Advertisement

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2020

Katulis – Sudah saatnya kami bagikan contoh RPP 1 Lembar PJOK Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2020 sebagai format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terbaru saat ini.

Berdasarkan Surat Kemdikbud No 14 Tahun 2019 yang menjelaskan tentang perubahan format RPP menjadi diperingkas dengan tujuan Guru bisa lebih memiliki banyak waktu pada proses persiapan perangkat pembelajaran, materi dan evaluasi pembelajaran.

Maka dapat dikatakan dengan dilakukannya perubahan format pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Lesson Plan ini merupakan salah satu terobosan besar.

Meskipun RPP 1 lembar Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan ini membutuhkan satu lembar halaman saja, tetapi tetap terintegrasi dengan Literasi aba 21, HOTS, PPK dan 4C, maka kualitasn dipertahankan.

Unduh Contoh RPP 1 Lembar PJOK Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2020/2021

Setelah kita mengulas sedikit tentang format baru sesuai Surat Edaran yang berlaku maka sekarang saatnya Bapak/Ibu Guru segera mengunduh contohnya untuk melihat lebih jelas lagi.

Rekomendasi Penting:

Pada setiap contoh RPP 1 Lembar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk kelas 5 di semester tersebut, di dalamnya terdapat 3 Komponen inti yang menjadikan RPP ini tampak lebih ringkas lagi. Ketiga komponen tersebut diantaranya yaitu: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Asessmen (Penilaian).

Jika anda belum mengetahui apa saja yang menjadi pembeda antara kedua format tersebut, silahkan simak beberapa poin berikut ini:

Situasi Saat ini

  • Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku
  • RPP memiliki terlalu banyak komponen
  • Guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen rpp bisa mencapai lebih dari 20 halaman)
  • Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu Guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajarna itu sendiri

Arahan Kebijakan Baru

  • Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP
  • 3 Komponen inti (komponen lainnya bersipat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri; tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen) 1 halaman cukup
  • Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga Guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Tentu saja berbeda dengan format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 versi sebelumnya yang memuat 13 komponen di dalam satu RPP, maka wajar saja dalam proses pembuatannya pun menjadi lebih sulit dibandingkan sekarang.

Sepertinya hanya dicukupkan sekian dulu pembahasan dari informasi berbagi RPP PJOK 1 halaman Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2020 ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru di seluruh tanah air yang sedang membutuhkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

19 + 20 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy