Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013 Revisi

38
program remedial dan pengayaan
program remedial dan pengayaan
Advertisement

Katulis.com – Berikut ini Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019/2020 untuk SD, SMP, SMA sederajat. Download format Excel (xls/xlsx).

Program Remedial adalah sebuah program perbaikan pembelajaran yang diberikan kepada siswa atau peserta didik yang belum mencapai kompetensi minimal sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dalam satu kompetensi dasar tertentu.

Dalam pelaksanaan program remedial dan pengayaan, setiap Guru wajib mengetahui batasan kemampuan siswa. Hal terseut dimaksudkan supaya setiap materi, alat peraga dan metode yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dengan sangat mudah.

Membahas mengenai metode yang digunakan pada program perbaikan dan pengayaan memiliki beberapa variasi, namun pada dasarnya menyesuaikan dengan sifat, jenis, dan latar belakang kesulitan belajar siswa. Maka guru harus menggunakan metode pengajaran yang bisa membuat para peserta didik terhindar dari rasa sulit yang kerap dialami siswa.

Dengan demikian apabila siswa / peserta didik sudah tidak merasa kesulitan lagi pada saat menerima semua materi yang diajarkan guru. Maka dipastikan proses pembelajaranny akan berjalan dengan lancar dengan menghasilkan ketercapaian komptensi sesuai standar minimal oleh setiap siswa yang mengikut perbaikan tersebut.


Pratinjau Contoh Format Remedial

Download Format Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013

Format file yang bisa anda dapatkan di sini adalah untuk Sekolah Menengah Pertama berbentuk Excel, tetapi bisa juga digunakan untuk kelas lainnya. Silahkan unduh melalui tautan di bawah ini ya:

Format Remedial TP 2019-2020.xls


Format Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013 Doc

Jika anda membutuhkan format Microsoft Word dengan ekstensi doc bisa mengunduh file di bagian ini.

Download


Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013 SMA

Khusus bagi anda Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) yang membutuhkan format bisa mengunduhnya di part paragraf ini:

Download


Program Remedial dan Pengayaan SD

Begitupun dengan Guru Sekolah Dasar yang membutuhkan filenya bisa unduh di bagian sini:

Download


Program Remedial dan Pengayaan SMP Kurikulum 2013

Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) biasanya paling membutuhkan perangkat remedial ini, maka silahkan unduh contoh formatnya melalui tautan yang kami sediakan berikut:

Download


Sebelum anda meninggalkan halaman artikel ini, sebaiknya baca lebih lanjut sedikit penjelasan program remedial dan pengayaan yang akan kami bahas di bagian bawah ini, lumayan untuk menambah pengetahuan bagi yang belum mengetahuinya.

Prinsip Program Remedial

Adapun prinsip-prinsip yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh Guru supaya pelayanan khusus yang diberikan sesuai dengan sifatnya:

  • Adaptif
  • Interaktif
  • Fleksibilitas dalam metode pembelajaran dan penilaian
  • Pemberian umpan balik sesegera mungkin
  • Pelayanan sepanjang waktu

Prosedur / Mekanisme Program Pengayaan dan Remedial

Tahapan demi tahapan ini wajib bapak/Ibu Guru ketahui, terutama mengenai langkah-langkah pelaksanaan remedial. Susunan tersebut antara lain:

Langkah 1. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran

  • Permasalahan pada keunikan peserta didik
  • Permasalahan pada materi ajar
  • Permasalahan pada strategi pembelajaran

Langkah 2. Melakukan Perencanaan

  • Segera saat proses pembelajaran
  • Dilakukan diluar Jam belajar efektif

Langkah 3. Pelaksanaan Program Remedial

  • Menyesuaikan pada keunikan peserta didik
  • Menyiapkan alternatif atau contoh-contoh terkait materi ajar (KD)
  • Menyesuaikan strategi pembelajaran

Alasan Kenapa Harus Dilaksanakan Remedial? Mungkin untuk hal yang satu ini kita juga sudah mengetahui tujuan dari dilaksanakannya perbaikan nilai para siswa yang memang memiliki nilai kurang dari ketentuan minimalnya.

Setiap peserta didik memiliki kemampuan berbeda dalam memahami setiap materi yang diberikan Guru, jadi wajar saja kalau ada di antara siswa tersebut yang tidak mampu untuk mencapai Kompetensi minimal yang telah ditentukan.

Jadi pada intinya, program pengayaan dan remedial ini dilaksanakan untuk membantu siswa atau peserta didik yang belum sanggup untuk mencapai nilai minimal dengan bantuan pembelajaran yang lebih mudah dipahami.

Penilaian yang dimaksud adalah tidak terpaku pada hasil tes (ulangan harian) pada KD tertentu. Penilaian juga bisa dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung (dari aspek pengetahuan, sikap ataupun keterampilan).

Pembelajaran remedial dilakukan ketika peserta didik teridentifikasi oleh guru mengalami kesulitan terhadap penguasaan materi pada KD tertentu yang sedang berlangsung. Guru dapat langsung (segera) melakukan perbaikan pembelajaran (remedial) sesuai dengan kesulitan peserta didik tersebut, tanpa menunggu hasil tes (ulangan harian).

Penilaian pada remedial tidaklah terpaku terhadap hasil tes seperti ulangan harian pada Kompetensi Dasar tertentu. Namun, penilaian dapat dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian tersebut berdasarkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa.

Ketika guru mendeteksi atau mengindikasikan bahwa ada beberapa peserta didik mengalami kesulitan terhadap penguasaan materi yang diberikan pada Kompetensi Dasar tertentu, maka Guru bisa segera melakukan remedial pembelejaran yang disesuaikan berdasarkan kesulitan siswa tersebut.

Demikian informasi tentang Contoh Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013 ini kami sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berkah bagi anda semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here