Kunci Jawaban Soal PH Kelas 5 Tema 2 K13 Revisi 2020

Katulis.com – Berikut ini kami bagikan lagi Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 5 Tema 2 K13 Revisi Terbaru ini untuk membantu anda terutama saat melakukan pemeriksaan lembar jawaban para peserta didik, dengan demikian Guru tidak perlu mencari jawaban dari setiap soal.

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 5 Tema 2 ini telah dilengkapi dengan pembahasan untuk setiap jawaban sesuai materi pelajaran, maka akan memudahkan bagi para guru untuk bisa langsung menerangkan kepada peserta didik.

Ulasan Kunci Jawaban Soal Penilaian Harian/UH Kelas 5 Tema 2

Penilaian Harian
Kelas : 5
Tema : 2
________________________________________

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 5 Tema 2 Pilihan Ganda
1. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

2. Jawaban : d
Pembahasan : Sudah jelas.

3. Jawaban : a
Pembahasan : Pemerintah melakukan penetapan Tahun Baru Tionghoa/Imlek sebagai hari libur nasional sebagai perwujudan antidiskriminasi bagi seluruh warga negara Indonesia.

4. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

5. Jawaban : b
Pembahasan : Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, ubi, labu kuning, bayam, melon, susu, keju, margarin, dan minyak ikan. Jawaban bisa kita temukan pada kalimat ketiga.

6. Jawaban : b
Pembahasan : Sesuai paragraf tersebut, fungsi vitamin A meliputi:
• memelihara penglihatan,
• membantu pertumbuhan serta reproduksi tulang dan gigi, serta
• mencegah tubuh dari serangan kanker.

7. Jawaban : c
Pembahasan : Jawaban dari pertanyaan pilihan c terdapat pada teks.
Pertanyaan : Bagaimana proses pernapasan pada cacing tanah?
Jawaban : Darah cacing yang mengandung hemoglobin mengikat oksigen masuk melalui kulit, kemudian diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Setelah diedarkan, zat sisa pernapasan berupa karbon dioksida dan uap air kembali dikeluarkan dari tubuh melalui permukaan kulit.

8. Jawaban : a
Pembahasan : Informasi penting dari paragraf tersebut adalah konsumsi listrik harus dibatasi agar tidak tidak terjadi lonjakan harga energi di pasar.

9. Jawaban : d
Pembahasan : Kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok.

10. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

11. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

12. Jawaban : c
Pembahasan : Makan sebanyak-banyak bukan merupakan cara memelihara organ pernapasan. Cara memelihara organ pernapasan yaitu mengonsumsi makanan yang sehat, bersih, dan bergizi.

13. Jawaban : c
Pembahasan : Karet adalah contoh tanaman perkebunan.

14. Jawaban : c
Pembahasan : Koperasi konsumsi adalah usaha bersama yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya beras, gula, minyak, sabun, peralatan rumah tangga, dan barang elektronik.

15. Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.

16. Jawaban : d
Pembahasan : Sudah jelas.

17. Jawaban : a
Pembahasan : Gambar cerita biasanya memiliki tema tertentu. Tema adalah ide atau gagasan dalam ketika kita akan membuat sebuah gambar.

18. Jawaban : d
Pembahasan : Kita tidak perlu menambah objek gambar baru pada sketsa yang telah kita buat. Menyempurnakan sketsa bisa dilakukan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan tidak rapi. Kita juga bisa menambah garis atau coretan agar gambar tampak lebih bagus dan menarik.

19. Jawaban : a
Pembahasan : Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas delapan nada dengan jarak satu dan setengah.

20. Jawaban : d
Pembahasan : Sudah jelas.

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 5 Tema 2 Isian
1. Jawaban : anggota kelas
Pembahasan : Sudah jelas.

2. Jawaban : ketua, peserta musyawarah
Pembahasan : Sudah jelas.

3. Jawaban : apa/apakah
Pembahasan : Kata tanya apa/apakah digunakan untuk menanyakan benda, keadaan, atau perbuatan.

4. Jawaban : apa
Pembahasan : Informasi yang didapat dari kata tanya apa yaitu penjelasan mengenai suatu hal atau benda.

5. Jawaban : masker
Pembahasan : Kita perlu menggunakan masker ketika terjadi kabut asap agar organ pernapasan kita tidak terganggu.

6. Jawaban : menutup
Pembahasan : Sudah jelas.

7. Jawaban : jasa
Pembahasan : Sudah jelas.

8. Jawaban : menghargai
Pembahasan : Sudah jelas.

9. Jawaban : kuas
Pembahasan : Salah satu alat bantu yang digunakan untuk mewarnai gambar cerita dengan teknik pewarnaan basah yaitu dengan menggunakan kuas.

10. Jawaban : minor zigana
Pembahasan : Tangga nada minor zigana adalah tangga nada minor asli yang nada ke 4, 6 dan 7 dinaikkan setengah laras. Nada ke 4, 6 dan ke 7 pada tangga nada minor zigana ini diberi tanda kres saat naik, kemudian dihilangkan kembali saat turun.

Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 5 Tema 2 Essay/Uraian
1. Jawaban : Yang bisa dilakukan warga untuk mengatasi masalah tersebut adalah warga dapat menyediakan dua macam tempat sampah yaitu tempat sampah anorganik dan organik. Tempat sampah anorganik digunakan untuk sampah yang dapat didaur ulang, seperti kertas dan botol. Sementara tempat sampah organik digunakan untuk membuang sampah yang bisa membusuk, seperti daun dan sisa makanan. Kumpulan sampah organik tersebut kemudian dapat diolah menjadi pupuk kompos. Selanjutnya, warga juga dapat mengadakan kerja bakti pada hari Minggu. Kegiatan yang dilakukan saat kerja bakti antara lain membersihkan tumpukan sampah dan memasang tempat sampah yang baru. Selain itu, warga juga bisa melakukan gerakan mengurangi sampah dimulai dari rumah masing-masing.
Pembahasan :

2. Jawaban : Apakah yang dimaksud dengan penyakit bronkitis?
Pembahasan :

3. Jawaban : Bernapas adalah proses menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air.
Pembahasan :

4. Jawaban : Ekstensifikasi pertanian adalah usaha peningkatan hasil produksi pertanian dengan menambah faktor produksi.
Pembahasan :

5. Jawaban : Sebelum diperagakan di depan penonton, bentuk karya tari perlu ditentukan terlebih dahulu. Sebab bentuk karya tari berkaitan dengan unsur lainnya. Ada bermacam-macam bentuk karya tari yang perlu kita ketahui. Ada bentuk tari tunggal, bentuk tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok.
Pembahasan :

Unduh Kunci Jawaban Soal PH/UH Kelas 5 Tema 2 lengkap dengan Kunci Jawaban

Bapak/Ibu dipersilahkan untuk download Kunci Jawaban Soal Penilan Harian Kelas 5 Tema 2 K13 Revisi Terbaru yang telah dilengkapi Penjelasan (Pembahasan) pada masing-masing butir pertanyaan sesuai materinya melalui tautan yang sudah disediakan, dengan begitu anda bisa langsung memberikan penjelasan kepada peserta siswa.

Sekarang file kunci jawabannya dalam bentuk format doc dengan cara membuka tautan yang telah tersedia, unduh juga beberapa file pendukung diantaranya yaitu contoh soal dan Kisi-kisinya.

Dapat Kunci Jawaban Tema Lainnya melalui halaman berikut:

Kiranya kami cukupkan sekian dulu tentang Kunci Jawaban Soal Penilaian Harian Kelas 5 Tema 2 K13 Revisi Terbaru yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan dapat mempermudah anda saat melakukan pemeriksaan lembar jawaban latihan ulangan harian.

Berlangganan
Katulis di Google News
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.