RPP 1 Lembar untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2020

Katulis – Segera unduh RPP 1 Lembar/Halaman untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD di Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2020/2021 ini, yang sengaja disediakan sesuai Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Mendikbud. Hal tersebut supaya Bapak/Ibu Guru tidak terlalu bingung seperti apa bentuk dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 yang hanya membutuhkan satu lembar kertas saja.

Pastinya semua Contoh RPP SD satu lembar baik itu mode luring, daring dan kombinasi akan kami sediakan melalui halaman ini secara lengkap guna mendukung kegiatan pembelajaran di berbagai kondisi.

Seperti biasa dalam kegiatan proses belajar mengajar seorang Guru haruslah sudah memiliki sebuah panduan yang dinamakan Rencana pelaksanaan Pembelajaran, hal tersebut dimaksudkan supaya setiap kegiatan pengajaran dapat dilaksanakan dengan baik demi ketercapaian tujuan pembelajaran.

Seperti yang telah disebutkan tadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering disebut dengan istilah RPP ini pada awalnya harus dibuat dengan berisikan komponen-komponen yang jumlahnya tidak sedikit yakni berjumlah 13 komponen.

Sudah beberapa periode setiap Guru harus membuat dan mempersiapkan RPP seperti itu, dapat kita bayangkan berapa banyak waktu yang tersita hanya karena harus mempersiapkannya? RPP dibuat sampai berlembar-lembar karena tidak mungkin dengan jumlah komponen sebanyak itu sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibuat hanya menggunakan dua atau tiga lembar saja.

Sesuai arahan Nadiem Makaim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada akhirnya bisa dikatakan sekaranglah Guru menemukan titik terang setelah Nadiem Makarin yang merupakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan baru mengeluarkan kebijakan teranyarnya terkait format baru untuk RPP Kurikulum 2013 yang hanya membutuhkan 1 lembar saja.

Sudah dapat dibayangkan oleh kita secara garis besar mengenai RPP terbaru 2020 SD ini, akan terdapat waktu yang sangat efisien untuk digunakan dalam pembuatan RPP atau Lesson Plan, dengan begitu Guru bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran diantaranya seperti persiapan materi dan melakukan evaluasi.

Ketersediaan contoh RPP satu halaman ini akan menjadi salah satu sumber yang bisa anda jadikan sebagai tambahan referensi dalam penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan format hasil revisi terbaru tahun 2020.

Maka dengan demikian Bapak/Ibu Guru tidak perlu lagi repot mencari model rpp satu lembar, sebab untuk semua kelas sudah kami sediakan secara lengkap.

Terkait RPP 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 untuk semester 1 sesuai Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 yang menerangkan bahwa perangkat pembelajaran saat ini hanya membutuhkan satu halaman / lembar saja, hal tersebut dimaksudkan supaya Guru dapat dengan mudah mempersiapkan perangkat pembelajaran jadi bis alebih fokus terhadap materi pembelajarna yang akan disampaikan kepada semua peserta didiknya.

RPP 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 untuk semester 2 SD Nadiem ini pun sesuai arahan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), meskipun sebenarnya masih berupa ilustrasi / prediksi semata dengan tujuan memberikan gambaran kepada semua rekan Guru yang belum tahu seperti apa bentuk RPP format baru ini.

Semenjak adanya kebijakan baru terkait RPP 1 lembar revisi 2020, maka ada banyak Guru yang mencari bentuk formatnya. Oleh karena itu kami sediakan secara lengkap melalui halaman yang dibuat khusus ini untuk membantu para tenaga pengajar dalam mendapatkan contoh formatnya.

Contoh Format RPP K13 Format Terbaru Revisi 2020 Resmi Kemdikbud

Adapun contoh format resmi untuk contoh rpp terbaru satu lembar Kurikulum 2013 SD harsil revisi 2020 yang kami dapatkan dari selembaran yang keluar bersaam dengan Surat edaran Nomor 14 tahun 2019 dari Kemdikbud.

Meskipun Kemdikbud belum memberikan contoh format rpp satu lembar secara baku untuk digunakan sebagai rpp k13 revisi yang mutlak tetapi contoh di bawah ini bisa menjadi salah satu sampel template.

Terpenting di dalam isi rpp 1 lembar tersebut terdapat 3 komponen inti, seperti Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian (Asesmen).

Nama Satuan Pendidikan : …………………………………………………………
Mata Pelajaran/Tema : ………………………………………………………………..
Kelas/Semester : IV/Ganjil : ………………………………………………………..
Materi Pokok : ……………………………………………………………………………..
Alokasi Waktu : …………………………………………………………………………….

1. Tujuan Pembelajaran
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.1.2. Bahan :
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.1.3. Pertanyaan
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku …..
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………..
2.4.2. Penilaian
………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………..
                                                                                 ……………………………… 20….
Mangetahui                                                       Guru Mata Pelajaran/Kelas
Kepala Sekolah
=………………………………..=                                        = …………………………………..=
NIP.                                                                          NIP.

*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

Apabila anda membutuhkannya silahkanDownload Formatnya

UPDATE!!! RPP Inspiratif 1 Lembar untuk SD, SMP, SMA

Info Menarik: Dapatkan Aplikasi RPP 1 Lembar secara Gratis

Unduh RPP 1 Lembar Halaman Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 untuk Semester 1 dan 2

Silahkan download semua Rencana Pelaksanaan pembelajaran 1 Lembar khusus untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 pada semester 1 dan 2 yang bisa anda dapatkan melalui tautan di bawah berikut ini!

Meskipun semua rpp k13 revisi 2020 format satu lembar berikut ini sudah dibuat hanya 3 komponen, tetapi masih terintegrasi dengan literasi abad 21, HOTS, PPK dan 4C.

RPP 1 Lembar Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Jika anda seorang Guru kelas 1 SD dan membutuhkan RPP satu lembar untuk semester 1 yang mencakup tema (1, 2, 3, 4) dan semester 2 terdiri dari tema (5, 6, 7, 8) bisa langsung mengunduhnya melalui tautan berikut:

Namun untuk saat ini hanya rpp kelas 1 semester 2 revisi 2020 yang tersedia, jika Bapak dan Ibu Guru membutuhkan semester Ganjil maka akan segera kami sediakan ketika periode pembelajaran tersebut berlangsung.

Namun rpp 1 lembar kelas 1 semester 2 ini dapat anda gunakan sebagai salah satu gambaran atau acuan dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran semester satunya.

RPP 1 Lembar Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Begitupun bagi para tenaga pengajar yang membutuhkan RPP 1 lembar kelas 2 semester 2, bisa mendapatkan contoh format RPP terbaru khusus semester 1 (tema 1, 2, 3, 4) dan semester 2 (5, 6, 7, 8) melalui tautan yang sudah kami sediakan:

RPP 1 Lembar Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Tidak ketinggalan untuk Guru-Guru yang membutuhkan RPP 1 lembar kelas 3 semester 2 tetap dapat memiliki semua contoh Rencana Pelaksanaan pembelajaran dengan format terbaru yang akan digunakan pada semester 1 mencakup tema 1, 2, 3, 4 sedangkan semester 2 terdiri dari tema 5, 6, 7, 8.

RPP 1 Lembar Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Selanjutnya, kamipun telah menyediakan tautan download rpp 1 lembar kelas 4 semester 2 bahkan semua rencana pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 format satu lembar untuk kelas 4 pada semester 1 (tema 1, 2, 3, 4, 5) dan semester 2 (6, 7 ,8, 9), silahkan anda pilih saja sesuai kebutuhan pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Saat ini rpp 1 lembar kelas 5 semester 1 dan 2 sudah tersedia dan bisa anda download secara lengkap, baik itu per tema maupun subtema. SIlahkan unduh saja sesuai kebutuhan pengajaran.

RPP 1 Lembar Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Begitupun dengan rpp kelas 6 kurikulum 2013 1 lembar untuk semester ganjil dan genap, kini sudah kami sisipkan contoh filenya unduk anda jadikan sebagai salah satu acuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kami sangat menyarankan Bapak/Ibu Guru untuk mengembangkan dari semua contoh RPP k13 yang telah kami berikan, sebab pada dasarnya file-file di halaman ini hanya sebagai acuan saja.

Pemberitahuan Update:

Berhubung tahun pelajaran baru akan segera dilaksanakan, dipastikan para Guru akan membutuhkan Perangkat Pembelajaran yang diantaranya adalah RPP satu lembar semester 1. Maka oleh karena itu, untuk menyikapi hal tersebut kami akan berusaha secepatnya membuatkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 lembar khusus semester ganjil tersebut.

Perlu anda ketahui komponen pada contoh RPP 1 lembar Semester I dan II satu Lembar ini telah memuat 3 komponen diantaranya yaitu seperti :

  • Tujuan pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Penilaian

Maka dengan begitu Guru dapat menggunakan file format rpp 1 lembar yang kami bagikan ini sebagai referensi atau sekedar bahan perbandingan pada saat akan membuat sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan format terbaru.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya apa yang membedakan antara contoh RPP 1 lembar SD dengan format versi sebelumnya, diantaranya yaitu:

Situasi Saat ini

  • Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku
  • RPP memiliki terlalu banyak komponen
  • Guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen rpp bisa mencapai lebih dari 20 halaman)
  • Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu Guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajarna itu sendiri

Arahan Kebijakan Baru

  • Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP
  • 3 Komponen inti (komponen lainnya bersipat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri; tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen) 1 halaman cukup
  • Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga Guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Selain itu juga diharapkan dengan adanya contoh RPP K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Format 1 lembar ini Bapak/Ibu Guru dapat dengan mudah menentukan materi kompetensi KD berdasarkan pembelajaran tematik maupun tema pokok tertentu serta ruang lingkup substansinya.

RPP Daring Satu Lembar Kurikulum 2013 untuk SD/MI

Semenjak adanya kebijakan baru dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan terkait pandemi Covid-19, sekolah di seluruh Indonesia disarankan untuk tidak melangsungkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di kelas. Hal tersebut bertujuan guna menjaga kesehatan para teanga pengajar, siswa dan pegawai lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Sebagai salah satu solusi dalam menyambut tahun pelajaran baru, kini kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh (PJJ) atau online. Oleh karena itulah, para tenaga pengajar khususnya Guru harus sesegera mungkin menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran khusus mode Daring. Guna mendukung kegiatan tersebut, katulis telah menyediakan contoh format yang dapat digunakan langsung maupun dikembangkan terlebih dahulu. SIlahkan dapatkan semua filenya melalui tautan halaman berikut:

RPP 1 lembar SD K13 Format Terbaru 2020 ini akan cukup membantu Bapak/Ibu guru yang sedang membutuhkannya, terutama perubahan format tersebut terjadi menjelang semester II saat ini. Jadi manfaatkanlah informasi ini meskipun kami kira hanya memberikan sedikit gambaran saja.

Melalui perubahan RPP terbaru 1 lembar, sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim tentu saja sudah sewajarnya memperhatikan keleluasaan Guru dalam hal mengajar. Hal tersebut dicoba dengan mengambil langkah lebih mengefisiensikan waktu dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, dengan begitu diharapkan para enaga pengajar dapat memiliki waktu lebih baik itu untuk keperluan pembelajaran dan juga waktu istirahat.

Berhubung format contoh rpp terbaru 2020 dari Kemdikbud hanya berupa format kosong, maka katulis coba untuk membuatkan sebagian contoh untuk digunakan sebagai gambaran semata, sebab pada kenyataannya setiap Guru wajib mengembangkannya sesuai Silabus dan kebutuhan proses kegiatan belajar mengajar masing-masing Guru dan Lembaga.

Format rpp terbaru 1 lembar kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2020 ini sebenarnya hanya diperingkas saja, dengan mengutamakan 3 komponen inti dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

Pada informasi contoh RPP 1 lembar SD ini kami kumpulan semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dengan format revisi terbaru untuk semua kelas (1, 2, 3, 4, 5, 6). Setiap dari RPP tersebut kami pun telah menyediakan untuk setiap tema dan subtema supaya Bapak/Ibu Guru jadi lebih mudah untuk mendapatkan serta menggunakannya.

Meskipun untuk saat ini baru tersedia Format RPP 1 lembar SD, bagi para tenaga pengajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi lainnya akan segera kami publiskan melalui artikel dengan kategori khusus, jadi ditunggu saja ya update-update selanjutnya, hanya di Katulis.com.

Kesimpulannya RPP satu lembar sd yang kami bagikan di sini merupakan sebuah terobosan baru di kancah dunia pendidikan tahun ini, apalagi ini menyangkut perangkat pembelajarna yang memiliki peran penting terhadap kelancaran kegiatna belajar mengajar di setiap lembaga sekolah.

Berhubung saat ini masih semester 2 maka rpp SD 1 lembar untuk semester 1 nanti akan kami update setelah kegiatan belajar mengajar di periode tersebut mulai dilaksanakan. Selain itu ada beberapa mata pelajaran yang disajikan secara khusus guna memenuhi kebutuhan Guru, seperti Bahasa Inggris, PJOK dan PAI.

Nanti juga akan dilakukan penyempurnaan pada RPP terbaru 2020 SD kurikulum 2013 supaya para Guru bisa langsung menggunakannya untuk kegiatan pembelajaran, meskipun pada kenyataannya setiap Guru diharuskan membuat atau menyusun sendiri Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 dengan format terbaru ini berdasarkan sesuai kebutuhan pengajaran dan masing-masing lembaga.

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya pada RPP k13 satu lembar terbaru saat ini Guru dibebaskan untuk memilih KD (Kompetensi Dasar), begitupun dengna memasukkan berbagai mata pelajaran pada satu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, namun tetap harus mengacu kepada silabus dan pendukung lainnya sebagai pendukung.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi katulis.com sebab contoh rpp 1 halaman lainnya akan segera kami sematkan di sini ketika sudah terdapat update terbarunya.

Kami cukupkan sampai di sini dulu pembahasan tentang contoh RPP satu lembar, untuk setiap update terbaru akan selalu dipubliskan ketika memang terdapat file baru. Jadi jangan sampai ketinggalan terus kunjungi blog katulis.com ini. Selamat bekerja!

You might also like
2 Comments
  1. Sahrul Hasan says

    GIMANA CARA NGEDOWNLODNYA

    1. admin says

      silahkan masuk dulu ke halaman unduh filenya, nanti di sana ada panduan lengkap.

Leave A Reply

Your email address will not be published.