[UPDATE] Materi MPLS SMP 2022/2023 Paling Lengkap

Download Materi MPLS SMP Terbaru 2022 2023 Paling Lengkap – Sekolah biasanya menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada setiap awal tahun ajaran baru (MPLS). Sekolah mengadakan acara untuk siswa yang masuk agar lebih terbiasa dengan kurikulum, infrastruktur sekolah, strategi pengajaran, dan tahap awal budaya sekolah.

Setiap sekolah memiliki masa orientasi siswa masuk sebelum MPLS ada (MOS). Namun karena seringnya perpeloncoan yang terjadi saat MOS di lingkungan sekolah, kegiatan ini ditiadakan dan diganti dengan MPLS.

Penjelasan rinci tentang tujuan, pedoman pelaksanaan, dan perbedaan antara MPLS dan MOS dapat ditemukan di bawah ini.

Tujuan MPLS

  • menilai potensi mahasiswa baru
  • membantu siswa baru dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, termasuk infrastruktur, fasilitas umum, dan langkah-langkah keamanan
  • mempromosikan motivasi, semangat, dan metode belajar siswa baru yang efisien
  • Mendorong hubungan yang konstruktif antara mahasiswa dan anggota fakultas
  • Mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai integritas, etos kerja yang kuat, dan semangat gotong royong melalui penanaman perilaku positif seperti kejujuran, kemandirian, menghargai sesama, persatuan dan kesatuan, disiplin, serta hidup bersih dan sehat.

Pada halaman ini, Anda bisa mendapatkan semua Materi MPLS SMP versi terbaru secara lengkap dengan cara mengunduh setiap file materinya di bagian bawah artikel. Namun sebelum itu, simak dulu aturan pelaksanaan MPLS dan beberapa penjelasan lainnya.

Advertisement

Aturan Pelaksanaan MPLS

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 termasuk pemasangan MPLS itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa aturan pelaksanaan berdasarkan peraturan ini:

  • Minggu pertama tahun ajaran baru mencakup maksimal tiga hari kegiatan.
  • Acara harus berlangsung selama hari dan jam sekolah.
  • Kegiatan harus dilakukan di lingkungan sekolah.
  • Kegiatan harus inovatif dan mendidik.
  • Guru memiliki hak untuk melaksanakan rencana.
  • Hindari melibatkan alumni atau senior

Advertisement

Apa perbedaan MPLS dan MOS ?

  1. Salah satu perbedaan antara MPLS dan MOS adalah MPLS dijalankan oleh pendidik dengan bantuan tenaga kependidikan yang diperlukan.

Guru atau pendidik lainnya merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan MPLS. Senior atau bahkan alumni tidak terlibat atau campur tangan. MOS yang direncanakan dan dikoordinir oleh organisasi siswa intra sekolah tentu berbeda dengan OSIS ini. Syarat mengikutsertakan mahasiswa sebagai penyelenggara MPLS adalah sebagai pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas), paling banyak dua orang per kelompok studi atau kelas, dan tidak memiliki kecenderungan untuk sifat-sifat negatif atau riwayat menjadi pelaku kekerasan.

  1. Siswa wajib mengenakan pakaian dinas, termasuk seragam sekolah.
    Properti yang digunakan selama aktivitas adalah perbedaan berikut. Pemberian tugas kepada siswa baru dalam bentuk kegiatan atau dengan menggunakan karakteristik yang tidak berhubungan dengan kegiatan belajar siswa dilarang dalam kegiatan MPLS. Saat ini terjadi, MOS biasanya membuat siswa baru sulit untuk mengembangkan dan menggunakan kualitas yang tidak terkait dengan seragam sekolah atau kegiatan pembelajaran.

Kantong karung, kantong plastik, kaos kaki berwarna yang tidak simetris, ikat kepala yang tidak khas, dan alas kaki yang tidak biasa adalah beberapa ciri MOS yang tidak diperbolehkan di MPLS. Papan nama yang rumit, menantang untuk diproduksi, dan/atau memiliki bahan yang tidak berguna juga tidak diizinkan.

  1. Hindari mengenakan biaya tambahan.
    Tidak diperkenankan memungut biaya apapun untuk kegiatan MPLS dalam bentuk uang tunai, makanan, atau merchandise. Senior dan alumni sering memungut biaya ini di MOS seperti cokelat, makanan, alas kaki, tas, dan barang-barang lainnya.
  2. Selama jam dan hari sekolah
    Terbukti dari aturan bahwa hanya tiga hari dari minggu pertama tahun ajaran baru — pada jam sekolah reguler — didedikasikan untuk MPLS. Klausul ini berbeda dengan pelaksanaan MOS yang membutuhkan waktu di luar jam dan hari sekolah biasa.

Pesantren diberikan pengecualian terhadap jangka waktu pelaksanaan MPLS dengan terlebih dahulu melapor ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya, disertai informasi kegiatan pembinaan lingkungan sekolah.

  1. Latihannya instruktif
    Tugas yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar siswa juga tidak diperbolehkan bagi siswa baru di MPLS. Latihan ini harus bermanfaat, informatif, kreatif, dan menyenangkan. Hal ini tentu berbeda dengan MOS sebelumnya, yang menghadirkan banyak tugas menantang yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran.
  2. Hukuman non-pendidikan sangat dilarang
    Selain itu, penyelenggara MPLS dilarang menghukum mahasiswa baru yang tidak mendidik dengan hukuman fisik seperti membuang air dan/atau sanksi lain yang dapat berujung pada kekerasan. Sedangkan MOS sering digunakan dalam hukuman non-edukatif seperti berbicara dengan benda mati, tumbuhan, hewan, dan sebagainya.

Itulah perbedaan MPLS dan MOS serta pemahaman fungsinya yang menyeluruh. Apakah Anda memahami perbedaan antara kedua pekerjaan tersebut, bagaimana dengan Anda? Mohon mahasiswa baru jangan takut dengan kegiatan MPLS yang tidak menyenangkan.

Download Materi MPLS SMP Lengkap

Materi MPLS SMP

Setiap sekolah tentunya akan melalui proses penerimaan siswa baru (PSB) saat tahun ajaran baru dimulai. Dengan mengadakan promosi, setiap sekolah bertujuan untuk menarik sejumlah besar siswa baru yang akan dapat mendaftar di sekolah yang mereka inginkan.

Setiap sekolah harus menyiapkan sejumlah peralatan penting untuk pelaksanaan PPDB sebelum memulai proses penerimaan siswa baru. Diantaranya membuat formulir pendaftaran siswa baru serta brosur PPDB dengan tujuan memperkenalkan sekolah dan menjabarkan manfaat yang dimilikinya. siswa baru dapat memahami informasi tentang sekolah yang akan dimasuki nantinya.

Selain itu, setelah proses penerimaan siswa baru selesai, penting untuk dilanjutkan dengan penyampaian informasi tentang program MPLS (pengenalan lingkungan sekolah). Informasi ini sangat penting bagi siswa baru, terutama agar mereka dapat memahami peraturan yang berlaku di sekolah baru dan calon siswa baru dapat memperoleh perspektif baru untuk mengenali dan berhasil berintegrasi ke dalam lingkungan sekolah baru yang akan mereka tempati.

Sangat penting untuk memberikan materi MPLS SMP kepada siswa baru untuk memperkenalkan mereka ke lingkungan dan lingkungan sekolah yang akan mereka hadiri nanti dan untuk mempersiapkan mental mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan dan siswa lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa jenis materi yang biasanya disediakan oleh masing-masing sekolah saat menyelenggarakan MPLS jika anda adalah panitia PPDB dan belum memiliki materi MPLS.

Materi yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini antara lain:

  1. Wawasan Wiyata Mandala
  2. Struktur Organisasi
  3. Pendidikan Karakter
  4. Kegiatan Kepramukaan
  5. Pengenalan Tentang PBB
  6. Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara

Jika Anda membutuhkan konten yang tercantum di atas, silakan unduh dengan memilih kategori yang sesuai dari judul materi di bawah ini!

Update Materi Tambahan:

Sama Penting:

Katulis cukupkan sekian dulu ya informasi mengenai Mater MPLS SMP di tahun Pelajaran terbaru saat ini. Semoga dapat cukup membantu khususnya bagi para panitia yang mengurus kegiatan Masa Pengenalasan Lingkungan Sekolah.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.