Kunci Jawaban Soal PH Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Terbaru

Katulis.com – Berikut ini file Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Terbaru yang didalamnya sudah terdapat semua jawaban dari soal yang telah kami bagikan pada tulisan sebelumnya.

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 4 Tema 3 akan cukup membantu Guru mempermudah pemeriksaan lembar jawaban semua peserta didik, selain itu anda pun dapat langsung menjelaskan semua materi dari setiap butir soal pertanyaan yang telah berhasil dijawab maupun belum.

Ulasan Kunci Jawaban Soal Penilaian Harian/UH Kelas 4 Tema 3

Penilaian Harian
Kelas : 4
Tema : 3
________________________________________

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 4 Tema 3 Pilihan Ganda
1. Jawaban : c
Pembahasan : Menanam pohon di lingkungan sekitar akan menjadikan lingkungan lebih indah dan asri. Pohon juga akan menjadi peneduh dan membuat udara lebih segar.

2. Jawaban : a
Pembahasan : Tanaman di pot harus disiram secara teratur agar tidak layu. Sikap tersebut termasuk sikap positif menjaga lingkungan.

3. Jawaban : d
Pembahasan : Jika tanaman di halaman rumah layu karena kekeringan, sebaiknya kita segera menyiramnya agar tanaman itu tidak mati.

4. Jawaban : d
Pembahasan : Ale tidak boleh mengisi akuarium dengan ikan sebanyak-banyaknya. Hal tersebut akan menghilangkan hak ikan untuk hidup dengan baik.

5. Jawaban : b
Pembahasan : Kalimat pertanyaan tersebut menanyakan tentang proses pertumbuhan kacang hijau.
Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan keadaan atau proses terjadinya suatu hal adalah bagaimana.

6. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

7. Jawaban : a
Pembahasan : Pertanyaan yang sesuai dengan topik wawancara adalah pertanyaan a.
Pertanyaan b, c, dan d tidak membahas tentang tanaman padi.

8. Jawaban : c
Pembahasan : Kata tanya apa/apakah digunakan untuk menanyakan benda, keadaan, atau perbuatan. Informasi yang didapat berupa benda, pengertian, penjelasan, atau penegasan.

9. Jawaban : b
Pembahasan : Jika tumbuhan tidak memiliki akar, maka tumbuhan akan mudah roboh sebab akar berfungsi untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan.

10. Jawaban : b
Pembahasan : Sudah jelas.

11. Jawaban : d
Pembahasan : Hewan yang tidak terawat memiliki mata yang berair, bernanah, bola mata terlihat keruh, juling, dan bahkan buta.

12. Jawaban : d
Pembahasan : Sudah jelas.

13. Jawaban : b
Pembahasan : Gambar tersebut adalah bentang alam pegunungan. Pegunungan adalah tempat yang terdiri atas gunung-gunung dengan jumlah lebih dari satu.

14. Jawaban : b
Pembahasan : Contoh hewan yang hidup di darat adalah cicak. Udang, ikan, dan kerang adalah contoh hewan yang hidup di air.

15. Jawaban : d
Pembahasan : Sudah jelas.

16. Jawaban : b
Pembahasan : Merusak hutan adalah contoh kegiatan yang dapat menghilangkan habitat asli hewan dan tumbuhan.

17. Jawaban : c
Pembahasan : Langkah-langkah apresiasi karya seni adalah kegiatan mengamati, menghayati, dan menilai. Kegiatan mencontek bukan termasuk langkah-langkah apresiasi karya seni.

18. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

19. Jawaban : c
Pembahasan : Karya seni tersebut termasuk karya seni rupa teknik tempel tiga dimensi, sebab karya tersebut memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi atau volume.

20. Jawaban : d
Pembahasan : Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat montase yaitu majalah, gunting, lem, dan kertas gambar. Pewarna tidak kita butuhkan sebab montase tidak perlu diwarnai.

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 4 Tema 3 Soal Isian
1. Jawaban : rutin
Pembahasan : Sudah jelas.

2. Jawaban : merugikan
Pembahasan : Sudah jelas.

3. Jawaban : Di mana wawancara dilakukan?
Pembahasan : Kalimat jawaban tersebut menunjukkan tempat terjadinya sesuatu. Kata tanya yang tepat yaitu di mana.
Kalimat pertanyaan yang tepat untuk jawaban di atas adalah Di mana wawancara dilakukan?

4. Jawaban : petani jagung
Pembahasan : Sesuai daftar pertanyaan tersebut, wawancara yang akan dilakukan membahas tentang tanaman jagung. Narasumber yang tepat sesuai daftar pertanyaan tersebut adalah petani jagung.

5. Jawaban : dua
Pembahasan : Rambutan dan kacang tanah termasuk ke dalam jenis biji berkeping dua. Tumbuhan dengan biji berkeping dua juga sering disebut tumbuhan dikotil.

6. Jawaban : obat
Pembahasan : Sudah jelas.

7. Jawaban : mencintai
Pembahasan : Gambar tersebut adalah merawat hewan. Kegiatan merawat hewan merupakan contoh sikap mencintai lingkungan.

8. Jawaban : mencintai
Pembahasan : Sudah jelas.

9. Jawaban : tempel
Pembahasan : Sudah jelas.

10. Jawaban : perpaduan dan komposisi warna
Pembahasan : Perpaduan dan komposisi warna harus diperhatikan saat menyusun mozaik menggunakan cangkang telur.

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 4 Tema 3 Essay/Uraian
1. Jawaban : Dampak sikap tidak bijak terhadap tumbuhan adalah sebagai berikut.
1. Terjadi bencana alam.
2. Kelangkaan tumbuhan.
3. Hak orang lain tidak terpenuhi.
4. Lingkungan menjadi tidak nyaman.
Pembahasan :

2. Jawaban : Daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan seorang nelayan:
• Bagaimana cara Bapak mendapatkan ikan?
• Ikan apa yang paling banyak Bapak dapatkan?
• Sejak kapan Bapak mulai menekuni pekerjaan sebagai nelayan?
Pembahasan :

3. Jawaban : Pertumbuhan tanaman padi bermula dari biji padi. Biji padi yang direndam akan berkecambah. Bakal akar dan tunas akan tumbuh menonjol keluar dan muncul ke permukaan. Lalu, batang padi akan tumbuh semakin memanjang. Bibit padi tumbuh menjadi padi muda. Padi muda tumbuh menjadi padi dewasa. Padi dewasa siap berbunga kemudian berbuah. Buah pada tanaman padi disebut gabah. Gabah adalah butir padi yang ada di dalam sekam. Gabah yang telah dipanen kemudian ditumbuk dengan lesung atau digiling sampai sekam terlepas dari isinya.

Pembahasan : Pertumbuhan tanaman padi bermula dari biji padi. Biji padi yang direndam akan berkecambah. Bakal akar dan tunas akan tumbuh menonjol keluar dan muncul ke permukaan. Lalu, batang padi akan tumbuh semakin memanjang. Bibit padi tumbuh menjadi padi muda. Padi muda tumbuh menjadi padi dewasa. Padi dewasa siap berbunga kemudian berbuah. Buah pada tanaman padi disebut gabah. Gabah adalah butir padi yang ada di dalam sekam. Gabah yang telah dipanen kemudian ditumbuk dengan lesung atau digiling sampai sekam terlepas dari isinya.

4. Jawaban : Kita harus memilih jenis hewan dan lingkungan yang sesuai. Dalam memilih jenis hewan, kita harus memperhatikan iklim dan karakteristik alam karena dua hal itu mempengaruhi kemampuan hidup di lingkungan tertentu.

Pembahasan : Kita harus memilih jenis hewan dan lingkungan yang sesuai. Iklim dan karakteristik alam mempengaruhi jenis hewan yang mampu hidup di lingkungan tersebut.

5. Jawaban : Sikap subjektif artinya dalam menilai sebuah karya dipengaruhi oleh perasaan pribadi dan khusus. Kita menilai suatu karya seni menurut selera, pemikiran, dan perasaan kita sendiri.

Download Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 4 Tema 3 lengkap dengan Kunci Jawaban

Silahkan unduh sekarang juga Kunci Jawaban Soal Penilan Harian Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Terbaru yang telah dilengkapi Penjelasan materi (Pembahasan) per butir pertanyaan sesuai jawabannya, dengan demikian guru bisa langsung menjelaskan sesuai materi kepada siswa-siswi.

Dapatkan segera file kunci jawabannya dalam bentuk format doc dengan cara membuka tautan yang telah tersedia, unduh juga beberapa file pendukung diantaranya yaitu contoh soal dan Kisi-kisinya.

Dapat Kunci Jawaban Tema Lainnya melalui halaman berikut:

Demikian file Kunci Jawaban Soal Penilaian Harian Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Terbaru kami bagikan, semoga dapat mempermudah guru dalam pemeriksaan lembar jawaban latihan ulangan harian.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.