KKM K13 Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru

Katulis – Melanjutkan dari tulisan sebelumnya, sekarang kami coba bagikan KKM K13 Kelas 5 SD untuk Semester 1 dan 2 hasil Revisi Terbaru guna membantu semua rekan Guru dalam melengkapi perangkat pembelajaran Kurikulum 2013.

Sudah pasti Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ini sangatlah diperlukan demi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar, sebab dokumen yang satu ini sangat memiliki peran penting terutama untuk mengukur kemampuan para peserta didik dalam mencapai kompetensi sesusai bidang mata pelajaran tertentu.

Ketika Guru ingin mengetahui sejauh mana kemampuan para peserta didiknya, maka dengan adanya Kriteria Ketuntasan Minimal ini semua itu dapat diukur dan diketahui. Tetapi hal tersebut hanya sebagai refleksi saja, karena semuakembali lagi kepada para tenaga pengajar yang diharuskan lebih memahami para peserta didiknya.

Pratinjau Berkas Contoh KKM K13 Revisi Terbaru

KKM K13 Kelas 5 SD Revisi Terbaru
KKM K13 Kelas 5 SD Revisi Terbaru

Download Format KKM K13 SD Kelas 5 Revisi Terbaru

Penentuan KBM atau KKM Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/Mi dapat dilakukan oleh masing-masing Guru secara bebas. Tetapi harus melalui diskusi antara kepala sekolah maupun masing-masing Guru mapel. Guna mendukung kegiatan tersebut, kami telah menyertakan contohnya untuk dijadikan bahan perbandingan.

Tips:

Cara Menggunakan Aplikasi KKM K13 Kelas 5 SD Format Excel

Sama seperti apa yang telah kami sampaikan sebelumnya, untukd apat menggunakan aplikasi KKM/KBM Kelas V SD/MI dalam bentuk format excel ini anda harus mengikut langkah-langkah sebagai berikut!

  1. Mengisi semua data pada kolom yang disesuaikan dengan kondisi sekolah sesuai dengan kesepakatan rapat bersama kepala sekolah dan pihak tenaga kependidikan lain.
  2. Input Nilai Data pada kolom Mata pelajaran, maka nilai KKM akan terbentuk secara otomatis.
  3. Simpan aplikasi ke Laptop atau Komputer, bisa juga langsung di flashdisk.

Lihat Juga KBM K13 Kelas Lain:

3 Aspek menentukan KBM K13 SD Kelas 5 Revisi Terbaru

Kebebasan Guru dalam menentukan nilai KKM tidaklah sepenuhnya luluasa sebab anda harus tetap mengikuti beberapa aspek yang harus ditentukan misalnya seperti:

  1. karakteristik peserta didik (intake)
  2. karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi / kompetensi), dan;
  3. kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Pernyataan KKM biasanya dinilai antara angka 1 sampai dengan 100.

Prosedur Penetapan KKM K13 Kelas 5 SD Revisi

Begitupun dengan melakukan penetapan nilai pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), ada beberapa hal penting yang harus anda ikuti sesuai prosedur berikut!

  • Menghitung jumlah KD setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.
  • Menentukan karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), nilai aspek karakteristik peserta didik (intake) dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung).
  • Penetapan KKM/KBM 2013 harus melalui rapat bersama antara Guru, Kepalasa Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan lain yang tentunya ikut berperan penting dalam hal tersebut.

Perangkat Pembelajaran K13 Kelas 5 SD Revisi Terbaru

Semua contoh file yang telah kami bagikan di atas terkait Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM/KBM) seperti yang telah dijelaskan di atas tersebut itu hanyalah sekedar contoh semata. Silahkan anda perbaiki dan kembangkan sesuai kebutuhan masing-masing.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.