Kunci Jawaban Soal PAS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi Terbaru

Katulis.com – Berikut ini Kunci Jawaban Soal PAS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2019 dilengkapi dengan pembahasannya untuk membantu Guru memudahkan pada saat memeriksana lembar jawaban siswa pada kegiatan Penilaian Akhir Semester.

Penilaian Akhir Semester (PAS) yang pada awalnya disebut dengan istilah UAS (Ujian Akhir Semester) sekarang telah berubah, namun meskipun begitu hanya nama saja yang berubah. Mengenai fungsi, maksud dan tujuannya masih saja tetap sama serta perubahan ini setahu kami hanya terjadi pada jenajang pendidikan SD dan SMP.

Pada tulisan kami sebelumnya sudah dibagikan Soal PAS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2019, jika anda menggunakannya secara utuh sebagai soal UAS, maka akan kunci jawaban ini akan sangat berguna karena semuanya sudah tersedia lengkap dengan pembahasan perbutir pertanyaan.

Pratinjau Kunci Jawaban Soal PAS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2019

Kunci Jawaban PAS/UAS Kelas 4 Semester 1 – Penilaian Akhir Semester
Kelas : 4
Semester : 1
________________________________________

Kunci Jawaban PAS/UAS Kelas 4 Semester 1 Pilihan Ganda
1. Jawaban : a
Pembahasan : Sudah jelas.

2. Jawaban : a
Pembahasan : Berangkat untuk mengerjakan tugas kelompok meskipun hujan merupakan sikap yang sesuai makna sila keempat Pancasila, yaitu mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama. Tugas kelompok harus dikerjakan bersama-sama karena merupakan kepentingan seluruh anggota kelompok.

3. Jawaban : d
Pembahasan : Jika sampah dibuang di lorong pasar, semakin lama pasar akan menjadi kotor. Sampah akan menimbulkan bau dan banyak lalat.

4. Jawaban : a
Pembahasan : Salah satu kewajiban sebagai warga Indonesia adalah menjaga habitat hewan liar. Selain menjaga kelestarian hewan, habitat hewan liar yang terjaga juga bermanfaat bagi masyarakat.

5. Jawaban : c
Pembahasan : Lomba bakiak adalah lomba yang dilakukan secara berkelompok. Kita harus bekerja sama saat mengikuti lomba ini. Kegiatan ini juga merupakan wujud dari kebersamaan.

6. Jawaban : c
Pembahasan : Upacara bendera dapat melatih kedisiplinan warga sekolah. Semua warga sekolah harus hadir tepat waktu untuk mengikuti upacara.

7. Jawaban : b
Pembahasan : Gagasan pokok dalam teks dijelaskan pada kalimat utama di awal paragraf, yaitu Indonesia memiliki keanekaragaman bahan makanan pokok selain beras. Jadi, gagasan pokok dalam paragraf yang tepat adalah masyarakat Indonesia memiliki aneka ragam makanan pokok.

8. Jawaban : c
Pembahasan : Kalimat utama atau kalimat pokok atau kalimat inti adalah kalimat yang memuat inti paragraf.

9. Jawaban : c
Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari teks:
• Energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan sapu tangan yang basah.
• Energi matahari bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

10. Jawaban : c
Pembahasan : Suatu paragraf dianggap memiliki syarat keutuhan jika setiap kalimat dalam paragraf mendukung gagasan pokok paragraf sehingga membentuk sebuah paragraf yang utuh.

11. Jawaban : a
Pembahasan : Urutan laporan hasil wawancara yang benar adalah latar belakang, maksud dan tujuan, topik wawancara, waktu dan tempat kegiatan, laporan hasil, kesimpulan.

12. Jawaban : a
Pembahasan : Kata tanya mengapa digunakan untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinya suatu peristiwa. Informasi yang didapat berupa keterangan alasan terjadinya sesuatu hal dan biasanya menggunakan kata karena atau sebab.

13. Jawaban : c
Pembahasan : Kerangka poster adalah pengembangan dari topik dan tujuan poster yang sudah dibuat.

14. Jawaban : d
Pembahasan : Menulis teks petunjuk berdasarkan langkah-langkah percobaan dilakukan secara urut dari awal sampai akhir.

15. Jawaban : d
Pembahasan : Tema adalah ide pokok cerita.
Tema cerita di atas adalah Andika murid yang nakal.

16. Jawaban : c
Pembahasan : Sifat tokoh dalam penggalan cerita di atas adalah curiga karena setiap ada orang yang berbicara, ia beranggapan orang itu pasti sedang membicarakannya.

17. Jawaban : c
Pembahasan : Hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis pertanyaan sesuai isi teks adalah sebagai berikut.
• Menentukan hal yang ingin ditanyakan terlebih dahulu.
• Membuat pertanyaan dengan kata tanya yang tepat.
• Pertanyaan harus sesuai dengan topik yang akan kita tanyakan.
• Membuat pertanyaan sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi lengkap.

18. Jawaban : b
Pembahasan : Cara menceritakan kembali isi teks:
• membaca teks dengan saksama
• memahami isi teks
• menuliskan peristiwa dalam teks secara runtut dengan memperhatikan ejaan yang benar.

19. Jawaban : b
Pembahasan : Pada saat melakukan presentasi, kontak mata tertuju kepada orang yang diajak bicara.

20. Jawaban : b
Pembahasan : Postur dan bahasa tubuh yang tepat saat presentasi adalah tegak dan percaya diri.

21. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

22. Jawaban : b
Pembahasan : Sudah jelas.

23. Jawaban : b
Pembahasan : Sudah jelas.

24. Jawaban : d
Pembahasan : Bagian-bagian tubuh tumbuhan yang utama adalah akar, batang, daun, buah, bunga dan biji.

25. Jawaban : d
Pembahasan : Menggunakan lampu neon dapat menghemat energi listrik. Lampu neon adalah lampu yang lebih hemat listrik dibanding lampu pijar/bohlam biasa.

26. Jawaban : c
Pembahasan : Tubuh dapat tersetrum ketika kita tidak memperhatikan penggunaan alat listrik dengan benar, misalnya tangan basah saat memegang peralatan listrik.

27. Jawaban : b
Pembahasan : Jeruk nipis memiliki kandungan zat kimia yang dapat menghantarkan listrik sehingga dapat digunakan untuk melakukan percobaan baterai buah.

28. Jawaban : d
Pembahasan : Energi listrik merupakan sebagian besar dari energi alternatif yang ada di bumi.

29. Jawaban : b
Pembahasan : Halaman rumah merupakan ruangan terbuka sehingga bunyi yang dipantulkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk merambat dan mengakibatkan bunyi terdengar tidak nyaring.

30. Jawaban : d
Pembahasan : Gelombang bunyi merambat melalui benang yang merupakan media padat.

31. Jawaban : a
Pembahasan : Cahaya hanya dapat diteruskan jika mengenai benda bening. Buku tidak termasuk benda bening sehingga tidak dapat meneruskan cahaya.

32. Jawaban : c
Pembahasan : Cara kerja lampu senter memanfaatkan sifat cermin cekung, yakni jika ruang bayangan lebih besar dari ruang benda maka sifat bayangan akan diperbesar.

33. Jawaban : b
Pembahasan : Sudah jelas.

34. Jawaban : d
Pembahasan : Pelestarian burung cenderawasih dapat dilakukan dengan tidak memburu burung tersebut dan tidak menggunakan bulu indahnya sebagai bahan aksesori. Sebagai gantinya, kita dapat menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk membuat aksesori.

35. Jawaban : c
Pembahasan : Hewan yang diambil daging, telur, dan tempurungnya adalah penyu. Beberapa jenis penyu masuk dalam daftar hewan yang dilindungi. Oleh karena itu, kita harus melestarikan penyu dengan tidak mengonsumsi daging dan telur penyu. Sebaiknya, kita juga tidak membeli hiasan dari tempurung penyu.

36. Jawaban : b
Pembahasan : Nama tanaman obat pada gambar tersebut adalah merica. Merica mempunyai nama lain yaitu lada.

37. Jawaban : c
Pembahasan : Gambar tersebut adalah rumah Gapura Candi Bentar yang berasal dari Provinsi Bali.

38. Jawaban : a
Pembahasan : Sudah jelas.

39. Jawaban : a
Pembahasan : Kegiatan membuat pola baju termasuk kegiatan produksi.

40. Jawaban : c
Pembahasan : Kayu gelondongan, padi, dan kapas adalah termasuk bahan baku yang akan di produksi menjadi berbagai jenis barang jadi seperti kursi, baju, sepatu, tas, dan lain-lain.

41. Jawaban : a
Pembahasan : Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai terletak di Aceh.

42. Jawaban : c
Pembahasan : Salah satu kerajaan yang bercorak Buddha di Indonesia adalah Kerajaan Kalingga. Kerajaan Tarumanegara, Majapahit, dan Singosari adalah kerajaan yang bercorak Hindu.

43. Jawaban : c
Pembahasan : Gambar rumah pada pilihan a, b, dan d termasuk contoh gambar rumah tiga dimensi yang bentuknya unik, menarik, dan kreatif. Sedangkan gambar rumah pada pilihan c termasuk rumah dengan bentuk yang biasa dan wajar seperti umumnya rumah biasa.

44. Jawaban : c
Pembahasan : Menggambar benda-benda alam seperti pepohonan dan batu-batuan berarti menggambar bentuk bebas. Menggambar bentuk bebas berarti menggambar benda-benda yang bentuknya tidak beraturan.

45. Jawaban : b
Pembahasan : Notasi angka dengan tanda titik di bawahnya berarti dinyanyikan dengan nada rendah. Tanda titik yang ada di bawah notasi angka menandakan bahwa notasi tersebut memiliki nada rendah.

46. Jawaban : c
Pembahasan : Garis mendatar yang terdapat di atas not adalah tanda nilai ketukan. Garis ini dapat membagi nilai nada menjadi ½, ¼, atau 1/8 ketukan.

47. Jawaban : a
Pembahasan : Sesuai namanya, lagu yang digunakan untuk mengiringi tari Bungong Jeumpa adalah Bungong Jeumpa. Lagu Bungong Jeumpa merupakan lagu daerah Aceh yang sangat populer di nusantara.

48. Jawaban : b
Pembahasan : Sudah jelas.

49. Jawaban : b
Pembahasan : Sudah jelas.

50. Jawaban : d
Pembahasan : Sudah jelas.

Kunci Jawaban PAS/UAS Kelas 4 Semester 1 Isian
1. Jawaban : kemerdekaan
Pembahasan : Sikap Bung Tomo yang mencerminkan nilai Pancasila adalah mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bung Tomo membangkitkan semangat rakyat Indonesia melalui pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

2. Jawaban : kewajiban
Pembahasan : Mendaur ulang kertas termasuk kegiatan melaksanakan kewajiban menghemat penggunaan kertas.

3. Jawaban : perselisihan
Pembahasan : Jika kita bisa bekerja sama dengan baik, maka kebersamaan dalam keragaman akan terus terjaga, serta tidak akan ada perselisihan di masyarakat. Masyarakat akan hidup berdampingan dengan tenang dan tenteram.

4. Jawaban : (1)
Pembahasan : Kalimat pokok merupakan kalimat yang mengandung inti paragraf. Kalimat pokok pada paragraf tersebut terletak di awal paragraf atau ditunjukkan oleh nomor (1), yaitu Indonesia merupakan negara kepulauan yang tanahnya subur.

5. Jawaban : gagasan pokok, gagasan pendukung
Pembahasan : Hubungan antargagasan dalam suatu paragraf bisa kita tentukan setelah kita menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

6. Jawaban : format laporan
Pembahasan : Hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis laporan wawancara adalah sebgai berikut.
1. Informasi yang disampaikan sesuai hasil wawancara.
2. Ditulis lengkap dan urut sesuai dengan format yang benar.
3. Menggunakan huruf kapital yang tepat.
4. Menggunakan tanda baca yang tepat.
5. Menggunakan kosakata yang baku.
6. Menggunakan kalimat efektif.

7. Jawaban : pesan yang ingin disampaikan
Pembahasan : Sudah jelas.

8. Jawaban : perkataan tokoh
Pembahasan : Sudah jelas.

9. Jawaban : tiga pasang kaki
Pembahasan : Sudah jelas.

10. Jawaban : penjepit buaya
Pembahasan : Penjepit buaya terbuat dari besi sehingga termasuk benda konduktor (mampu menghantarkan listrik).

11. Jawaban : menyeimbangkan tekanan udara
Pembahasan : Saluran eustachius merupakan saluran penghubung telinga tengah dan rongga mulut yang berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan di luar telinga.

12. Jawaban : perkebunan
Pembahasan : Kelapa sawit diperoleh dari hasil perkebunan.

13. Jawaban : DI Yogyakarta
Pembahasan : Sudah jelas.

14. Jawaban : teknik gradasi
Pembahasan : Teknik mewarnai yang dilakukan dengan cara menyusun pewarnaan dari terang ke gelap disebut teknik gradasi.

15. Jawaban : rekaman
Pembahasan : Menyimak pertunjukan musik dapat dilakukan secara langsung atau melalui rekaman. Rekaman dapat berupa rekaman dari kaset atau CD dan rekaman dari radio.

Kunci Jawaban PAS/UAS Kelas 4 Semester 1 Essay/Uraian
1. Jawaban : Bahan utama pembuatan kertas adalah kayu dan air. Kayu dan air diolah dengan mesin yang menggunakan energi sangat besar. Jika kita menghemat kertas, kita ikut menghemat energi, mengurangi penebangan pohon di hutan, serta menghemat penggunaan air. Dengan demikian, kita juga ikut menjaga kelestarian lingkungan.
Pembahasan :

2. Jawaban : Made dan teman-teman dapat belajar hal-hal berikut ketika berjualan.
• Belajar lebih bersabar.
• Belajar menghitung uang lebih cepat.
• Belajar mengemas makanan lebih baik.
• Belajar menghargai perbedaan antarteman.
Pembahasan :

3. Jawaban : Macam-macam sumber informasi:
• buku
• internet
• majalah
• koran
• sumber ahli
Pembahasan : Macam-macam sumber informasi:
• buku
• internet
• majalah
• koran
• sumber ahli

4. Jawaban : Informasi yang diperoleh dari teks bacaan:
• Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889.
• Nama asli Ki Hajar Dewantara ialah Raden Mas Suwardi Surjaningrat.
• Ki Hajar Dewantara merupakan putra dari Pangeran Sasraningrat.
• Ki Hajar Dewantara mengetahui campur tangan Belanda.
Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari teks bacaan:
• Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889.
• Nama asli Ki Hajar Dewantara ialah Raden Mas Suwardi Surjaningrat.
• Ki Hajar Dewantara merupakan putra dari Pangeran Sasraningrat.
• Ki Hajar Dewantara mengetahui campur tangan Belanda.

5. Jawaban : Sifat pemantulan cahaya dapat digunakan untuk berkomunikasi yaitu dengan menggunakan cermin. Cermin diarahkan ke cahaya matahari sehingga cahaya matahari memantul melalui cermin. Pantulan cermin kemudian diarahkan ke dinding atau bangunan untuk memberi kode kepada lawan bicara.
Pembahasan : Sifat pemantulan cahaya dapat digunakan untuk berkomunikasi yaitu dengan menggunakan cermin. Cermin diarahkan ke cahaya matahari sehingga cahaya matahari memantul melalui cermin. Pantulan cermin kemudian diarahkan ke dinding atau bangunan untuk memberi kode kepada lawan bicara.

6. Jawaban : Perburuan liar yang tidak dicegah menyebabkan jumlah burung cenderawasih berkurang. Jika jumlah burung cenderawasih terus berkurang, maka dapat menyebabkan kelangkaan dan bahkan punah.
Pembahasan : Perburuan liar yang tidak dicegah menyebabkan jumlah burung cenderawasih berkurang. Jika jumlah burung cenderawasih terus berkurang, maka dapat menyebabkan kelangkaan dan bahkan punah.

7. Jawaban : Teknologi produksi adalah alat atau cara untuk menghasilkan barang dengan lebih cepat dan lebih baik.
Pembahasan : Teknologi produksi adalah alat atau cara untuk menghasilkan barang dengan lebih cepat dan lebih baik.

8. Jawaban : Alasan Pattimura mengadakan perlawanan terhadap Belanda antara lain sebagai berikut.
1. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku.
2. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.
3. Belanda merencanakan akan menjadikan orang-orang Maluku sebagai serdadu untuk dikirim ke Batavia.
Pembahasan : Alasan Pattimura mengadakan perlawanan terhadap Belanda antara lain sebagai berikut.
1. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku.
2. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.
3. Belanda merencanakan akan menjadikan orang-orang Maluku sebagai serdadu untuk dikirim ke Batavia.

9. Jawaban : Formasi zig-zag yaitu para penari membentuk posisi berselang seling seperti garis zig-zag.
Berikut ini gambar formasi zig-zag.

Pembahasan :

10. Jawaban : Contoh karya seni dengan teknik tempel yaitu:
• kolase
• montase
• mozaik

Download Kunci Jawaban PAS/UAS Kelas 4 Semester 1

Kami persilahkan Bapak/Ibu Guru untuk segera unduh filenya, jangan lupa untuk mengunduh semua berkas pelengkapnya dengan demikian pekerjaan anda dalam memersiapkan semua kebutuhan pelaksanaan Ujian Akhir Semester akan jauh lebih mudah.

Lihat juga soal PAS/UAS Kelas Lainnya:

Demikianlah informasi terkait dengan Kunci Jawaban untuk Soal UAS/PAS Kelas 4 Semester 1. Semoga bermanfaat!

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like
2 Comments
  1. idhil akbar says

    min, untuk kelas 4 yang soal PAS semester 2 belum ada ya min? sy sdh cari2 di web ini gak nemu.

    ditunggu balasannya.
    salam

    1. admin says

      Terima kasih mas idhil Akbar sudah menulis komentar.

      Terkait soal PAS Semester 2 untuk kelas 4, katulis belum memilikinya.
      Nunggu Pembelajaran semester 2 dilaksanakan, baru katulis akan mencoba untuk membuatkannya, hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.