Advertisement

Cara Membuat dan Contoh Personal Letter Formal !

Katulis – Hello Guys ketemu lagi di katulis. Kali ini kita akan bahas Cara Membuat dan Contoh Personal Letter Formal. Apakah kalian sudah paham? kalau belum yuk kita mulai saja.

Seperti diketahui bersama, personal letter sendiri adalah sebuah surat yang memang ditujukan untuk perorangan atau pribadi, karena urusan pribadi. Namun demikian, tidak selalu isi dari surat tertentu harus selalu informal. Ada kalanya surat personal letter ini ditulis secara formal, contoh personal letter formal adalah pada / ditujukan untuk badan, instansi, atau kelompok tertentu dalam rangka ungkapan terima kasih atau hal lainnya yang pernah diperbuat sebelumnya.  

Apa itu personal letter formal 

Advertisement

Sebenarnya personal letter dan personal letter formal ini tidak jauh berbeda, hanya saja isi dari surat tersebut yang terlihat sedikit berbeda. Umumnya surat personal letter ini isinya adalah informal, yang akan membahas, tentang berbagai macam hal, antar seorang teman, sahabat atau juga keluarga. Seperti yang selintas dijelaskan di atas, ada kalanya surat tersebut berubah isinya jadi formal, walaupun konteks suratnya surat pribadi. 

Hal ini dilakukan karena ada kaitan pribadi atau urusan pribadi yang dilakukan oleh seseorang pada hal, instansi atau apapun itu. Contoh personal letter, misalnya ucapan terima kasih dari sekelompok anak yang berhasil ikut perlombaan tertentu, berkat bantuan donasi dari sebuah perusahaan, atau yang lainnya. Karena bantuan itulah yang akhirnya sekelompok anak tersebut, membuat surat personal letter formal pada perusahaan yang telah mendonasikan bantuannya tersebut.  

Cara membuatnya & contohnya 

Untuk cara membuatnya sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit, dan pada dasarnya sama dengan teknik atau cara membuat personal letter itu sendiri. Hanya saja yang membedakan adalah gaya bahasa yang digunakan, adalah formal, atau bukan gaya bahasa yang umumnya digunakan pada teman, saudara atau yang lainya (informal). Berikut ini adalah contoh surat yang dimaksud :

Tim sepakbola Jaguar
Jl. Kuncup melati no. 14
Jakarta, 2345
23 Desember 2019 

Mr, David Bremster
Kepala Produksi sepatu Reebox
Perusahan Sepatu Reebox
345 Apple Street
New York, 456 678

Advertisement

Yang terhormat, Mr Bremster

Dengan ini izinkan saya sebagai wakil dari tim sepakbola Jaguar, mengucapkan terima kasih pada Anda dan perusahaan. Atas kontribusi, dalam bentuk donasi pakaian sepakbola, lengkap dengan sepatunya secara lengkap untuk tim kami. Perlengkapan sepakbola, dan seragam ini memang kami butuhkan untuk jelang pertandingan sepakbola kelas junior musim ini. 

Kami tidak tahu bagaimana cara kami berterima kasih, namun berkat dukungan Anda dan perusahaan, kami akan membantu mempromosikan dengan lebih baik, produk sepatu yang Anda berikan, dan juga berusaha untuk jadi pemenang dalam pertandingan tersebut. 

Sekali lagi terima kasih atas bantuan dan donasi yang telah Anda dan perusahaan berikan, tentunya ini akan menjadi dukungan moril dan materil yang sangat berguna bagi tim sepakbola kami. 

Hormat kami, 

Jonathan Clear,
Manager Team Sepakbola Jaguar

Dari contoh personal letter formal di atas dapat dilihat kata kamu yang biasanya digunakan sebagai kata sapa menjadi Anda. Demikian pula dengan kata salam, yang diubah menjadi Mr, Mrs, atau yang lainnya, agar terlihat formal. Demikian pula dengan kalimat penutup dan kata lainnya, agar terlihat lebih sopan.

Sangat Penting!

Nah, seperti itula pembahasan materi tentang contoh personal letter formal dan cara membuatnya. Mudah-mudahan kamu sekarang sudah jadi lebih paham dan dapat dengan mudah membuat surat pribadi formal.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy