Advertisement

4 Contoh Pidato Pembagian Raport untuk SD, SMP, SMA, TK/PAUD

Katulis.com – Berikut ini kami sediakan 4 contoh pidato pembagian raport untuk jenjang pendidikan SD/Mi, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, TK/PAUD. Bagi anda yang akan berpidato di acara pembagian raport bisa menggunakan contoh tersebut berdasarkan jenjang pendidikannya masing-masing.

Pada acara kegiatan semacam ini biasanya selalu ada sambutan pembagian raport PAUD, SD, SMP, SMA yang dilakukan oleh Guru Wali Kelas maupun Kepala Sekolah. Pidato tersebut biasanya berisi hal-hal atau informasi penting mengenai pembagian raport siswa.

Tujuan dari pidato itu sendiri antara lain Menciptakan keadaan tang kondusif. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan.

Advertisement

Sistematika Penulisan Pidato Pembagian Raport

Seperti pada umumnya saat membuat pidato, sistematika berikut ini sudah lazim digunakan untuk membuat teks atau naskahnya. Seperti apa sistematika penulsainnya? Berikut susunannya:

  1. Pendahuluan atau pembukaan
  2. Salam pembuka (biasanya menyebutkan dari orang-orang yang memiliki jabatan tertinggi sampai ke orang-orang yang memiliki jabatan rendah.)
  3. Sapaan kepada para pendengar yang disampaikan secara runtut (Orang Tua Siswa dan semua Instansi Sekolah)
  4. Ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  5. Pengantar ke topik Pembagian Raport
  6. Isi Pidato
  7. Penutup
  8. Ucapan terimakasih
  9. Salam

Disamping itu, seseorang yang akan berpidato harus sudah mempersiapkan naskah pidatonya terlebih dahulu, teknik ini biasa disebut dengan Ekstemporan. Sebelum mulai membuat, berikut ini hal penting yang harus diketahui saat akan merancang teks pidato, diantarnaya yaitu: Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum, mengetahui durasi lama waktu pada saat berpidato, menyusun kata-kata sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca, mengetahui jenis pidato serta tema acara, menyiapkan berbagai bahan dan perlengkapan pidato.

Advertisement

Download Contoh Pidato Pembagian Raport Berdasarkan Jenjang Pendidikan

Guna mempermudah anda dalam menemukan contoh naskah / teks pidato sesuai yang anda butuhkan, maka kami telah memisahkannya sesuai tingkat sekolah. Sebaiknya anda langsung unduh dan cek isinya.

  • Contoh Pidato / Ceramah TK/PAUD. (Unduh)
  • Contoh Pidato / Ceramah SD/MI (Unduh)
  • Contoh Pidato / Ceramah SMP/MTS (Unduh)
  • Contoh Pidato / Ceramah SMA/SMK/MA (Unduh)

Pada intinya menulis suatu naskah/teks pidato pembagian raport adalah menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan dengan kalimat bahasa indonesia baku untuk dibacakan di depan umum (semua instansi sekolah dan orang tua siswa). Pilihlah kosa kata dan buat paragraf yang sesuai. Tidak terlalu panjang lebar dengan kata lain mengutamakan informasi penting untuk menyesuaikannya dengan waktu yang dibutuhkan.

Rekomendasi silahkan baca:

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai contoh pidato pembagian raport TK, PAUD, SD, SMP, SMA sederajat lainnya. Semoga bisa cukup memberikan inspirasi dalam pembuatan naskah pidato.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

twelve + 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy