Advertisement

Pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Katulis.com – Berikut ini kumpulan pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 revisi 2019 terbaru sebagai pendukung perangkat pembelajaran seperti RPP, SILABUS, KKM, PROMES, PROTA. Bisa anda dapatkan secara gratis dalam bentuk format doc/docx (Microsoft Word).

Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lengkap dan lengkap dari semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai tema yang digabungkan dalam tema yang dipilih.

Elemen yang ditargetkan dalam proses pembelajaran merupakan tujuan pembelajaran. Sebelum menentukan tujuan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu dilakukan untuk mengidentifikasi dan memetakan standar keterampilan, kompetensi inti dan indikator. Dengan begitu, nanti akan penilaian dapat dilakukan untuk menentukan apakah tujuan yang direncanakan tercapai.

Download Pemetaan KD Kurikulum 2013 Semester 1 dan Semester 2 Sesuai Kelas

Guna memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam menemukan serta mengunduh Pemetaan Kometensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 Revisi terbaru, maka katulis telah menyediakannya secara jelas. Jadi dengan demikian anda dapat memilih dengan cepat sesuai kelas dan semesternya masing-masing, seperti di bawah ini:

Pemetaan KD K13 Kelas 1

Jika anda membutuhkan pemetaan kd Kurikulum 2013 kelas 1 semester 1 maka silahkan unduh dalam bentuk format xls di sini: Unduh

Sedangkan untuk pemetaan KD Kurikulum 2013 kelas 1 semester 2 bisa anda dapatkan melalui tautan berikut ini: Unduh

Pemetaan KD K13 Kelas 2

Selanjutnya, bagi yang membutuhkan pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 semester 1 bisa didapatkan melalui link berikut: Unduh

Kalau untuk pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 semester 1 bisa anda download melalui tautan berikut ini: Unduh

Pemetaan KD K13 Kelas 3

Bagi yang guru membutuhkan pemetaan KD kurikulum 2013 kelas 3 semester 1, bisa anda dapatkan melalu tautan yang disediakan di sini: Unduh

Sedangkan untuk pemetaan KD Kurikulum 2013 kelas 3 semester 2 dapat anda unduh melalui link ini: Unduh

Pemetaan KD K13 Kelas 4

Selanjutnya, untuk guru yang sedang memerlukan pemetaan KD Kurikulum 2013 semester 1 bisa diunduh melalui tautan berikut ini: Unduh

Bagi guru yang belum mempunya pemetaan KD Kurikulum 2013 semester 2 dapat anda unduh melalui tautan berikut ini: Unduh

Pemetaan KD K13 Kelas 5

Baiklah, bagi guru kelas V bisa mendapatkan pemetaan kurikulum 2013 kelas 5 semester 1 melalui link download berikut ini: Unduh

Jika memerlukan pemetaan KD kurikulum 2013 kelas 5 semester 2, telah kami sediakan filenya dalam bentuk Ms. Word (doc/docx) di sini: Unduh

Pemetaan KD K13 Kelas 6

Terakhir khusus guru kelas VI, apabila butuh pemetaan KD Kurikulum 2013 kelas 6 semester 1 bisa mendapatkannya melalui link berikut: Unduh

Begitupun untuk pemetaan KD Kurikulum 2013 kelas 6 semester 2 maih bisa diunduh melalui tautan yang telah disediakan di sini: Unduh

Kumpulan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013

Supaya perangkat pembelajaran anda lebih lengkap, sebaiknya anda lihat juga beberapa rekomendasi yang diantaranya terdiri RPP K13, SILABUS K13, KKM< PROTA, PROMES, SKL berikut ini:

Penjelasan Lanjutan Tentang Pemetaan Kompetensi Dasar K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

I.   Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator

Melakukan kegiatan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
  • Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau dapat diamati

II.  Menentukan tema. 

1) cara penentuan tema

Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara, diantaranya yaitu:

  • Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai.
  • Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan peserta didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.

2) Prinsip Penentuan temaDalam  menetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:

  • Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
  • Dari yang termudah menuju yang sulit
  • Dari yang sederhana menuju yang kompleks
  • Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
  • Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
  • Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya

III. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator

Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.

a. Menetapkan Jaringan Tema

Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat  kaitan antara tema,  kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.

b. Penyusunan Silabus

Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.

c. Penyusunan Rencana PembelajaranUntuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:

  • Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  • Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
  • Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  • Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
  • Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  • Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian).

Demikian informasi lengkap tentang pemetaan KD K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 secara garis besar. Terpenting apa yang kami maksud dalam penyampaian informasi ini bisa tersampaikan, dengan demikian artikel ini dapat menjadi salah satu referensi yang tepat bagi Bapak/Ibu Guru Sekolah Dasar.

2 Comments
  1. Ni Luh Tusnayanti says

    terimakasih banyak 🙂 sangat membantu sekali…

    1. admin says

      Kembali Kasih Bu,
      Senang bisa membantu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

20 − 11 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy