Advertisement

Jenis, Contoh Personal Letter dan Artinya

Katulis.com – Hai Guys, materi yang akan kita bahas kali ini yaitu Jenis, Contoh Personal Letter dan Artinya. Apakah kalian sudah tahu apa saja jenis dari surat pribadi? Kalau belum yuk sekarang kita bahas bersama.

Memberikan surat pribadi atau personal letter pada teman atau sahabat yang sudah lama tidak bertemu, pastinya sangat menarik, dan pastinya mampu membuat tali pertemanan yang sudah lama tidak bertaut jadi lebih erat kembali. Walaupun saat ini, hal tersebut terbilang jarang digunakan, namun tetap saja tidak ada salahnya jika Anda mengenal dan mempelajarinya. Ulasan kali ini akan membahas tentang jenis dan juga contoh personal letter dan artinya. 

Umumnya isi surat seperti ini digunakan untuk mengungkapkan beberapa hal seperti permintaan maaf, ucapan terima kasih, ucapan selamat atau juga berupa undangan. Sedangkan jika dilihat dari jenisnya, personal letter ini akan dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain :

Advertisement

  • Family letter

Ini adalah surat yang ditulis oleh salah satu anggota keluarga, pada anggota keluarga lainnya untuk tujuan memberikan berita. Untuk contoh personal letter, sendiri misalnya dari seorang anak yang sudah lama tidak pulang ke rumah, dan menanyakan tentang kondisi ibu dan keluarga di rumah. Atau juga cerita dari seorang anak yang berhasil melahirkan, namun tidak sempat memberikan kabar, karena satu dan lain hal. 

  • Pen Friend Letter 

Ini adalah surat pribadi yang tentunya dituliskan oleh seorang sahabat pena pada temannya. Untuk contohnya, misalnya saja tentang menanyakan kabar kegiatan kemah yang sedang dilakukan oleh teman tersebut. Bisa juga menanyakan tentang kabar liburan bersama keluarga atau hal lainnya.  

  • Fan Mails 

Ini adalah jenis surat yang ditujukan oleh seorang penggemar pada seseorang yang diidolakan. 

  • Holiday / Celebration Letter 

Adalah jenis surat yang umumnya ditulis untuk menceritakan pengalaman liburan seseorang pada temannya, atau juga ucapan selamat liburan pada temannya tersebut. Contoh personal letter dan artinya saja “Merry Christmas & Happy New Years, to my best friend” yang artinya “selamat hari natal dan tahun baru untuk sahabat saya”, lengkap detail informasi lainnya.  

  • Farewell Letter 

Advertisement

Jenis surat pribadi yang didalamnya, berisi tentang ucapan selamat tinggal atau salam perpisahan pada teman yang akan pindah negara atau keluar pulau, pindah rumah atau yang lainya. Contohnya saja “Selamat menikmati tinggal di tempat baru, semoga di tempat tersebut, kamu akan lebih bahagia” atau juga ungkapan lainnya.    

  • Get well letter

Adalah surat pribadi yang bertuliskan tentang ungkapan seorang teman, agar teman baiknya tersebut cepat pulih, dari sakit yang tengah diderita. 

  • Congratulations letter

Ini adalah jenis surat yang didalamnya membahas tentang ucapan selamat dari seorang teman, pada teman lainnya, dalam rangka pencapaian tertentu. Contohnya saja “Selamat atas kelahiran putera pertamamu, semoga menjadi anak yang sehat selalu”.  

  • Thank you letter

Adalah sebuah surat pribadi yang didalamnya memberikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh seorang teman atau sahabat pena, pada teman tersebut. Misalnya saja ucapan terima kasih, atas surat ucapan selamat yang sebelumnya sudah dikirim oleh teman tersebut, atau yang lainnya.  

  • Love letter 

ini adalah surat cinta yang tentunya tujuannya adalah mengungkapkan perasaan cinta seseorang pada orang yang dikasihi.

Lihat juga informasi penting ini:

Demikianlah ulasan tentang jenis dan contoh personal letter dan artinya, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

twenty − seventeen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy