4 Contoh Kartu Katalog Perpustakaan Sekolah

32
contoh kartu katalog
contoh kartu katalog
Advertisement

Katulis.com – Segera miliki contoh kartu katalog perpustakaan sekolah untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA ini sebagai perlengkapan administrasi perpustakaan. Bisa anda download dalam bentuk format doc/docx (Ms. Word).

Perpustakaan sebagai suatu sistem informasi berfungsi menyimpan pengetahuan dalam berbagai bentuk serta pengaturannya sedemikian rupa,sehingga informasi yang diperlukan dapat diketemukan kembali dengan cepatdan tepat. Jika Anda ingin mengetahui apakah perpustakaan memiliki bukuyang anda perlukan, terlebih dulu anda akan mencarinya dalam katalog perpustakaan itu. Untuk itu informasi yang ada diperpustakaan perlu diprosesdengan system katalogisasi (cataloging).

Katalogisasi adalah kegiatan mendeskripsikan data bibliografi dan bahan perpustakaan serta membuat entri dalam kartu atau daftar mengenai buku dan bahan perpustakaan lainnya yang ada dalam koleksi perpustakaan yang disusun menurut aturan tertentu.

Mengkatalogisasi, adalah memberi informasi singkat tentang buku baik dari segi fisik dan subyeknya, yaitu pengarang, judul, edisi, imprint, kolasi dan jajakan. Data tersebut diketik pada Kartu katalog ukuran 12,5 x 7,5 cm. Kartu-kartu yang dibuat adalah : kartu Katalog Utama (Shelf-list), kartu katalog pengarang, kartu judul, dan kartu katalog subyek.

contoh kartu katalog buku perpustakaan
contoh kartu katalog buku perpustakaan

Download 4 Contoh Kartu Katalog Perpustakaan Sekolah

Melalui halam ini anda bisa mendapatkan contoh formatnya dalam bentuk Ms. WOrd supaya lebih mudah diedit dan digunakan ulang. Silahkan unduh melalui tautan di bawah ini:

  1. Contoh Kartu Katalog Utama (Pengarang) Perpustakaan Sekolah – Unduh
  2. Contoh Kartu Katalog berdasarkan Subyek (Klasifikasi) Perpustakaan Sekolah – Unduh
  3. Contoh Kartu Katalog berdasarkan Judul Perpustakaan Sekolah – Unduh
  4. Contoh Kartu Katalog berdasarkan Penerbit Perpustakaan Sekolah – Unduh

Rekomendasi Pendukung lainnya:

Perpustakaan sekolah/madrasah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari sekolah/madrasah yang bersangkutan, dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Perpustakaan merupakan sumber belajar yang memungkinkan pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah/madrasah.

Oleh karena itu perpustakaan perlu dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah/madrasah.

Tenaga perpustakaan Sekolah/Madrasah agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam rangka memenuhi standar nasional perpustakaan. Disamping itu, panduan kerja ini dapat digunakan sebagai acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, pengawas sekolah/madrasah, kepala sekolah/ madrasah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya yang bertugas melakukan pembinaan bagi tenaga perpustakaan Sekolah/Madrasah.

Semua bahan pustaka yang diterima di Perpustakaan Sekolah hendaklah diadministrasikan dengan baik. Gunanya adalah :
a. Agar diketahui sumber atau asal datangnya bahan pustaka tersebut.
b. Agar dengan mudah diketahui jumlah bahan pustaka yang telah diterima di perpustakaan baik jumlah judul maupun jumlah eksemplarnya
c. Agar diketahui jenis atau macam bahan pustaka yang telah diterima.

Kompetensi Tenaga perpustakaan terkait Pengelolaan Informasi meliputi:
1) mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah/madrasah;
2) melakukan pengorganisasian informasi;
3) memberikan jasa dan sumber informasi; dan 4) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

Demikian informasi tentang 4 contoh kartu katalog perpustakaan mudah-mudahan dapat membantu keseluruhan proses kegiatan yang dilakukan di perpustakaan dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk memperlancar dan mempercepat tercapainya tujuan Perpustakaan Sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + twenty =