Contoh Teks Prosedur

Katulis – Teks Prosedur biasanya digunakan untuk menyampaikan saran, resep, kiat, dan tahapan lainnya. Ada banyak contoh yang bisa dipelajari pada halaman ini.

Teks prosedur, menurut buku Suherli dkk ‘Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI’, adalah teks yang mengajarkan kepada pembaca cara menggunakan suatu alat, menghasilkan sesuatu, atau bahkan melakukan suatu pekerjaan.

Apa itu Teks Prosedur ?

Kata “Prosedur” berarti tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu kegiatan” atau “pendekatan langkah demi langkah yang pasti dalam memecahkan suatu masalah”, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kita dapat menyimpulkan dari sini bahwa teks prosedur adalah panduan untuk menyelesaikan kegiatan atau masalah yang membutuhkan beberapa fase berturut-turut.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui lebih dalam lagi mengenai teks prosedur ini, nah, di bawah ini terdapat penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri, struktur dan bagaimana cara membuatnya. Baca sampai selesai ya..

Ciri – Ciri Teks Prosedur

  1. Tersedia instruksi langkah demi langkah. Langkah-langkah dalam teks prosedur merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Tahapan kegiatan/urutan kronologis tertuang dalam langkah-langkah tersebut.
  2. Memanfaatkan struktur kalimat perintah.
  3. Menggunakan kalimat peringatan atau larangan (Contoh teks prosedur: Untuk mencapai hasil terbaik, gunakan bambu yang telah dikeringkan minimal 1 tahun).
  4. Gunakan kata kerja aktif daripada kata kerja pasif.
  5. Menggunakan konjungsi untuk menyatakan waktu (then, when, before, while, after), tujuan (so, for, so), dan order (then, when, before, while, after that) (first, second, third).
  6. Menerapkan kriteria atau batasan (Contoh: langkah kaki kanan dua kali dan pada hitungan 4 tepuk).
  7. Penggunaan adverbia teknik (contoh teks proses: Bungkus adonan dengan kuat), deskripsi alat, deskripsi tujuan, deskripsi derajat/kualitas (contoh: Ulangi gerakan tiga kali), penjelasan konsekuensi (contoh: Goreng adonan hingga kecoklatan), dan kondisi deskripsi.
  8. Akhiran -i dan -kan sama-sama digunakan (Contoh: Olesi loyang dengan mentega).
  9. Menjaga objektivitas.
  10. Informasi disajikan secara jelas dan ringkas.

Struktur Teks Prosedur

Kemudian ada struktur penulisan teks prosedur. Tujuan, alat dan sumber daya, tahap kerja, dan penutup adalah empat bagian.

  1. Tujuannya
    Ada hal-hal yang harus dilakukan dalam buku ini. Tujuan dari teks metode ini, di sisi lain, disesuaikan dengan jenis teks. Ini dapat digunakan untuk mengoperasikan alat, menyiapkan makanan, minuman, kerajinan, atau melakukan suatu tindakan.
  2. Bahan dan Alat
    Ini tidak diragukan lagi berisi semua alat dan bahan yang diperlukan. Apa sebenarnya perbedaan antara alat dan bahan? Jika alat dikaitkan dengan objek, mereka tidak akan berkurang atau berkurang saat kita menggunakannya. Panci, pisau, talenan, mangkok, dan peralatan dapur lainnya, misalnya wajan, pisau, talenan, dan mangkok. Sementara itu, bahan akan habis atau habis saat dikonsumsi. Misalnya, tepung, gula, garam, mentega, telur, dan komponen lainnya digunakan untuk membuat roti.
  3. Prosedur
    Berisi prosedur langkah demi langkah yang terperinci dan progresif. Jadi, Anda tahu, langkah demi langkah! Hehe… Tujuannya adalah untuk membuat suatu peristiwa menjadi logis sehingga tujuan teks proses dapat terpenuhi.
  4. Penutup/Penyelesaian
    Ada kesimpulan atau kesimpulan di bagian akhir. Ya, isinya berupa temuan dari suatu prosedur yang telah diselesaikan. Jika langkah-langkah dalam teks prosedur diikuti dengan benar, bagian ini sering kali memuat harapan atau keuntungan yang diterima.

Cara Membuat Teks Prosedur

Rekomendasi berikut ini sangat perlu diperhatikan agar teks prosedur yang akan dikembangkan atau disusun sesuai dengan aturan yang ada dan lebih mudah dipahami:

  1. Tentukan topik atau konsep teks prosedur yang akan ditulis.
  2. Menyusun teks prosedur menurut struktur yang benar, yang meliputi:

Judul (tujuan)
Ini adalah bagian pertama dari teks metode, dan mencakup tindakan atau tugas yang akan dibuat atau diselesaikan, seperti cara menyiapkan nasi atau membuat komputer.

Kalimat untuk memulai (isi)
Ini adalah bagian yang datang sebelum langkah-langkah atau prosedur yang harus diikuti ditulis. Sambutan pembuka yang menyampaikan tujuan penulisan sering ditemukan di bagian ini.

Perlengkapan dan peralatan
Struktur kalimat berikut ini berupa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat atau melakukan apapun yang diminta, setelah pernyataan awal.

Langkah-langkah atau tahapan proses
Bagian ini menunjukkan substansi teks metode karena mengandung tahapan-tahapan yang harus diselesaikan secara berurutan dari awal hingga akhir. Bagian dari tahapan proses ini merupakan salah satu struktur yang diperlukan agar sebuah teks dapat diklasifikasikan sebagai teks prosedur.

Penutupan
Bagian penutup dari teks prosedur berisi baris penutup seperti “semoga berhasil” atau “nasihat dasar” yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca.

Sebelum menulis teks proses, buatlah outline.
Mengumpulkan dan mengembangkan data yang ada secara rinci dan sesuai dengan situasi.

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami teks prosedur, tulislah langkah-langkahnya secara berurutan dan mendalam, dengan penjelasan atau justifikasi yang jelas.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Pada dasarnya kita sudah mulai memahami teks prosedur. Teks prosedur di sisi lain berisi berbagai jenis berdasarkan struktur dan fungsi masing-masing.

A. Contoh teks prosedur kompleks

Sebuah teks dengan banyak petunjuk rinci disebut sebagai teks prosedur kompleks. Setiap tingkat teks prosedur kompleks memiliki beberapa fase dan tahapan. Anda harus teliti dan mengikuti langkah-langkah agar jika Anda ingin menyelesaikan tugas menggunakan teks proses yang sulit. Teks ini sering digunakan dalam kegiatan yang memerlukan banyak dokumen atau melibatkan banyak orang. Berikut ini contohnya :

Contoh 1: Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Perlu belajar mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusak dan berdampak negatif. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.

• Tutup semua aplikasi yang Anda gunakan.
• Klik menu Start (XP)/Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.
• Pilih Shut down dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
• Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.
• Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting
listrik.

Contoh 2: Cara Membuat Akun Facebook

Membuat akun Facebook tidaklah sulit, namun jika kamu membuatnya secara asal maka kemungkinan besar nanti akun FB malah diblokir akibat dianggap fakeaccount, oleh karena itu buatlah dengan baik dan sesuai ketentuan kebijakan FB seperti di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs Facebook, silahkan klik link ini Facebook.com.
  2. Anda telah berada pada halaman utama Sign up facebook.
  3. Isi kolom yang sudah disediakan dengan data-data diri Anda
  4. Kemudian facebook akan meminta verifikasi email anda. Anda dapat mengecek email anda untuk melihat kode verifikasi
  5. Konfirmasi kode verifikasi yang ada didalam gmail yang tadi anda daftarkan untuk signup facebook
  6. Jika anda telah memverifikasi gmail anda, maka anda akan dibawa ke akun facebook anda buat tadi.
  7. Anda dapat mengisi foto profile facebook anda dengan foto wajah anda, sebagai pengenal bahwa ini adalah akun milik anda. Klik tambahkan foto untuk memilih foto yang anda inginkan.
  8. Anda akan dibawa ke galeri untuk memilih foto yang anda inginkan yang berada pada folder di laptop maupun smartphone anda. Lalu klik open dan pilih fotonya. Foto kemudian akan terupload otomatis.
  9. Kemudian anda juga dapat mengisi link pertemanan anda dengan teman yang anda kenal dengan mengetikkan nama akun teman anda. lalu kemudian isilah privasi atau publik akun anda.
  10. Lalu, kemudian pada bagian halaman utama akun anda, anda dapat memilih foto sampul dari akun facebook anda. Klik Tambahkan Foto Sampul jika ingin memilih foto sampul.
  11. Anda akan dibawa ke folder pc atau smartphone anda, agar anda dapat memilih foto sampul yang anda inginkan.
  12. Selanjutnya, anda dapat mengisi lokasi dimana anda berada dengan memilih nama kota anda.
  13. Anda juga dapat melengkapi data diri anda dengan mengisi kota, kantor, sekolah dan status hubungan anda.
  14. Jika anda ingin membuat mengunggah kumpulan foto anda dan ingin dijadikan album kedalam facebook anda juga bisa. Dengan klik Tambahkan Foto.
  15. Selesai!

B. Contoh teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana, seperti namanya, adalah teks dengan hanya dua atau tiga langkah. Proses dan tindakan yang diuraikan dalam bahasa prosedur singkat sama-sama lugas dan mudah dipahami. Berikut ini contohnya :

Sebaliknya, teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang tidak rumit dan hanya melibatkan di bawah lima tahap atau langkah yang harus diikuti. Berikut ini adalah contohnya.

Contoh 1: Cara mengirimkan lamaran pekerjaan via email

Saat ini, berkat bantuan teknologi, melamar pekerjaan cukup mudah dan bahkan tidak memerlukan banyak biaya untuk datang ke kantor ataupun mencetak dokumen. Kamu bisa melamar pekerjaan melalui media daring dan mengirimkan lamaran pekerjaan melalui surat elektronik atau e-mail.

Berikut cara mengirim lamaran pekerjaan dengan benar: 

  1. Siapkan seluruh berkas yang disyaratkan, seperti surat lamaran pekerjaan, biodata diri, dan juga portofolio pekerjaanmu sebelumnya (jika ada)!
  2. Pastikan kamu menulis judul email, kata pengantar berupa maksud dan tujuan di bagian badan email, dan jangan lupa mencantumkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam bentuk soft file dalam e-mail!
  3. Cek kembali seluruh kelengkapan, alamat email tujuan, dan hindari kesalahan penulisan dalam surat elektronik lamaran pekerjaanmu!

Contoh 2: Membuat Kue Brownies Kukus Instan

Tujuan

Siapa yang tidak suka kue brownies? Kue ini adalah salah satu camilan yang digemari masyarakat. Namun, kesulitan membuat kue ini juga sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat.

Namun terdapat cara mudah untuk membuatnya, yakni dengan menggunakan adonan brownies instan yang bisa didapatkan di pasar atau mini market terdekat. Kombinasikan juga dengan mengubah cara memasaknya, yakni dengan cara mengukusnya, bukan dipanggang. Maka brownies ini akan menjadi brownies anti gagal.

Langkah-Langkah

Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja, cukup ikuti tahapan-tahapan berikut ini.

  1. Campurkan adonan instan brownies dengan air dan telur sesuai dengan takaran yang tercantum dalam kemasannya.
  2. Tuangkan adonan brownies ke dalam mangkok alumunium yang biasa digunakan untuk membuat kue mangkok.
  3. Kukus brownis hingga matang, tidak usah khawatir untuk mengukusnya terlalu lama, karena brownies tidak bisa hangus oleh uap.

Penegasan atau Penutup

Cukup mudah bukan untuk menyajikannya. Jangan bingung jika kamu tidak memiliki alat pengukus khusus, karena kita dapat memanfaatkan pemasak nasi atau rice cooker untuk mengukusnya. Kita juga dapat menambahkan kepingan cokelat atau keju parut agar brownies terasa lebih nikmat.


C. Contoh Teks Prosedur Protokol

Menurut apa yang dinyatakan sebelumnya, mengikuti teks proses protokol memberi Anda pilihan untuk mengikuti instruksinya secara teratur atau tidak sama sekali. Ambil contoh, cara membuat mie instan. Anda bisa memulainya dengan merebus air atau menambahkan bumbu terlebih dahulu. Mie Instan dapat dimasak dengan baik terlepas dari urutan pengolahannya. Berikut ini contohnya :

Contoh 1: Cara Masak Mie Instan

1. Rebus air hingga mendidih
2. Masukan mie ke dalam air yang telah mendidih
3. Cara memasukan bumbu bisa disesuaikan dengan keinginan Anda (fleksibel). Bisa langsung ikut dimasak atau baru dicampur ketika mie sudah matang dan dimasukkan dalam wadah
4. Masukan mie ke dalam piring atau mangkuk
5. Mie siap disajikan

Contoh 2: Cara Membuat Akun Instagaram di HP Android

Tidak dapat disangkal bahwa Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di kalangan milenial. Karena banyak pengguna yang secara efektif menggunakan platform media sosial ini untuk bisnis, tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi sosial.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat akun Instagram:

  1. Di smartphone Android dan iOS, Anda bisa mendapatkan aplikasi Instagram secara gratis dari Google PlayStore.
  2. Untuk membuka aplikasi ini, ketuk logo Instagram di ponsel cerdas Anda.
  3. Pilih opsi daftar melalui email atau nomor telepon untuk membuat akun baru.
  4. Pilih dan tekan Create a New Account, lalu masukan nomor telepon atau alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  5. Tunggu kode informasi sampai melalui email atau nomor telepon sebelum memasukkannya.
  6. Lengkapi kode informasi dengan lengkap dan akurat.
  7. Untuk menggunakannya, buat nama pengguna (username) dan kata sandi.
  8. Foto, biodata, dan kontak pribadi semuanya disertakan dalam profil.
  9. Setelah Anda menentukan pilihan, ketuk selesai.

Untuk masuk kembali atau masuk ke aplikasi Instagram, cukup ketik nama akun dan kata sandi Anda persis seperti saat pertama kali Anda membuatnya. Anda dapat mengakses kembali akun Instagram ini melalui email jika Anda lupa kata sandi Anda.


D. Contoh teks prosedur bahasa inggris

Teks prosedur Bahasa Inggris adalah jenis sastra yang menginstruksikan pembaca tentang cara menyelesaikan tugas dalam menggunakan bahasa Inggris. (Teks prosedur adalah teks yang menginstruksikan pembaca tentang cara melakukan tugas). Berikut ini contohnya :

Contoh 1: HOW TO MAKE A PENCIL BOX

What you need:

  1. An empty plastic bottle of water
  2. A sharp cutter
  3. A piece of white of colorful paper
  4. Some glue
  5. Some paint

Steps:

  1. Wash the plastic bottle and make sure it has been clean when you use it
  2. Cut the bottle into two halves
  3. Wrap the bottle with a piece of colorful paper
  4. If you use white paper, use a paint to color it
  5. Now, your pencil box is ready to use

Contoh 2: HOW TO MAKE SANDWICHMATERIALS

  1. Two slices of bread
  2. Cheddar cheese
  3. Tomatoes
  4. Tomato sauce
  5. Salad
  6. Lettuce leaves
  7. Mayonnaise

STEPS :

  1. Firstly, place a slice of bread on the plate. 
  2. Second, put the tomato sauce.
  3. Then, add salad, slice tomatoes, cheddar cheese, mayonnaise, tomato sauce on it.
  4. Next, add lettuce leave
  5. After that, put a slice of bread on the top to cover them
  6. Finally, serve it!

E. Contoh teks prosedur singkat

Panjang dokumen tidak diatur oleh pedoman penyusunan teks prosedur. Bahkan jika prosesnya tampak panjang, Anda dapat menuliskannya sedetail mungkin secara berurutan. Demikian pula untuk memperjelas sesuatu, kalimat dapat ditulis sesingkat mungkin. Tanpa terlalu terpaku pada jumlah kata, contoh teks prosedur singkat berikut ini dapat digunakan sebagai bahan pelajaran menulis.

Karena hanya memiliki dua atau tiga tahap atau proses, teks prosedur sederhana hanya berisi prosedur singkat. Contoh teks prosedur singkat bisa anda lihat di bawah ini. Berikut ini contohnya :

Contoh 1: Cara Menyetrika

Tujuan: Menyetrika bertujuan merapikan baju yang kusut saat akan digunakan. Umumnya, seseorang menyetrika pakaian setelah dicuci.

Langkah-langkah:

  1. Colokkan setrika pada sumber daya listrik dan pastikan lampu menyala.
  2. Putar knop pengatur suhu yang berada pada gagang setrika sesuai kebutuhan.
  3. Tunggu sampai setrika panas sebelum mulai menyetrika.
  4. Mulai setrika pakaian atau celana yang ingin dirapikan.
  5. Hati-hati saat menggunakan setrika sebab menggunakan aliran listrik.

F. Contoh teks prosedur membuat makanan

Dari namanya saja sudah ketahuan teks prosedur membuat makanan merupakan tahapan atau langkah-langkah pada proses membuat makanan. Silahkan lihat contohnya berikut ini.

Ada berbagai tempat untuk mencari contoh teks prosedur memasak. Tentunya salah satunya adalah media online atau internet. Di tengah kemajuan teknologi, media sosial sering digunakan untuk berbagi resep makanan modern dan menarik. Anda harus menuliskan pengukuran sedetail mungkin saat menulis dokumen metode makanan, seperti gram dan sendok teh atau makanan. Berikut ini contohnya :

Contoh 1: Resep Sup Sederhana

Tujuan: Menghasilkan semangkuk sup hangat berbekal bahan-bahan sederhana yang sering ditemukan di rumah. Menu sup sangat pas dinikmati saat cuaca dingin maupun tak enak badan. Anda bisa meniru cara membuat serta bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan:

  • Wortel
  • Kentang
  • Kol
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Potong wortel dan kentang sesuai selera.
  2. Iris kol, daun bawang, bawang merah, dan seledri.
  3. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan potongan wortel, kentang, dan kol.
  4. Tunggu sampai semua sayur lunak, kemudian masukkan bawang putih yang telah digeprek.
  5. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  6. Setelah sup mendidih, taburkan bawang goreng dan irisan daun seledri serta daun bawang.
  7. Sup siap disantap bersama nasi hangat.

G. Contoh teks prosedur beserta strukturnya

Ini membantu untuk memeriksa contoh teks proses lengkap dengan strukturnya untuk lebih memahami teks prosedur. Anda dapat mempelajari segala sesuatu mulai dari hukum penulisan hingga proses yang harus dimasukkan. Tujuan, bahan, dan langkah atau proses membentuk kerangka utama teks prosedur.

Penulis harus menyatakan harapan artikel, seperti persiapan makanan, dalam tujuannya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk proses tersebut terkandung dalam bahan. Dalam beberapa buku, struktur ini mungkin hilang atau tidak disertakan sama sekali. Terakhir, prosedur untuk mencapai tujuan tersebut di atas.

Cara Membuat Bubur Madura

Tujuan

Bubur ini merupakan menu sarapan super sehat dan kaya serat. Penambahan singkong dan ubi ungu, selain untuk memperkaya warna dan gizinya, juga membuat tekstur bubur beras merah ini lebih pulen.

Bahan dan Alat

  • Bahan-bahan:
  • 400 gram nasi merah
  • 200 gram singkong, cuci, potong dadu
  • 200 gram ubi ungu, cuci, kupas, potong dadu
  • 2 batang serai digeprek
  • 1 ikat kangkung, cuci, petik  daunnya, rajang kasar
  • 1 ikat bayam, cuci, petik daunnya
  • 1 buah jagung manis, dipipil
  • 1500 ml air

Langkah-Langkah

  1. Didihkan air, masukkan berurutan nasi merah, singkong, ubi, jagung pipil dan serai. Aduk sampai bubur mengental.
  2. Tambahkan kangkung dan bayam, aduk beberapa saat, jangan sampai terlalu layu.
  3. Angkat dan hidangkan panas, ditemani ikan asin dan kerupuk.

Penutup

Pembuatan buburnya cukup mudah, murah, dan sekaligus sehat. Sarapan sehat dengan menu makanan tradisional yang telah dikreasikan. Selamat mencoba!


Udah ah cape nulisnya, semoga saja kamu dapat memahami materi contoh teks prosedur yang telah disampaikan di atas. Semua ada lho, lengkap.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.