Contoh Personal Letter Dalam Bahasa Inggris, dan Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan !

Saat ini personal letter adalah salah satu jenis surat yang diperuntukkan untuk mengirim surat dari seseorang pada orang lain. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan rasa kekerabatan, atau tali persahabatan antara pihak pengirim dengan pihak penerima. Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat personal letter atau surat pribadi, dan juga contoh personal letter dalam bahasa Inggris itu sendiri, antara lain :

  • Untuk siapa surat tersebut diberikan

Hal pertama yang tentunya perlu diperhatikan sebelum sebelum memulai menulis surat adalah dengan memperhatikan untuk siapa surat tersebut ditujukan. Apakah untuk teman dekat Anda, teman yang bisa dikatakan dekat, seseorang yang bisa dikatakan dekat (dalam hal ini, biasanya ada selisih umur), apakah orang tersebut sudah menikah, dan yang lainnya. Informasi seperti ini, tentunya akan memberikan Anda gambaran, ketika memberikan kata sapa atau salam nantinya.      

  • Teknik pemberian kata salam 

Salah satu hal penting dalam menulis surat, baik apapun itu, termasuk dalam membuat personal letter, Anda harus membubuhkan kata salam, atau salutation. Pemberian kata seperti ini tentunya akan disesuaikan dengan tingkat kedekatan antara Anda dengan orang yang menerima pesan, seperti yang dijelaskan pada ulasan no.1 sebelumnya. Adapun contoh personal letter dalam bahasa Inggris, antara lain Darling, My Love, Dearest, Sweetheart, Mr, Mrs, Dr, dan yang lainnya. 

  • Teknik awal membuka surat pribadi

Dalam teknik membuat awal surat pribadi seperti ini, Anda akan memberikan tanggapan pada surat yang pernah diberikan oleh pihak penerima sebelumnya. Namun jika tidak ada surat sebelumnya, maka awal untuk membuka surat seperti ini dimulai dengan perkenalan diri. Contoh personal letter, adalah “hai apa kabar, masih ingatkan kamu pada saya?” dan hal lainnya, secara detail. 

  • Isi surat

Untuk isi surat, umumnya akan bercerita banyak hal, baik tentang kehidupan pribadi Anda, atau bagaimana pertemuan yang berkesan antara Anda dan pihak penerima. Adapun panjang surat itu sendiri cukup beragam, tergantung kebutuhan.    

  • Cara mengakhiri surat

Seperti namanya maka ulasan kali ini akan memberikan atau menunjukkan bahwa isi surat akan segera berakhir, seperti mengucapkan bahwa ketika menulis surat sudah mulai malam, atau yang lainnya. 

  • Cara menggunakan kata penutup

Kata penutup atau complimentary close adalah kata-kata penutup yang akan diberikan, untuk menutup surat. Namun karena  ini adalah surat pribadi, maka kata – kata yang digunakan, juga bersifat pribadi, seperti “With love”, “Sincerely Yours”, dan yang lainnya. 

  • Jangan lupa memberikan tanda tangan dan nama pengirim 

Pastikan ketika Anda hendak menutup surat pribadi seperti ini, bubuhkan juga tanda tangan dan nama lengkap di bagian bawah surat, agar pihak penerima surat, mengetahui dengan pasti siapa yang menulis surat tersebut. 

Dari ulasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dan contoh personal letter dalam bahasa Inggris. Sedikit banyak Anda akan mempunyai bayangan bagaimana cara membuat surat tersebut dengan baik. 

Coba lihat juga:

Kita sudahi dulu pembahasan mengenai Contoh Personal Letter disertai dengan penjelasan Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat proses pembuatan surat pribadi tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy