Advertisement

Materi PKP PPKn SD 2019 Berbasis Zonasi

Katulis.com – Berikut ini Materi PKP PPKn SD 2019 sebagai bahan materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Berbasis Zonasi.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mata pelajaran PPKn melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Advertisement

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dapatkan Materi PKP PPKn SD 2019 Berbasis Zonasi

Buku yang berisi materi untuk meningkatkan Kompetensi Pembelajaran ini bisa anda pelajari, oleh karena itu silahkan unduh saja filenya dengan format pdf di bawah ini:

Pembahasan Tentang :

  • Simbol-Simbol Pancasila dan Lambangnya
  • Kandungan Moral Pancasila

Pratinjau:

Advertisement

Download

Jangan Lewatkan Materi PKP Lainnya:

  1. Materi PKP Bahasa Indonesia SD tentang Tata Bahasa
  2. Materi PKP Seni Budaya dan Prakarya SD tentang Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi
  3. Materi PKP IPS SD tentang Karakteristik Geografis dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
  4. Materi PKP Matematika SD tentang Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat, FPB dan KPK, Pangkat dan Akar Satuan Bilangan
  5. Materi PKP IPA SD tentang Bumi dan Alam Semesta
  6. Materi PKP PPKn SD tentang Pancasila
  7. Materi PKP PJOK SD tentang Kasti

Materi PKP PPKn Guru SD 2019 Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.

Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru.

Itulah pembahasan tentang Materi PKP Guru SD PPKn Tahun 2019, selengkapnya silahkan anda unduh filenya kemudian baca dan pelajari dengan seksama. Mudah-mudahan bisa menambah informasi tentang Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.

Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasi guru untuk mengembangkan materi dan melaksanakan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

10 − 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy