sering hang. Memperbarui perangkat lunak untuk program dan game ini adalah salah satu pendekatan untuk memerangi ponsel yang lambat saat bermain game.

Anda dapat memeriksa pembaruan di bawah Pengaturan – Tentang – Pembaruan Sistem, lalu pilih Periksa Pembaruan. Ini juga berlaku untuk game yang Anda unduh di ponsel. Karena pengaturan ulang sistem telah ditingkatkan, telepon akan dapat bergerak lebih mudah setelah pembaruan.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Sering Anda Gunakan
    Play Store memiliki banyak sekali aplikasi yang akan menyenangkan untuk digunakan. Saat tidak digunakan, ini mungkin membuat Anda gila untuk menginstalnya. Ponsel dengan terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu lebih cenderung hang. Hapus program yang jarang digunakan. Ini adalah salah satu pendekatan untuk mengatasi smartphone yang lemot yang bisa menjadi solusi.
  2. Bersihkan Cache Secara Teratur
    Ponsel, seperti halnya rumah yang ramai, akan terasa sesak akibat berbagai faktor. Salah satu cara untuk menyingkirkan banyak barang di rumah Anda adalah dengan memindahkannya ke lokasi yang lebih luas. Hal ini juga berlaku untuk ponsel.

Sebaliknya, singkirkan cache, yang berfungsi sebagai item satu kali ke lokasi yang tidak akan dilihat lagi. Bersihkan cache secara teratur, setiap beberapa jam. Ini akan mengurangi konsumsi daya ponsel yang lambat yang disebabkan oleh ‘barang’ dalam jumlah besar. Ini bisa jadi salah satu teknik menyiasati koneksi smartphone yang lemot.

Bagaimana Anda melakukannya? Anda dapat mengosongkan cache dengan membuka Pengaturan – Aplikasi – Semua, lalu mencari aplikasi yang perlu dibersihkan dan mengklik Hapus Cache. Anda juga dapat membersihkan cache dengan masuk ke menu Settings – Storage – Cached Data, lalu pilih OK saat pop-up muncul.

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A11 Si Murah Nan Elegan

  1. Manfaatkan Aplikasi Multi-Fungsional
    Beragam aplikasi bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi hp yang mulai turun performanya. Antivirus dapat membantu Anda mengenali malware, tetapi tidak sama dengan program multiguna yang dapat membantu Anda mengetahui penyebab ponsel Anda melambat. App2SD Apps dan Clean Master adalah dua aplikasi yang dapat membantu Anda. Berikut penjelasan lebih mendalam.
  • Clean Master
  • Aplikasi2 SD

Clean Master

Program ini akan membantu Anda mengatasi kelambatan ponsel Anda saat tidak di-root. Master bersih akan membantu pembersihan telepon ‘sampah’ dengan lebih baik. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara teratur dengan mengkliknya. Tidak hanya itu, Clean Master dapat mendeteksi dan menghilangkan panas pada ponsel Anda, menjadikannya ideal untuk digunakan sebagai aplikasi multifungsi.

Aplikasi 2 SD

Saat ponsel Anda belum di-root, aplikasi yang satu ini bisa membantu Anda menyiasati ponsel yang lemot. Anda mungkin mendapatkan beberapa fitur dari aplikasi yang satu ini, seperti memaksimalkan partisi SD Card, membackup aplikasi, menerima link aplikasi ke kartu memori, dan masih banyak lagi

  1. Manfaatkan opsi Auto-Kill App Otomatis.
    Semakin banyak program yang dibuka, semakin banyak pula yang baru-baru ini berkumpul di ponsel. Menggunakan fitur auto-kill untuk memangkas program yang sudah lama tidak digunakan adalah ide yang bagus. Ini bisa menjadi langkah awal untuk mengatasi HP yang rendah. Selanjutnya, opsi bunuh otomatis akan membantu penghentian aplikasi yang berjalan di belakang layar ponsel Anda, yang merupakan sumber kelambatan.
  2. Kurangi ukuran Widget agar ponsel tidak terlalu lemot.
    Ponsel akan tampak lebih menarik dengan tampilan widget. Widget, di sisi lain, memakan banyak ruang dan kapasitas di telepon. Ponsel akan lebih lambat dari biasanya sebagai akibat dari ini. Mengurangi penggunaan widget adalah salah satu teknik untuk memerangi telepon yang lambat dan panas.
  3. Di Android, matikan atau kurangi animasi.
    Animasi bergerak, selain widget, akan menghabiskan banyak memori. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari ponsel Anda, kurangi atau matikan sistem animasi. Animasi gerak juga akan membutuhkan area yang luas untuk beroperasi.

Selain itu, baterai ponsel akan lebih cepat terkuras karena program animasi menghabiskan banyak energi. Selain menurunkan kinerja, animasi di Android tidak terlalu penting untuk digunakan, sehingga dapat dinonaktifkan untuk sistem yang lebih lancar.

  1. Cara Memperbaiki HP Lambat dengan Menonaktifkan Program yang Tidak Digunakan
    Salah satu penyebab ponsel lemot saat digunakan adalah aplikasi yang beroperasi di belakang layar ponsel. Akibatnya, jika Anda ingin ponsel Anda berjalan lebih cepat, matikan semua program yang tidak digunakan. Ini akan menjaga telepon dari gagap dan tertinggal.

Beberapa program sudah terinstal di pengaturan telepon, sering dikenal sebagai telepon default. Jika ini masalah, nonaktifkan saja program yang tidak penting. Jika benar-benar tidak perlu, singkirkan beberapa aplikasi yang memperlambat kinerja ponsel Anda.

  1. Bersihkan partisi cache secara teratur
    Cache data dan partisi cache bukanlah hal yang sama, meskipun keduanya terkait dengan ‘sampah’. Selain menghapus data cache, membersihkan partisi cache adalah teknik lain untuk mengatasi ponsel yang lemot. Biasanya, partisi cache digunakan untuk menyimpan semua proses yang sedang aktif pada sistem.

Karena banyaknya cache yang terkumpul di latar belakang, ponsel Anda akan dengan mudah melambat. Jika digunakan secara rutin, ponsel akan segera menjadi panas. Pembersihan dapat dilakukan dengan masuk ke Recovery Mode lalu tekan Wipe Cache Partition. Ya, lokasi menyesuaikan dengan jenis ponsel yang digunakan.

  1. Nonaktifkan Auto-Sync Jadi, Bagaimana Cara Mengatasi HP Lambat?
    Pada dasarnya, Anda memerlukan opsi Sinkronisasi Otomatis agar semua akun Anda tetap terhubung. Namun, ini memperlambat telepon. Mematikannya adalah cara sederhana untuk mempertahankan akses telepon. Aplikasi ini dapat diaktifkan kembali kapan pun Anda membutuhkannya.

Anda dapat menonaktifkan sinkronisasi otomatis dengan membuka Pengaturan – Aplikasi Saya dan memilih matikan sinkronisasi otomatis. Anda tidak akan mendapatkan notifikasi tentang aplikasi yang memerlukan sinkronisasi otomatis jika Anda melakukannya dengan cara ini.

Beralih ke aplikasi peluncur yang berbeda
Android adalah sistem operasi smartphone yang memungkinkan penyesuaian yang mudah. Anda bisa menggunakan program launcher di luar ponsel jika bosan dengan launcher bawaan. Salah satu tips dan cara mengatasi hp lemot adalah dengan menggunakan salah satu dari sekian banyak pilihan launcher yang tersedia.

Peluncur tidak akan memperlambat kinerja telepon, kecuali memberikan tampilan baru. Peluncur eksternal tidak hanya akan menghemat memori Anda, tetapi juga akan membuat hidup Anda lebih mudah karena, setelah diluncurkan, peluncur default akan dinonaktifkan.

  1. Manfaatkan Aplikasi Berbayar
    Tidak ada salahnya menggunakan aplikasi gratis karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Risikonya, aplikasi game atau program lain yang dapat diinstal secara langsung akan terganggu oleh iklan dan materi promosi lainnya. Akibatnya, ponsel Anda akan menjadi semakin sulit digunakan.

Karena merupakan produk gratis, maka ada solusi dan cara mengatasi hp lemot, seperti menggunakan program premium. Anda tidak akan rugi dengan mengunduh dan menyimpan beberapa aplikasi. Buka folder Data di Root Explorer. Jadi, jika Anda berganti ponsel dan ingin menggunakan aplikasi ini, Anda cukup mengunduhnya dan menginstalnya di perangkat baru Anda.

  1. Manfaatkan ROM Kustom
    Rooting ponsel Anda tidak menjamin bahwa itu akan berjalan lebih cepat. Untuk menghapus bloatware bawaan ponsel, Anda dapat menggunakan ROM khusus. Anda dapat mulai dengan melakukan riset untuk mengetahui ROM mana yang kompatibel dengan ponsel Anda. Ini termasuk ponsel Oppo. Ini bisa jadi salah satu solusi kelesuan Oppo.
  2. Jika berjalan terlalu lambat, lakukan reset pabrik.
    Opsi terakhir untuk memulihkan fungsi ponsel Anda adalah dengan melakukan reset pabrik. Kembali ke pengaturan awal setelah memastikan bahwa semua data yang relevan telah dimigrasikan adalah solusi yang mungkin. Karena ponsel Anda telah dikembalikan ke Pengaturan Pabrik, Anda dapat yakin bahwa itu akan lebih ringan.

Pastikan Anda lebih memperhatikan dan lebih sensitif terhadap ponsel yang Anda gunakan. Ini akan mempengaruhi tidak hanya kinerjanya tetapi juga jumlah ruang yang tersedia. Jika Anda menggunakan banyak aplikasi, Anda seharusnya tidak mendapatkan ponsel dengan RAM yang terlalu rendah. Jika Anda menggunakan banyak RAM, pastikan isi dan data di dalamnya tidak melebihi kapasitas receiver.

17. Update ROM

Segera lakukan update ROM HP apabila dari server developernya sudah memberikan notifikasi untuk pembaruan. Namun perlu diperhatikan, apabila memori internal sudah penuh sebaiknya buang semua file dan aplikasi yang tidak diperlukan.

Anda dapat mencoba saran dan metode untuk menangani ponsel lambat yang tercantum di atas, tergantung pada masalah yang Anda alami dengan ponsel Anda. Jika ada penurunan kinerja yang signifikan setelah satu tahun penggunaan, itu harus diuji lagi. Elemen internal yang mendominasi kapasitas dan elemen eksternal yang terhubung ke aplikasi, keduanya dapat dikondisikan untuk menjaga ponsel dalam kondisi prima saat digunakan.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.