Advertisement

Contoh Personal Letter Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya !

Katulis.com – Hello Guys, apa kabar? Kali ini kita akan membahas Contoh Personal Letter Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya dengan penjelasan lebih mudah dipahami untuk setiap tahapan yang harus dilakukan dalam proses pembuatannya, yuk kita langsung masuk ke pembahasan!

Jika membahas tentang personal letter, semua orang pasti sudah mengenal, bahwa ini adalah surat pribadi yang akan dikirimkan oleh seseorang kepada orang lain, untuk urusan pribadi. Dahulu, jenis surat seperti ini cukup banyak digunakan, untuk bertukar pesan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini. Surat menyurat seperti personal letter ini sudah mulai ditinggalkan, dan beralih ke sistem pengiriman kabar yang lebih cepat, seperti menggunakan email atau sosial media.

Advertisement

Meskipun demikian, surat seperti ini ternyata masih tetap digunakan, untuk berkomunikasi pada teman yang cukup jauh, dan teman tersebut cukup jarang diajak untuk berkomunikasi.

Ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat dan contoh personal letter bahasa Inggris itu sendiri. Anda yang mempunyai teman di negara manapun yang berbahasa Inggris, maka ulasan kali ini pasti bermanfaat untuk Anda. Dengan adanya ulasan tersebut, Anda jadi lebih mudah dan terinspirasi untuk mulai memperbaiki hubungan, dengan mulai membuat personal letter tersebut.  

Apa itu personal letter ?

Seperti namanya personal letter, adalah sebuah bahasa Inggris yang artinya adalah ini adalah sebuah surat yang akan dikirimkan pada seseorang secara orang lain, secara individu atau personal atau perseorangan, atau juga instansi tertentu, yang memang diperuntukkan untuk urusan pribadi. Artinya surat ini akan dikirim oleh perseorangan, dan bukan merupakan surat dari sebuah instansi, perusahaan atau organisasi. 

Adapun tujuan dari dikirimkannya surat tersebut, adalah untuk tujuan pribadi, atau masalah pribadi dari si pengirim itu sendiri. Dari ulasan barusan tentunya dapat disimpulkan, bahwa untuk contoh personal letter bahasa Inggris, terutama bagi Anda yang mempunyai teman di negara berbahasa Inggris seperti Amerika, Inggris, Australia, dan yang lainnya.

Maka contoh isi dari surat pribadi ini adalah tentang ungkapan permintaan maaf, undangan, ucapan selamat, atau juga ucapan terima kasih. Bisa juga digunakan sebagai cara untuk bertukar kabar antar keluarga yang memang sangat jarang untuk dihubungi. 

Diberikannya surat seperti ini, memang terkesan lebih pribadi, dan lebih menjalin tali persaudaraan bagi teman yang memang sudah lama tidak bertemu, dan ingin mengembalikan kembali rasa persaudaraan yang dulu ada, jadi lebih baik, dari sebelumnya. Itu sebabnya, tulisan seperti ini pas, jika digunakan untuk ungkapan sebuah undangan, cerita dan yang lainnya.  

Cara membuat personal letter

Sebelum membahas tentang contoh personal letter, ada baiknya jika membahas tentang bagaimana cara atau kaidah penulisan dari personal letter itu sendiri, yaitu :

  • Penulisan alamat

Walaupun bentuknya surat pribadi, namun tetap saja, Anda jangan lupa untuk menuliskan alamat lengkap diri sendiri. Tentunya alamat tersebut diberikan, untuk memberikan kesempatan bagi si penerima, membalas surat tersebut pada alamat yang tertera. Posisi alamat tersebut akan diletakkan di bagian kanan atas surat. Selain menyertakan alamat si penerima secara lengkap. Anda juga perlu menuliskan nama si penerima lengkap dengan alamat si penerima surat itu sendiri. Kali ini Anda akan meletakkannya di bagian kiri atas surat.  

  • Penulisan tanggal

Walau ini adalah surat pribadi, namun tetap saja, Anda harus mencantumkan tanggal kapan surat tersebut dibuat. Hal ini untuk memberikan informasi, pada si penerima, tentang kapan tanggal tersebut selesai dibuat. Mengingat, ada waktu antara surat tersebut dikirim, lama pengiriman, surat tersebut sampai, bahkan kapan surat tersebut dibaca. 

  • Tulisan salam pembuka 

Salutation & greeting, atau salam pembuka, tentu saja salah satu hal yang jangan lupa dituliskan. Untuk contoh penulisannya sendiri, baik dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya, penggunaan kata sapa tuan, nyonya atau juga nona juga perlu diperhatikan. Misalnya saja Dear Mr. David, atau juga yang lainnya. 

Untuk pemberian gelar, Mr, Mrs, atau yang lainnya ini, tentunya akan disesuaikan dengan kepada siapa Anda akan berkirim surat. Pastikan Anda memberinya sesuai dengan posisinya saat ini. Termasuk ketika orang yang dikirimi surat, stasusnya sudah menjadi seorang dokter, maka jangan lupa untuk memberikan gelar Dr, di bagian depan nama. 

Umumnya, walaupun ini adalah surat pribadi, penggunaan greeting ini, dapat digunakan sesuai dengan kedekatan hubungan antara pihak pengirim surat dengan si penerima surat. Bisa menggunakan dear, atau ucapan lainnya yang lebih terasa dekat dan terkesan romantis. 

Sedangkan pada bagian akhir, akan ditutup dengan kata kata “Your sincerely”, sebagai ungkapan penutup dari surat itu sendiri. Atau bisa juga menggunakan ungkapan penutup lainnya seperti “best regards”, “All the best” atau juga yang lainnya. Terakhir ditutup dengan tanda tangan dan nama pengirim surat itu sendiri. 

Advertisement

Sedangkan untuk isinya sendiri tentunya cukup beragam, tergantung kebutuhan atau keinginan dari si pengirim itu sendiri, terhadap si penerima. Isi surat, biasanya tidak terlalu bertele-tele, namun lebih langsung ke arah tujuan, dengan sedikit beberapa kata-kata candaan khas untuk teman yang sudah lama tidak bertemu. 

Contoh surat personal letter 

Setelah mengetahui apa itu personal letter, dan bagaimana cara atau teknik penulisannya, maka berikut ini mempelajari dan mengenal contoh personal letter bahasa Inggris itu sendiri.

Tentunya hal ini diperlukan agar Anda jadi lebih mengerti bagaimana cara membuat surat personal letter, berdasarkan contoh yang akan diberikan. Tentunya dengan adanya contoh seperti ini, Anda jadi semakin mengerti dan lebih mudah untuk membuat surat pribadi tersebut, pada teman, sahabat yang saat ini berada di luar negeri.

Agar lebih mudah dipahami, ulasan atau contoh kali ini akan ditulis dalam bahasa Indonesia :


Dewi Sri
Jl. Mawar no 26

Bandung, 25 – 2 – 2020

Miscelle William
26 Road, Philladelphia,
United States, 2345

Tersayang Miscelle, 

Terima kasih atas suratmu, beberapa waktu yang lalu. Saya senang menerimanya. Kamu bertanya tentang bagaimana liburan sekolah saya tahun ini ? Yah, itu salah satu liburan sekolah yang paling menarik dalam hidup saya. Tidak hanya saya dapat berlibur bersama keluarga besar saya di kampung. Tapi, saya juga belajar bagaimana bagaimana bercocok tanam beberapa jenis tanaman seperti tebu, padi dan yang lainnya.

Mengingat di kampung saya, hampir semua orang mempunyai lahan untuk menanam, tanaman tersebut. Salah satunya adalah kakek saya. Kamu sendiri bagaimana kabarnya  bagaimana liburan sekolahmu? Semoga sama menyenangkannya dengan liburan saya ! Bisakah kamu ceritakan pada saya, tentang liburanmu? 

Jaga dirimu, 
Dewi

Terjemahan:

Dewi Sri
Jl. Mawar no 26

Bandung, 25 – 2 – 2020

Miscelle William
26 Road, Philladelphia,
United States, 2345

Dear Miscelle,

Thank you for your letter, a while ago. I am glad to receive it. You ask about how my school vacation is this year? Well, it was one of the most interesting school holidays in my life. Not only can vacation with my extended family in the village. But, I also learned how to grow several types of plants such as sugar cane, rice and others.

Considering in my village, almost everyone has land to plant, these crops. One of them is my grandfather. How about your school holiday? We wish you as much fun as my vacation! Do you want to tell me about me, about your vacation?

Take care of yourself,
Dewi


Dari contoh di atas, tentunya tentunya terlihat jelas, tentang posisi peletakan nama si penerima, nama si pembuat surat, dan hal-hal lainnya. Sedangkan untuk isinya sendiri, dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pengirim pesan itu sendiri.

Tidak harus selalu pendek, namun bisa juga panjang, misalnya saja 1 halaman penuh, atau bahkan lebih. Walaupun terdengar sulit dan sedikit kaku pada awalnya, namun dengan semakin sering melakukan penulisan seperti ini, atau sering berkirim surat, maka lambat laun akan lebih terbiasa, dan ungkapan atau ucapan yang ada di dalam surat pun jadi lebih bervariasi.

Wajib Lihat!

Nah gimana apakah sudah cukup jelas? Mudah-mudahan kamu sekarang sudah paham dan jadi lebih bisa membuat surat pribadi dalam Bahasa Inggris.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

thirteen − 11 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy