Advertisement

Kartu Pengawas Ujian Nasional 2019 (UN/UNBK/USBN)

Katulis.com – Kali ini kita akan berbagi Contoh kartu Pengawas Ujian Nasional 2019 untuk UN,USBN atau UNBK, kartu ini bisa digunakan di semua jenjang pendidikan seperti SD, SMP, SMA sederajat lainnya.

Berhubung panitia atau pengawas Ujian Nasional memiliki jumlah tidak terlalu banyak maka membuat kartu dengan cara ini akan jauh lebih mudah dan efisien waktu.


Update: Aplikasi untuk mencetak kartu panitia secara otomatis sudah kami buat dilengkapi dengan video tutorialnya, silahkan lihat di bawah ini atau di Aplikasi Kartu Pengawas Ujian Nasional 2019.


Advertisement

Tim katulis.com telah membuat desain contoh kartu dengan 2 gaya / model berbeda. Jadi nanti anda tinggal pilih mana saja model yang mau digunakan sesuai dengan selera atau kebutuhannya.

Sebagai preview contoh kartu panitia unbk dan kartu pengawas ujian (contoh kartu pengawas unbk) tersebut bisa anda lihat melalui dua buah gambar berikut ini:

Contoh Model 1.

Model 1
Kartu Pengawas Ujian Model 1

Contoh Kartu Pengawas Ujian USBN / UN
Model 2.

Model 2
Kartu Pengawas UNBK Model 2

Cara Membuat Kartu Panitia Ujian Nasional 2019 dengan Mudah dan Lebih Cepat Menggunakan Aplikasi.

Pada bagian ini khusus kami buatkan aplikasi kartu pengawas unbk otomatis untuk membuat kartu panitia ujian dengan memanfaatkan fungsi Mailings Merge yang ada pada Microsoft Office dan mengintegrasikannya dengan Microsoft Excel sebagai database kartu.

Sebenarnya cara ini sudah tidak asing lagi, malahan telah banyak yang telah membuatnya. Namun tidak ada salahnya bagi kami untuk membuatnya lagi dan dilengkapi dengan cara menggunakannya melalui video tutorial yang singkat.

Untuk memulainya, kami persilahkan anda untuk mengunduh file yang akan digunakan dalam praktek. Berikut ini file dan tutorial lengkapnya:

Download File: Paket aplikasi kartu panitia ujian.rar


Video Tutorial Cara Membuat Kartu Panitia Ujian Nasional 2019

Setelah anda mengunduh file yang akan digunakan pada kasus ini, sekarang silahkan ikuti setiap langkah pada tutorial di bawah ini:

Tips: Apabila saat membuka file “CETAK KARTU” tidak menampilkan apa-apa maka pilihlah “NO” pada
notifikasi yang muncul saat pertama kali membuka file tersebut. Silahkan ikuti step by step selanjutnya.

Catatan: Siapkan foto para panitia dan beri nama setiap file foto tersebut dengan huruf kecil (satu kata saja tidak usah panjang-panjang) simpan di folder yang sama dengan aplikasi ini, selanjutnya jangan lupa untuk isi Kolom Foto pada file excel “DATA PANITIA” sesuai dengan nama-nama tadi, INGAT! jangan sampai ada yang berbeda!


Panduan Edit Kartu Pengawas Ujian Nasional 2019

Memang terlihat akan tidak mudah, namun itu hanya anggapan anda saja. Karena setelah mengikuti tutorial singkat berikut ini kami yakin anda akan dapat dengan mudah melakukan editing pada software tersebut.

Jika anda berminat untuk menggunakan kedua desain kartu pengawas ujian nasional tersebut maka silahkan download kartu pengawas ujian ini, namun perlu diperhatikan untuk mengedit file ini anda harus menginstal Gravit Designer terlebih dahulu, atau silahkan ikuti saja panduan membuatnya.

Download Software Gravit Designer di sini

Silahkan download terlebih dahulu kemudian instal di Laptop atau Komputer anda.

download gravit designer
download gravit designer

Download File Desain Kartunya di sini

Advertisement

File ini merupakan mentahan desain kartu pengawas ujian, simpan di desktop atau tempat yang mudah anda temukan.

Jalankan Gravit Designer dan buka file desain kartu

Setelah berhasil download dan instal software tersebut silahkan buka file deain kartunya melalui menu “Open from my Computer”.

membuat kartu pengawas ujian step 1
membuat kartu pengawas ujian step 1

Mulai Edit kartu pada bagian pentingnya saja

Editing dilakukan hanya pada bagian pentingnya saja seperti Judul, Nama Pengawas, NIP atau anda juga bisa menambahkan Nama Sekolah.

Edit Teks : untuk mengedit semua teks yang ada pada desain tersebut, anda hanya perlu klik 2x pada teks yang akan diedit.

Edit Foto: sedangkan untuk edit foto anda hanya perlu copy paste dari folder tempat penyimpanan foto atau bisa juga dilakukan dengan Drag and Drop.

edit kartu pengawas ujian nasional
edit kartu pengawas ujian nasional

Save Desain menjadi Gambar

Kita anggap saja anda telah selesai mengedit background kartu pengawas ujian nasional, sekarang klik tombol panah di sebalah sudut kanan atas pada software Gravit Designer, kemudian pilih Export (tombol bagian bawah).

save contoh kartu ujian nasional
save contoh kartu ujian nasional

Cetak Kartu Pengawas Ujian Nasional 2019

Setelah semua kartu telah diedit dan tersimpan, maka kita lanjut ke pencetakan. Untuk memudahkan anda sebaiknya cetak semua kartu melalui Microsoft Word, karena Ms. Word sudah sangat familiar dengan pekerjaan kita di kantor jadi dipastikan akan sangat mudah. Anda hanya perlu Copy Paste kartu kemudian atur-atur ukurannya.

Berikut ini 2 contoh kartu panitia ujian nasional dan contoh kartu pengawas unbk 2019 , berbeda desain namun tetap memiliki isian data yang sama, kira-kira anda memilih yang mana? Dipilih saja sesuai kebutuhan, yang jelas kami menyarankan supaya anda segera download aplikasi cetak kartu pengawas ujian di atas.

cetak kartu pengawas ujian nasional 2019
Inilah contoh desain kartu ujian nasional – cetak kartu pengawas ujian nasional 2019

Dengan adanya contoh kartu panitia usbn ini anda bisa membuat kartu pengawas UNBK 2019. Seperti yang kita ketahui telah banyak sekolah memiliki fasilitas komputer memadai terutama di kota-kota besar.

Sebenarnya tidak hanya itu saja, kartu panitia unbk 2019 pun bisa anda buat menggunakan aplikasi mail merge ini, silahkan download download kartu panitia unbk 2019 yang telah kami share di bagian atas paragraf. Sangat fleksibel untuk digunakan saat membuat berbagai macam kartu terkait dengan ujian nasional.

Selain itu, bagi Sekolah Dasar bisa juga membuat kartu pengawas USBN / kartu usbn 2019 dengan mudah menggunakan aplikasi kartu pengawas usbn ini. Sebaiknya para pengurus pelaksanaan Ujian segera mempersiapkannya dari sekarang karena sebentar lagi pelaksanaan Ujian Nasional segera berlangsung.

Sebagai tambahan informasi mengenai cara membuat kartu pengawas ujian nasional, anda bisa melihat di beberapa artikel yang telah diterbitkan pada waktu sebelumnya jika semua informasi pada halaman ini dirasa kurang lengkap.

Pada intinya dua desain yang telah kami bagikan tersebut bisa anda jadikan sebagai contoh kartu panitia unbk 2019 dan kartu pengawas. Contoh kartu unbk dan contoh kartu pengawas ujian sekolah memungkinkan juga sebagai referensi contoh kokarde panitia ujian nasional. Maka kami persilahkan anda menggunakan aplikasi cetak kartu pengawas unbk ini.

Perlu anda ketahui aplikasi ini pun bisa untuk membuat kartu pengawas usbn 2019 atau kartu panitia usbn 2019, jadi tidak hanya untuk sekolah tingkat menengah pertama dan sekolah menengah atas saja melainkan sekolah dasar pun sangat memungkinkan. Anda juga bisa melihat contoh kartu pengawas usbn 2019 pada paragraf ke enam dari artikel ini. Karena pada dasarkan aplikasi yang akan anda gunakan ini sangat fleksibel, bisa juga untuk membuat format kartu pengawas unbk.

Untuk contoh kartu pengawas usbn anda bisa melihat 2 desain yang telah kami sampaikan di bagian awal artikel ini, namun jika anda ingin menggunakan versi otomatis (aplikasi) maka silahkan gunakan aplikasi tersebut dengan desain background model 2.

O iya satu hal lagi, nanti kami akan post artikel tentang kartu ujian nasional 2019 termasuk aplikasi kartu peserta usbn 2019, contoh kartu ujian usbn mungkin diantara anda semua anda yang membutuhkannya, maka gunakanlah aplikasi pembuatan kartu peserta ujian (klik saja linknya).

Sepertinya hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa contoh dan mencetak kartu pengawas UN/USBN/UNBK tahun pelajaran 2019. Mudah-mudahan anda tertarik dengan desain sederhana ini. Selamat Bekerja!

Catatan: Apabila anda merasa kurang paham atau kesulitan saat praktek menggunakan kartu pengawas ujian nasional SD, SMP dan SMA ini, jangan sungkan untuk menanyakan langsung kepada kami melalui kotak komentar.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

thirteen + 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy