Advertisement

Contoh Program Remedial Kurikulum 2013 Tahun 2019

Katulis.com – Segera miliki Contoh Program Remedial Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini sebagai referensi format pendukung perbaikan nilai siswa di SD, SMP, SMA sederajat.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagai tenaga pengajar (Guru) baik itu di SD, SMP, SMA dan sederajat lainnya tentu saja pernah menghadapi peserta didik yang masih belum mampu mendapatkan nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal karena kesulitan dalam belajar atau menerima materi pelajaran. Maka dari itu, guru harus segera melakukan remedial terhadap peserta didik tersebut.

Advertisement

Remedial artinya apa ya?

Remedial adalah sebuah program kegiatan pembelajaran yang secara khusus diberikan kepada peserta didik yang belum mampu mencapai minimal standar kompetensi akibat kesulitan dalam pemahaman materi pelajaran.

Mengapa diperlukan pembelajaran remedial?

Alasan terkuat dalam pelaksanaan pembelajaran remedial yaitu untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan pada proses kegiatan belajar sehingga siswa tersebut mampu mencapai nilai standar kompetensi sesuai permendikbud No.65 tentang Standar Proses,No.66 thn 2013 terkait penilaian.

Dalam hal ini, Guru harus peka terhadap siswa yang dihadapinya untuk menyesuaikan metode pembelajaran remedial yang akan diberikan. Pada umumnya terdapat 2 langkah pemberian pembelajaran remedial diantaranya yaitu:
1). Melakukan diagnosis kesulitan belajar siswa.
2). Selanjutnya, berikan perlakuan pembelajaran remedial (treatment).

Perbedaan Pengayaan dan Remedial itu apa?

Telah dikatahui bahwa Remedial adalah program kegiatan yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar, sedangkan Pengayaan merupakan program kegiatan yang diberikan kepada siswa berkemampuan belajar lebih (melampaui persyaratan minimal standar kompetensi) untuk mengembangkan potensinya.

Fungsi kegiatan remedial apa saja ya?

Secara garis besar, kegiatan remedial ini memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Untuk memperbaiki bagaimana cara belajar siswa dan cara mengajar guru (fungsi korektif);
2. Guna meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);
3. Untuk menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa (fungsi penyesuaian);
4. Mempercepat siswa terhadap penguasaan materi pelajaran (fungsi akselerasi); dan
5. Membantu atasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi (fungsi terapeutik).

Format Program Remedial Kurikulum 2013 itu seperti apa ya?

Pada pelaksanaan kegiatan remedial seorang guru kelas harus memiliki berkas pendukung. Berkas ini berisi data penting terkait kegiatan perbaikan, diantaranya seperti: Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Hari/Tanggal Pelaksanaan, Kompetensi Dasar dan Instrumen Penilaian.program remedial

Bagaimana cara membuat format program remedial?

Tidak perlu membuat! Anda bisa mendapatkan formatnya dengan mudah tanpa harus membuat ulang dari awal, karena katulis telah menyediakannya secara lengkap. Silahkan unduh filena melalui halaman pada tautan berikut:
Format Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013
Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013
– Contoh Program Remedial – Unduh
– Contoh Program Pengayaan – Unduh

Advertisement

Dalam penggunaannya Contoh Program Remedial kurikulum 2013 ini akan sangat membantu Guru Kelas sebagai catatan dan pedoman pelaksanaan kegiatan perbaikan nilai siswa. Sebab keputusan dari kesimpulan hasil diagnosis masing-masing siswa yang sebelumnya telah dilaksanakan, akan dicacat pada berkas ini dan kemudian dilaksanakanlah kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai kemampuan masing-masing siswa tertentu.

Itulah informasi singkat mengenai contoh program remedial / perbaikan nilai siswa yang masih merupakan salah satu administrasi guru kurikulum 2013. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi Bapak/Ibu Guru semuanya.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

20 − seven =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy