Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Katulis – Halo Friend! Berhubung ada banyak yang request Contoh Teks Laporan Hasil Observasi, maka admin coba menyempatkan waktu untuk menulis setelah beberapa hari mengumpulkan informasi yang tepat mengenai pembahasan kali ini. Yuk, langsung saja!

Apa itu teks laporan hasil Observasi?

Teks Laporan Hasil Observasi adalah jenis teks yang memberikan informasi umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari pengamatan langsung. Ini dapat mencakup benda-benda mengenai status alam, hewan, tumbuhan, sosial, suatu peristiwa, seni, dan budaya. Hasil pengamatan tersebut ditulis sesuai dengan apa yang terlihat di lapangan.

Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Artinya harus menyajikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca. Setiap informasi yang dikumpulkan juga harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai dengan fakta yang sebenarnya, tidak dipalsukan atau menurut sudut pandang penulis.

Tujuan, Karakteristik, Fungsi, Struktur dan Contoh Teks Laporan Observasi

Pada dasarnya, teks laporan adalah kumpulan teks yang dikumpulkan untuk menyelesaikan tugas atau melakukan penelitian tentang suatu topik. Ada contoh lain dari teks laporan observasional yang dapat dipelajari jika kita menggali lebih jauh. Laporan hasil pengamatan ini dibagi menjadi beberapa kategori dan subkategori. Laporan observasi industri, laporan observasi penelitian, laporan observasi regional, dan sebagainya.

Tujuan Teks Laporan Observasi

  • Berikan informasi terbaru
  • Buat pilihan yang lebih terinformasi.
  • Mengetahui seberapa jauh suatu masalah telah berkembang
  • Menyelesaikan masalah

Karakteristik Teks Laporan Observasi

  • Ditulis berdasarkan fakta yang ditemukan melalui pengamatan.
  • Konten teks didasarkan pada penelitian terbaru yang telah dikonfirmasi akurat.
  • Sepenuhnya ditulis tanpa komentar akhir dari penulis.
  • Ditulis berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi
  • Tidak ada asumsi yang salah dalam buku ini.

Fungsi Teks untuk Laporan Observasi

  • Dalam kapasitas mendokumentasikan
  • Sebagai sumber informasi Sebagai metode observasi
  • Sebagai sumber terpercaya
  • Sejauh menyangkut sains

Struktur Teks Laporan Observasi

Secara umum, ada banyak contoh teks laporan observasional yang dapat kita gunakan sebagai panduan saat menulis laporan setelah observasi kita. Saat menulis teks untuk laporan observasi, kita harus memperhatikan organisasi bahasa laporan. Definisi dasar, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat membentuk kerangka teks laporan observasi.

  1. Definisi luas: Bagian laporan observasi ini menjelaskan definisi umum dari objek yang kita lihat.
  2. Deskripsi bagian: deskripsi bagian mirip dengan definisi umum karena berisi serangkaian deskripsi komprehensif tentang apa yang kita lihat.
  3. Inti dan kesimpulan dari contoh teks laporan observasi yang menunjukkan manfaat apa yang dapat kita peroleh setelah menyaksikan sesuatu adalah laporan manfaat.

Kita juga harus menyerahkan data yang akurat dan melampirkan bukti di bagian lampiran saat membuat contoh teks laporan observasi. Kami harus menyertakan sumber di bagian referensi tertaut jika kami menggunakannya.

Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Dari tadi kita sudah membahas secara detail mengenai karakteristik, fungsi, tujuan dan struktur teks laporan observasi, namun terasa kurang kalau tidak dilengkapi contohnya. Oleh karena itu katulis telah mengutip beberapa yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi kamu, baik itu sebagai inspirasi maupun langsung ambil untuk menyelesaikan tugas.

Contoh teks laporan hasil observasi singkat

Tentang Hewan

#1 Kelinci

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang kelinci

Keterangan Umum

Kelinci adalah mamalia yang termasuk dalam famili Leporidae. Kelinci mudah ditemukan di banyak tempat di dunia. Kelinci dulunya adalah hewan liar yang berkeliaran dari Afrika hingga daratan Eropa. Kelinci secara tradisional diklasifikasikan menjadi dua kategori: kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Anggota/aspek yang telah dilaporkan

Kelinci diklasifikasikan lebih lanjut menjadi dua varietas berdasarkan jenis bulunya: admin panjang dan admin pendek. Kelinci diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori berdasarkan ras mereka, termasuk Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan kelinci Lyon adalah konsekuensi dari persilangan eksternal antara Angora dan spesies kelinci lain, seperti yang kami temukan.

Kelinci telah lama dikaitkan dengan wortel sebagai sumber makanan, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa mereka juga dapat diberi makan sayuran hijau, rumput yang diawetkan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet.

Daging kelinci telah ditunjukkan dalam penelitian sebagai pengobatan asma yang efektif.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang tumbuhan

#1 Kantong Semar

Keterangan Umum

Kantong semar merupakan jenis tumbuhan unik yang hanya dapat ditemukan di lokasi tropis seperti Indonesia. Tanaman ini diklasifikasikan sebagai karnivora karena telah terbukti memakan sejumlah besar jenis serangga yang berbeda. Semut, lebah, lalat, dan serangga kecil lainnya adalah contohnya.

Anggota/aspek yang telah dilaporkan

Cairan dapat ditemukan di mulut tanaman Nepenthes, yang memiliki nama latin Nepenthes. Cairan ini dapat menarik serangga kecil. Tanaman akan langsung menutup bibirnya setelah serangga masuk ke mulut kantong semar. Alhasil, kantoing semar akan bisa mencari makan.

Helaian tanaman kantong semar yang berbentuk daun berwarna kekuning-kuningan. Sulur-sulur silinder adalah tempat di mana kantong-kantong yang mungkin dapat diidentifikasi. Kantong atas, bawah, dan roset adalah tiga jenis kantong yang terdapat pada tanaman ini. Serangga terbang seperti nyamuk dan lalat terperangkap di saku atas.

Serangga menggunakan kantong bawah sebagai tangga untuk naik ke atas mulut kantong. Jika serangga itu kemudian tergelincir, ia akan masuk ke mulut kantong yang berisi enzim penghasil makanan. Sementara itu, kantong roset memiliki fungsi yang sama dengan kantong bawah. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ia tumbuh di daun seperti roset.

Area distribusi tas semar cukup luas. Kisaran penyebaran tanaman meluas dari pantai ke pegunungan. Oleh karena itu, tumbuhan kantong semar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu tumbuhan kantong semar dataran rendah dan tumbuhan kantong semar dataran tinggi.

Indonesia, Kaledonia Baru, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Sri Lanka, Australia, Indochina, dan Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan adalah tempat-tempat di mana tanaman karnivora ini dapat ditemukan.

Karena termasuk dalam famili tumbuhan yang terancam punah, kantong semar saat ini banyak dibudidayakan untuk menjamin kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang dan menghindari kepunahan. Tanaman kantong semar telah dipelihara di taman nasional di seluruh wilayah, khususnya di pulau Kalimantan dan Sumatera.

#2 Lidah Buaya

laporan observasi lidah buaya

Keterangan Umum

Aloe Barbadensis Millear atau Aloe Vera adalah nama latin untuk lidah buaya.

Lidah buaya adalah salah satu dari sepuluh tanaman paling populer di planet ini, dengan potensi untuk diubah menjadi bahan baku obat dan industri.

Anggota/aspek yang telah dilaporkan

Lidah buaya ini dapat bertahan hidup di iklim panas dan biasa digunakan sebagai tanaman hias di dalam pot atau pekarangan.

Tanaman ini memiliki daun seperti taji dengan permukaan berbintik-bintik yang panjangnya 15-36 cm dan lebar 2-6 cm, tidak tipis, rapuh, ujungnya runcing.

Selanjutnya, tanaman ini kaya akan vitamin (kecuali vitamin D).

Lidah buaya umumnya digunakan untuk mengobati cacingan, amandel, keseleo, sakit mata, bisul, luka bakar, nanah, luka, dan jerawat, di antara penyakit lainnya.

Lidah buaya juga dapat menebalkan dan menghitamkan rambut, antara lain.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

laporan tentang sampah

Setelah proses, limbah adalah bahan sisa yang tidak diinginkan yang tersisa. Limbah dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk alam, manusia, konsumsi, tenaga nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah akan terus menumpuk di Bumi selama manusia dan alam sama-sama melakukan aktivitas. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Sampah dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan komposisinya, yaitu sampah organik dan anorganik. Yang dimaksud dengan sampah organik adalah sampah yang dapat terurai.

Sisa makanan, sayuran, daun kering, dan sampah lain yang mudah terdegradasi adalah contoh sampah organik. Kompos dapat dibuat dari sampah ini. Sampah yang tidak mudah rusak, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya, merupakan contoh sampah anorganik. Sektor rumah tangga mendaur ulang sampah anorganik untuk mengurangi sampah sekaligus memberikan peluang bisnis.

Padat, cair, alami, konsumsi, dan kotoran manusia semuanya dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuknya.

Limbah padat hanya itu: itu limbah padat. Sampah rumah tangga meliputi dapur, kebun, plastik, logam, kaca, dan jenis sampah padat lainnya. Limbah cair merupakan jenis sampah yang sudah dimanfaatkan tetapi tidak diperlukan lagi.

Sampah alam adalah sampah yang diciptakan oleh alam dan terurai secara alami melalui proses daur ulang. Daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah merupakan salah satu contoh limbah alam. Limbah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah disebut sebagai limbah konsumsi.

Kotoran manusia berpotensi membahayakan kesehatan manusia karena diduga menjadi sumber penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing beserta strukturnya

#1 Kucing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang kucing

Keterangan Umum

Kucing adalah anggota keluarga mamalia Felidae. Kucing diklasifikasikan sebagai karnivora, atau makhluk pemakan daging.

Kucing diklasifikasikan menjadi dua kategori: kucing besar dan kucing domestik.

Singa, harimau, cheetah, dan kucing besar lainnya adalah contohnya. Kucing domestik, di sisi lain, adalah kucing peliharaan yang populer.

Anggota/aspek yang telah dilaporkan

Kucing domestik dapat memiliki berat hingga 16 kg dengan panjang 60 cm dan tinggi 45 cm.

Kucing juga memiliki gigi dan cakar runcing yang dapat dicabut dan diganti sesuai kebutuhan. Penglihatan kucing juga sangat baik.

Kucing ini juga dikenal sebagai hewan soliter karena setiap kucing memiliki ruang tersendiri.

Kucing asing biasanya akan bertarung dengan ganas jika diizinkan masuk.

Saat kucing berkelahi, bulu tubuhnya sering diluruskan dan tubuhnya ditekuk agar terlihat lebih besar.

Gigitan, cakaran, dan tamparan kucing adalah bentuk agresi yang umum. Perkelahian adalah kejadian umum di antara pria yang aktif.

Kucing peliharaan umumnya tidak berbahaya bagi manusia karena ukurannya yang kecil. Namun, ada kemungkinan bahwa hewan-hewan ini dapat menyebarkan penyakit.

Kucing dapat menularkan penyakit seperti rabies melalui gigitannya dan gangguan pernapasan melalui bulunya.

Tentang lingkungan rumah beserta strukturnya

#1 Lingkungan Rumah

lingkungan rumah

Dalam kehidupan manusia, kebersihan lingkungan sangat penting. Suasana bersih dan sehat tercipta melalui kebersihan lingkungan. agar tidak sakit

Karena kesadaran warga yang selalu membersihkan pekarangan rumahnya masing-masing, membakar sampah, dan membersihkan rerumputan yang tumbuh di pekarangan, maka kebersihan lingkungan di Jalan Blossom Indah sangat baik, bersih, asri, dan asri serta bebas. sampah.

Jika kita ingin hidup bersih, sehat, dan teratur, kita harus mempraktekkan kebersihan lingkungan.

Kesimpulan: Kebersihan Jl. Mekar Infah sangat baik, berkat kesadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Ok, untuk sementara segitu aja dulu yah. Nanti admin tambahakan lagi Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang lainnya. See You!

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.