Advertisement

Panduan Penilaian Portofolio Kurikulum 2013 Tahun 2020

Katulis.com – Berikut ini kami bagikan Buku Panduan penilaian portofolio Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2020 untuk dijadikan salah satu sumber informasi terpercaya terkait penjelasan apa maksud dan cara penilaian portofolio terhadap peeserta didik.

Pada dunia pendidikan portofolio kerja siswa pada kompetensi menulis misalnya meliputi semua tulisan siswa baik yang berupa catatan, draf awal, draf setengah jadi, draf sebelum final dan tulisan akhir. Portofolio kerja siswa untuk kompetensi Matematika kelas VII misalnya dapat berupa hasil ulangan atau kuis, laporan suatu tugas, refleksi atau hasil penilaian diri siswa, dan jurnal atau catatan harian siswa.

Secara umum portofolio dapat dibedakan menjadi lima bentuk, yaitu portofolio ideal (ideal portfolio), portofolio pilihan (show portfolio), portofolio dokumentasi (documentary portfolio), portofolio evaluasi (evaluation portfolio), dan portofolio kelas (classroom portfolio) (Nitko, 2000). Sedangkan Fosters dan Masters (1996) membedakan penilaian portofolio kedalam tiga kelompok, yaitu: portofolio kerja (working portfolio), portofolio dokumentasi (documentary portfolio), dan portofolio pilihan (show portfolio).

Advertisement

Untuk fungsi formatif atau diagnostik, portofolio disusun untuk memperoleh informasi mengenai kelebihan dan kekurangan siswa, memperoleh gambaran perkembangan siswa pada satu periode tertentu, menjadi alat refleksi siswa dan sebagai dasar pemberian umpan balik oleh guru.

Oleh karena itu untuk fungsi formatif, kriteria penilaian tidak perlu didefinisikan secara ketat karena fungsinya untuk melihat perkembangan capaian siswa dibandingkan dengan target kompetensi pada kurun waktu tertentu.

Penilaian dengan fungsi sumatif bertujuan untuk memberi nilai atas capaian hasil kerja siswa, seringkali hasil penilaian sumatif dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan yang mempunyai dampak langsung kepada siswa, seperti sebagai dasar penentuan kelulusan atau alat seleksi.

Advertisement

Unduh Buku Panduan Penilaian Portoflio Kurikulum 2013 Tahun 2020

Penjelasan lengkap dan mendetail bisa anda langsung dapatkan dengan cara membaca bukunya, oleh karena itu kami persilahkan Bapak/Ibu Guru untuk segera mengunduh file pdfnya melalui tautan di bawah berikut ini:

  • Buku Panduan penilaian portofolio – Unduh

Sama Penting:

Portofolio kerja mempunyai fungsi formatif dan diagnostik. Untuk siswa portofolio kerja sebagai bahan refleksi siswa; untuk guru sebagai masukan guru untuk membantu siswa mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, dan merancang strategi untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Keberhasilan portofolio kerja bergantung pada kemampuan untuk merefleksikan dan mendokumentasikan kemajuan dalam proses belajar mengajar baik dari sudut pandang siswa maupun sudut pandang guru.

Itulah informasi singkat terkait panduan penilaian portofolio pada kurikulum 2013, semoga halaman ini dapat menjadi salah satu acuan anda dalam menemukan apa yang sedang dibutuhkan.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

four × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy