Dokumen Kurikulum 2013 Tahun 2020/2021 Lengkap

Katulis – Kali ini kami sempatkan waktu untuk berbagi Dokumen Kurikulum 2013 Tahun 2020/2021 Lengkap (Buku 1 dan 2) untuk SD, SMP dan SMA.

Kurikulum adalah program yang mengatur tujuan, isi, dan materi pembelajaran, serta strategi yang digunakan untuk mengarahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (2), ditekankan bahwa kurikulum di semua tingkatan dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi oleh satuan pendidikan, potensi daerah, dan siswa. Dan Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan, “Pendidikan nasional untuk membangun dan membentuk karakter dan budaya bangsa yang bermartabat dalam konteks pengembangan kehidupan intelektual bangsa, untuk meningkatkan potensi siswa untuk menjadi manusia yang memiliki iman dan berbakti kepada Allah SWT, memiliki moral yang baik, sehat, berpengetahuan luas, mampu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. “

Kurikulum 2013 dikembangkan untuk meningkatkan prestasi pendidikan dengan dua strategi utama: meningkatkan efektivitas pembelajaran di unit pendidikan dan meningkatkan waktu belajar di sekolah. Efisiensi pembelajaran dicapai melalui tiga tahap, yaitu:

Efektivitas interaksi akan diciptakan oleh harmonisasi iklim akademik dan budaya sekolah. Efisiensi komunikasi dapat dipertahankan jika kesinambungan manajemen dan kepemimpinan di unit pendidikan.

Efektivitas pemahaman menjadi bagian integral untuk mencapai efisiensi pembelajaran. Energi dapat dibuat jika pengetahuan memprioritaskan pengalaman pribadi siswa melalui observasi, asosiasi, bertanya, menyimpulkan, dan berkomunikasi.

Efektivitas yang dapat diciptakan dalam pembelajaran horisontal dan vertikal adalah kompilasi yang luar biasa.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang pernah disusun berdasarkan pemikiran tantangan masa depan, yaitu tantangan abad ke-21 yang ditandai oleh ilmu berabad-abad, masyarakat berbasis pengetahuan, dan kompetensi masa depan. Agar implementasi kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik, peran strategis guru tidak dapat disangkal lagi.

Mengingat instruktur adalah pendidik terampil yang peran utamanya adalah untuk memberi informasi, mengajar, membimbing, mendorong, memimpin, melatih, mengevaluasi, dan memahami siswa di unit pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang guru yang sangat profesional untuk menjalankan amanah mulia. Selanjutnya, pendidikan dasar menentukan pembentukan nilai-nilai calon siswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mengantisipasi berbagai macam tantangan yang muncul di masa depan.

Secara keseluruhan kurikulum sekolah terdiri dari:

  • Dokumen Buku I yang berisi: visi, misi, dan tujuan sekolah, struktur dan konten kurikulum, beban belajar dan kalender pendidikan.
  • Dokumen Buku II berisi silabus semua kelas dan semua mata pelajaran.
  • Dokumen Buku III yang berisi Rencana Implementasi Pembelajaran.

Unduh Dokumen 1 dan 2 Kurikulum 2013

Telah kami sediakan tautan unduhan yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan semua file. Silahkan download saja semuanya di bawah ini! Pada bagian pertama kami sediakan untuk SD/MI terlebih dahulu.

Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD/MI

Dokumen 2 Kurikulum 2013 SD/MI

Dokumen Kurikulum 2013 untuk SMP dan SMA, nanti menyusul ya.

Demikian informasi Dokumen Kurikulum 2013 Lengkap untuk Tahun Pelajaran terbaru saat ini. Mudah-mudahan dapat cukup membantu melengkapi perlengkapan berkas K13 Bapak/Ibu Guru.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like
2 Comments
  1. RATNA PURWANTINI 201511103414 says

    Sudah ada contoh kurikulum dalam kondisi khusus belum min, di masa pandemi covid ini?

    1. admin says

      Kmai belum dapat informasi terkait hal tersebut Bu..

Leave A Reply

Your email address will not be published.