Advertisement

Kumpulan Materi PKP Guru SD 2019 Berbasisi Zonasi Lengkap

Katulis.com – Berikut ini kumpulan materi PKP Guru SD 2019/2020 semua mata pelajaran lengkap untuk mendukung kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran yang merupakan salah satu program Ditjen GTK dan Kemdikbud di tahun pelajaran 2019/2020 saat ini.

Semua materi PKP Guru SD 2019 ini disediakan sebagai pendukung Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan kegiatan pengembangan profesional guru untuk meningkatkan kompetensinya. Diharapkan kegiatan PKB dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masa depan yang berkaitan dengan profesi guru. PKB dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan didukung dengan hasil evaluasi diri.

Salah satu alasannya, apabila hasil penilaian kinerja guru masih berada di bawah standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja guru, maka guru diwajibkan untuk mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang diorientasikan sebagai pembinaan dalam pencapaian standar kompetensi guru. Sementara itu, guru yang hasil penilaian kinerjanya telah mencapai standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja guru, kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan diarahkan kepada pengembangan kompetensi untuk memenuhi layanan pembelajaran berkualitas dan peningkatan karir guru.

Advertisement

Download Materi PKP Guru SD 2019 untuk 7 Mata Pelajaran

Advertisement

Untuk mengetahui apa saja materi-materi Pengembangan Kompetensi Pembelajaran yang ada di dalam setiap mata pelajaran, maka sebaiknya anda langsung unduh saja melalui tautan artikel di bawah ini:

  1. Materi PKP PPKn SD 2019
  2. Materi PKP IPA SD 2019
  3. Materi PKP Matematika SD 2019
  4. Materi PKP IPS SD 2019
  5. Materi PKP Seni Budaya dan Prakarya SD 2019
  6. Materi PKP Bahasa Indonesia SD 2019
  7. Materi PKP PJOK SD 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

Demikian berbagi informasi tentang kumpulan materi PKP Guru SD 2019, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi acuan dalam melengkapi kebutuhan berkas dan info terkait dengan Pengembangan Kompetensi Pembelajaran khususnya bagi anda yang menjadi Guru Sekolah Dasar.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

1 × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy