Inilah Contoh Paragraf Persuasi Singkat Dan Menarik

Tentu maksud dari kalimat persuasi ini sudah banyak yang memahami. Dimana kalimat persuasi ini lebih kepada suatu kalimat yang bertujuan untuk menarik dan mengajak orang lain melakukan hal tersebut. Lalu, bagaimana contoh paragraf persuasi singkat dan menarik ini? Untuk mengetahui contoh dari paragraf tersebut, simak kumpulan paragraf berikut ini.

1. Paragraf Persuasi Menjaga Kebersihan

Kebersihan menjadi suatu hal yang wajib dilakukan serta sangat diperhatikan oleh setiap kalangan. Dengan lingkungan yang bersih tentu akan membuat orang-orang di sekitarnya tak akan gampang sakit. Berikut contoh paragraf persuasi dalam menjaga kebersihan: 

Musim hujan telah datang. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap kali musim hujan ada banyak genangan air dimana-mana. Dari banyaknya genangan air inilah akan membuat perkembang biakan nyamuk semakin cepat. Alhasil, penyebaran penyakit DBD juga semakin cepat. Untuk itu, perlu adanya kesadaran individu untuk selalu menjaga kebersihan sekitar rumah dan menerapkan 3M.

Kalimat persuasif di paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat terakhir. Dimana di kalimat terakhir ini mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Serta selalu menerapkan 3M untuk mencegah perkembang biakan nyamuk penyebab DBD ini.

2. Paragraf Persuasi Mengobarkan Semangat Nasionalisme

Perbedaan yang tak dapat dikendalikan ini membuat resiko perpecahan terus menghantui. Namun, dengan sikap nasionalisme yang ada di jiwa raga penduduk Indonesia akan menjadi garda terdepan dalam menghadapinya. Berikut contoh paragraf persuasi mengobarkan semangat nasionalisme: 

Ada ribuan keragaman budaya yang dimiliki oleh ibu pertiwi kita. Dari ujung timur hingga barat wilayah Indonesia, pastinya memiliki ciri khas tersendiri. Sayangnya, beberapa ciri khas ini sering diklaim oleh beberapa negara tetangga. Padahal, sudah sangat jelas baik dari sejarah maupun fisik budaya tersebut dari Indonesia. Sudah saatnya, seluruh anak ibu pertiwi mengaum akan kehebatan serta kekayaan negeri tercinta

Pada paragraf persuasi untuk mengobarkan semangat nasionalisme ini, secara tidak langsung telah mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai budaya lokal. Tak hanya mencintai saja, namun juga menjaga, melestarikan serta yang terpenting mengenalkannya kepada mata dunia. Perkenalkanlah, bahwa budaya tersebut asli dari Indonesia. Jangan sampai, karena kita lengha, budaya kita diklaim oleh bangsa lain.

3. Paragraf Persuasi Untuk Menjaga Kesehatan

Harta yang paling berharga selain keluarga adalah kesehatan diri. Oleh karenanya, kesehatan yang sangat mahal ini, manusia harus mampu untuk menjaganya. Berikut contoh paragraf persuasi untuk menjaga kesehatan:

Kian hari berbagai jenis virus penyakit bukan semakin memudar, justru semakin membara. Tak sedikit orang yang mudah terkena virus penyakit hanya disebabkan oleh lemahnya imunitas tubuh. Rasa sakit yang ditimbulkan dari terinfeksi virus penyakit ini tentu berbeda-beda dari setiap orang. Tentu lebih baik jika setiap orang melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi berbagai vitamin secara cukup dan seimbang.

Paragraf persuasi yang ketiga ini lebih mengajak setiap orang untuk melakukan pencegahan atas infeksi virus penyakit yang semakin merajalela. Apalagi dengan lemahnya imunitas tubuh yang setiap orang berbeda-beda. Tentu akan semakin memudahkan penyebaran infeksi virus penyakit tersebut.

4. Paragraf Persuasi Untuk Rajin Belajar

Kunci untuk tidak dikalahkan oleh zaman yang semakin canggih hanyalah satu, mau belajar setiap saat. Hanya dengan hal tersebut, manusia tidak akan menjadi budak dari teknologi yang semakin menggila ini. Berikut contoh paragraf persuasi untuk rajin belajar yakni:

Perkembangan teknologi yang semakin menggila membuat setiap orang harus mudah beradaptasi olehnya. Jangan sampai, teknologi yang menjadi raja di kehidupan manusia. Oleh karenanya, setiap insan harus rajin belajar atas apapun di sekitarnya. Baik belajar ilmu pengetahuan maupun teknologi yang semakin berkembang.

Pada paragraf tersebut bertujuan untuk mengajak setiap orang agar rajin belajar. Dengan rajin belajar, manusia tidak akan dikuasai oleh zaman. Tapi zaman dan teknologi lah yang akan dikuasai oleh manusia. Hal ini sangat penting diterapkan sedini mungkin. Agar kelangsungan kehidupan manusia tetap terjaga dan tidak lengser akan perkembangan teknologi.

Itulah beberapa contoh paragraf persuasi singkat yang bisa dijadikan referensi. Saat membuat paragraf persuasi ini, pastikan tidak menyinggung pihak manapun. Agar tidak timbul suatu permasalahan di kemudian hari.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.