Advertisement

Rekapitulasi Peminjaman Buku Perpustakaan dan Pengembalian

Katulis.com – Inilah rekapitulasi peminjaman buku perpustakaan dan pengembaliannya untuk digunakan sebagai sala satu administrasi perpustakaan di SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA tahun 2019/2020.

Rekapitulasi Peminjaman Buku Perpustakaan merupakan administrasi perpustakaan yang digunakan sebagai catatan yang memuat spesifikasi data sebagai berikut:

  1. Judul buku
  2. Identitas peminjam
  3. Jumlah buku yang dipinjam
  4. Tanggal peminjaman buku
  5. Tanggal dikembalikannya buku ke perpustakaan

Advertisement

Pada saat buku dikembalikan maka pustakawan mencatat data dan dimasukkan ke Rekapitulasi pengembalian buku perpustakaan. Bisa dikatakan kedua fungsi utama dari format ini adalah sebagai bukti bahwa adanya kegiatan peminjaman buku perpustakaan, dengan begitu semua dapat terawasi.

Mengingat pengawasan keluar masuknya buku perputakaan yang dipinjam sangat penting, kegiatan tersebut memang sudah seharusnya menjadi tugas seorang pustakawan bahkan kepala perpustakaan sekalipun.

Maka dari itu, melalui artikel ini katulis coba untuk membantu para tenaga kependidikan khususnya petugas perpustakaan dalam melengkapi administrasi pendukung pelaksanaan kegiatan di setiap tugasnya. Salah satunya yaitu menyediakan format yang satu ini.

Download Contoh Format Rekapitulasi Peminjaman Buku Perpustakaan dan Pengembalian

Format Rekapitulasi Peminjaman Buku Perpustakaan dan Pengembalian ini akan sangat berguna bagi anda yang bertanggung jawab sebagai pustakawan (petugas perpustakaan) di semua jenjang pendidikan. Untuk memilikinya supaya anda tidak perlu membuat ulang, maka silahkan unduh saja melalui tautan di bawah ini:

Advertisement

Pratinjau:

Download file:

  • Rekap Format excel – Unduh
  • Rekap Format doc – Unduh
  • Jidil/Cover Rekap – Unduh

Keterangan Kolom:

  • Kolom nomor diisi dengan nomor secara berurutan berdasarkan tanggal peminjaman yang sama. Dimulai dari nomor 1 dan seterusnya per tanggal peminjaman.
  • Kolom Judul buku yang dipinjam ditulis lengkap dengan kode buku.
  • Kolom identitas keanggotaan diisi berdasarkan nama dan nomor anggota yang tercamtum dalam kartu anggota perpustakaan.
  • Kolom eksemplar adalah banyaknya buku yang dipinjam saat itu.
  • Kolom Tanggal peminjaman dan pengembalian diisi sesuai dengan tanggal yang sesuai.
  • Kolom paraf peminjam diisi oleh si peminjam buku, sedangkan kolom pengembalian diisi saat buku dikembalikan.
  • Kolom keterangan diisi bila dibutuhkan. Misalnya bila ada buku hilang di tangan si peminjam, maka kolom itu dapat diisi dengan keterangan buku hilang.

Jangan lewatkan:

Itulah informasi singkat tentang format rekapitulasi peminjamanan dan pengembalian buku perpustakaan untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK. Mudah-mudahan bisa menambah kelengkapan berkas administrasi perpustakaan anda.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

3 × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy