6 Cara Menghindari Penipuan Pinjaman Online

Katulis – Memahami Cara Menghindari Penipuan Pinjaman Online sangatlah dibutuhkan sebab melihat pinjaman online menjadi lebih populer karena kebutuhan masyarakat tumbuh dan ekonomi terus memburuk. Nasabah harus memahami cara memilih pinjaman online yang telah memiliki izin resmi dari OJK demi keamanannya sendiri. Mengapa? Karena memilih perusahaan pinjaman online yang terdaftar di OJK menjamin keamanan Anda.

Sebelum menjelaskan lebih jauh ada baiknya anda mengetahui sebenarnya apa itu OJK, Fungsi dan Tugasnya.

PENGERTIAN OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Otoritas Jasa Keuangan merupakan badan independen yang memiliki tanggung jawab, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

TUJUAN OJK
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) didirikan dengan tujuan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan jasa keuangan: Terselenggarakan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel; mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil; serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

FUNGSI OJK
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertugas menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap seluruh kegiatan jasa keuangan.

TUGAS OJK
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan, pasar modal, dan IKNB.

Tidak dapat disangkal bahwa meningkatnya permintaan untuk pinjaman online telah mengakibatkan peningkatan jumlah organisasi pinjaman online yang melanggar hukum. Implikasi ilegalnya adalah perusahaan pinjaman online tersebut belum mendapat izin atau pengawasan dari OJK sehingga sering menjebak dan merugikan masyarakat.

Sementara itu, karena terburu-buru waktu, nasabah sering mengabaikan bahaya signifikan yang terkait dengan memperoleh pinjaman dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat agar lebih sadar akan pinjaman online yang aman (pinjol).

Baca Lengkap: Daftar Pinjaman Online OJK Resmi Terdaftar dan Berizin di Indonesia

6 Tips Menghindari Penipuan Pinjaman Online

Saran Memilih Pinjaman Online Terpercaya Masyarakat harus mengetahui hal-hal berikut agar terhindar dari jerat dan perbuatan curang yang diakibatkan oleh pinjaman yang haram dan fiktif.

1. Fintech diakui secara resmi oleh OJK.

Pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan memiliki izin dari OJK yang merupakan lembaga resmi pengawas kegiatan keuangan di Indonesia, sebelum mengajukan pinjaman melalui fintech atau pinjaman. Apa cara terbaik untuk mengetahuinya? Cukup kunjungi situs resmi OJK, hubungi 157, atau kirim pesan WhatsApp ke 081-157-157-157.

2. Menyediakan Kemudahan untuk Pinajaman

Membuat Pinjaman Sederhana Pinjaman online yang menguntungkan dan benar-benar memberikan solusi kesulitan keuangan masyarakat adalah mereka yang menawarkan berbagai platform sederhana dalam produk mereka. Fintech sebagai pemberi pinjaman dengan proses yang sederhana dan cepat tentunya harus mengutamakan kebaikan masyarakat dan memberikan manfaat.

Fasilitas yang dimaksud antara lain syarat yang harus dipenuhi calon konsumen, serta berbagai syarat pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, proses pembayaran yang cepat, dan suku bunga yang rendah.

3. Biaya dan tingkat bunga dinyatakan dengan jelas (Transparan)

Penyedia pinjaman online yang legal dan dapat dipercaya untuk keamanan selalu menghadirkan semua calon peminjam dengan pengungkapan penuh biaya dan suku bunga. Bahkan memiliki alat yang memungkinkan konsumen untuk mensimulasikan pinjaman sehingga mereka dapat melihat berapa banyak angsuran dan biaya yang harus mereka bayar setiap bulan.

Dengan tingkat transparansi ini, konsumen menyadari bahaya dan kewajiban sejak awal, mencegah perilaku curang. Pinjaman fintech yang resmi terdaftar di OJK tidak membebankan suku bunga selangit kepada masyarakat umum. Tingkat bunga rata-rata pinjaman kurang dari 4%. Berbeda dengan pinjaman ilegal, yang dapat membebankan bunga pelanggan hingga 40% dari seluruh jumlah pinjaman.

4. Periksa semua persyaratan (Membaca dan Memahaminya).

Biasakan untuk membaca semua syarat dan ketentuan yang diberikan setiap kali Anda mengajukan pinjaman, apakah itu pinjaman tradisional atau pinjaman internet. Kesulitan-kesulitan di kemudian hari mungkin timbul bukan sebagai akibat dari pelanggaran peraturan perusahaan pemberi pinjaman, melainkan sebagai akibat dari kesalahpahaman pelanggan tentang persyaratan pinjaman.

Baca semua persyaratan pinjaman secara perlahan, cermat, dan benar untuk memastikan Anda memahami semuanya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang persyaratan, Anda harus menghubungi departemen Layanan Pelanggan (CS) fintech.

5. Memiliki Web Resmi dan Aplikasi

Memiliki Aplikasi Formal sekaligus Website Aplikasi dan juga halaman internet resmi adalah dua keunggulan dari penyedia pinjaman online yang telah memperoleh izin dari OJK. Prosedur peminjaman dana dapat diselesaikan dengan cepat dengan mencari aplikasi di app store di smartphone.

Meskipun situs web biasanya digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pinjaman online, tetapi juga digunakan sebagai sarana untuk menawarkan barang-barang layanan. Pelanggan dapat melihat dan membaca tentang penawaran layanan keuangan fintech di situs web, sehingga memudahkan untuk memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

6. Sudah memiliki pengguna dan ulasan dari pelanggan.

Seperti disebutkan sebelumnya, klien dapat memperoleh informasi apa pun yang mereka butuhkan dengan menghubungi CS atau layanan pelanggan. OJK mewajibkan Pinjol resmi memiliki dan menyediakan layanan konsumen yang mudah diakses oleh masyarakat umum. Layanan konsumen biasanya diberikan dalam bentuk alamat email, nomor telepon Layanan Pelanggan, dan alamat kantor yang jelas.

Kehati-hatian dalam pemilihan pinjaman online menguntungkan masyarakat sekaligus membantu organisasi pinjaman resmi dalam mendapatkan kepercayaan penuh dari calon konsumen. Jadi, di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman internet yang aman dan terpercaya?

Uang saya adalah solusinya. Tunaiku adalah produk PT Bank Amar Tbk, bank umum khas yang telah terdaftar di OJK. Tidak hanya itu, mengajukan pinjaman di Tunaiku sangat mudah, dan Anda dapat mengandalkannya untuk diproses dengan cepat. Tunaiku sebenarnya menawarkan total pinjaman hingga $20 juta dengan durasi hingga 20 bulan.

Setelah mengetahui bagaimana cara Menghindari Penipuan Pinjaman Online dengan memahami beberapa poin yang telah disebutkan di atas, diharapkan anda akan jauh lebih paham dan mampu memilih pihak yang tepat.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.