RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019

13
rpp bahasa inggris kelas 1 sd
rpp bahasa inggris kelas 1 sd
Advertisement

Katulis.com – Inilah RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019 untuk semester 1 dan 2 sebagai referensi perangkat pembelajaran K13 dalam menghadapi tahun pelajaran 2019/2020.

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi terbaru dengan mengusung tema “Grow With English” merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 paling direkomendasikan bagi semua rekan tenaga pengajar Mapel Bahasa Inggris dalam melengkapi perangkat pembelajaran K13 SD dan administrasi guru.

Begitu banyak sekali RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum 2013 yang sering kali dibagikan di internet namun sangat disayangkan bahwa pada kenyataannya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 untuk Mata Pelajaran B. Inggris tersebut masih saja versi terdahulu.

Pratinjau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi

Pada bagian ini, katulis akan mengutip sedikit isi dari rpp bahasa inggris kelas 1 SD untuk semester 1 dan semester 2 supaya anda bisa lebih tahu sebenarnya seperti apa isinya. Berikut ini ringkasan pada langkah pembelajarannya:

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD K13 Semester 1

Kompetensi Dasar:

  • Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
  • Memberi salam/sapaan.
  • Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat.

Indikator:

  • Memberi dan menjawab salam dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Tujuan Pembelajaran RPP Bahasa Inggris K13 Kelas 1:

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  • memberi dan menjawab salam dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Materi Pembelajaran: Hello

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

Metode:  Integrated Skills (mendengarkan, memperagakan, menirukan, bercakap-cakap, penugasan)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:    

Pertemuan I – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa dengan sapaan “hello” sambil melambaikan tangan. Siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Guru harus memastikan bahwa setiap siswa telah menjawab, apabila ada yang belum menjawab, guru dapat mengulangi sapaan “hello” lagi.

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru, siswa diajak untuk mencermati gambar yang ada dibuku cetak halaman 2 dengan berkata “Listen and say” (sambil menunjuk telinga dan mulut). Kemudian, siswa diajak untuk mengikuti ucapan guru:

  • “This is a teacher. Teacher.” (guru menunjuk gambar teacher).
  • “This is a boy. Boy” (guru menunjuk gambar boy).
  • “This is a girl. Girl” (guru menunjuk gambar girl).

Untuk mengecek pemahaman siswa, guru meminta siswa untuk melingkari jawaban yang benar pada halaman 3.

Kegiatan Akhir
Guru menunjuk beberapa siswa secara acak, siswa menjawab dengan “boy” atau “girl”. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan II – Kegiatan Awal
Guru mengeluarkan boneka atau puppet dan berkata “hello”. Siswa menjawab sapaan guru dengan baik dan benar.

Kegiatan Inti
Guru meminta siswa untuk mengambil buku dan membukanya dengan berkata “Please open your book to page 6”. Kemudian, guru memperkenalkan tokoh-tokoh yang ada didalam buku dengan menunjuk gambarnya “This is Ms. Bertha. She’s a teacher. Teacher. Then, this is Tigor. Is Tigor a boy or  a girl?” Selanjutnya, guru memperdengarkan audio rekaman dan siswa diminta untuk mendengarkan isi audio tersebut (dialog). Setelah selesai, siswa diminta untuk mengulangi dialog seperti yang telah dicontohkan (mengulangi ucapan guru dan ganti peran, misalnya guru sebagai Tigor dan siswa sebagai teacher dan sebaliknya). Pastikan semua siswa menguasai dialog tersebut dengan meminta mereka berlatih secara berpasangan.

Kegiatan Akhir
Guru memperdengarkan lagu “Hello How Are You” dan mengajak siswa menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan III – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “Hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Kemudian, guru mengulangi materi pembelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti
Guru meminta siswa untuk mendengarkan audio dan memperhatikan dengan berkata “Listen and look” (menunjuk telinga dan mata). Siswa memperhatikan gerakan guru memperagakan sit down dan stand up sambil mendengarkan audio (halaman 4). Kemudian, guru memperdengarkan rekaman chant dan mengajak siswa chanting bersama-sama sambil memperagakannya.

Setelah selesai, guru memberikan instruksi “Stand up” atau “Sit down” kepada siswa sampai semua siswa paham (siswa melakukan intruksi guru).

Kemudian, guru dapat menambahkan instruksi kepada siswa dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu seperti, “Boys, stand up” atau “Girls, sit down”.

Kegiatan Akhir
Guru memanggil beberapa siswa kedepan kelas dan meminta siswa tersebut memberikan instruksi “sit down” atau “stand up” kepada teman-temannya.

Setelah semua siswa mendapat giliran, guru menutup pembelajaran.

Pertemuan IV – Kegiatan Awal
Guru memberi salam kepada siswa dan mengajak siswa menyanyikan lagu  “Hello How Are You.”

Kegiatan Inti
Guru mengevaluasi seluruh materi yang telah diberikan sebelumnya mengenai cara menyapa, membedakan boy/girl dan memberikan instruksi sederhana stand up/sit down.

Setelah itu, guru menyuruh siswa untuk menebalkan tulisan putus-putus pada halaman 8.

Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran.

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD K13 Semester 2

Kompetensi Dasar:

  1. Mendeskripsikan ruangan-ruangan di dalam rumah.
  2. Merespons instruksi sangat sederhana mengenai ruangan di dalam rumah.
  3. Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat.

Indikator:

  • Menyebutkan nama-nama ruangan didalam rumah dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Merespons instruksi sangat sederhana mengenai ruangan di dalam rumah dengan menunjukkan gambar yang tepat.
  • Menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Tujuan Pembelajaran pada RPP Bahasa Inggris K13 Kelas 1:

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  • menyebutkan nama-nama ruangan di dalam rumah dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • merespons instruksi sangat sederhana mengenai ruangan di dalam rumah dengan menunjukkan gambar yang tepat.
  • menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Materi Pembelajaran: This is the Livingroom

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

Metode:  Integrated Skills (mendengarkan, menirukan, membaca, penugasan, memperagakan, mewarnai).

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan I – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “Hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Kemudian, guru menyatakan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti
Guru mengajak siswa membuka buku cetak halaman 46 dan mencermati gambar rumah. Kemudian, guru bertanya “Is it a house? Yes? No?” Selanjutnya, guru menjelaskan nama-nama ruangan didalam rumah tersebut dengan bertanya “What’s this? (menunjuk gambar kamar tidur)atau Is it a bathroom (menunjuk gambar dapur).Guru memperkenalkan kosakata ruangan didalam rumah dengan merespons jawaban siswa atas pertanyaan guru (Yes. It’s a bathroom. Please repeat after me. A bathroom. It’s a kitchen. Please repeat after me. A kitchen. etc.). Setelah itu, guru mengajak siswa membuka buku cetak halaman 47. Guru mengajak siswa membaca kosakata-kosakata ruangan di dalam rumah dengan berkata “Everyone, let’s read. Repeat after me. Living room. Bathroom. Kitchen. Bedroom”

Kemudian, siswa diminta untuk mengerjakan tugas buku cetak halaman 47.

Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa memeriksa jawaban yang benar. Guru menutup pembelajaran.
PR: menggunting dan menempel gambar rumah pada halaman 50.

Pert II – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “Hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Guru memperdengarkan lagu “Where’s Grandma” dan siswa bersama-sama menyanyikannya.

Kegiatan Inti
Guru menempel kertas origami berbentuk lingkaran berwarna kuning, bujur sangkar berwarna biru, segitiga berwarna hijau dan persegi panjang berwarna merah di papan tulis. Kemudian, siswa diajak untuk mencermati keempat gambar tersebut dengan bimbingan guru yang bertanya “Look at this. (guru menunjuk gambar lingkaran). Is this a circle? What color is this?” Setelah semua gambar terjawab, guru mengajak siswa untuk menirukan ucapan guru “Repeat after me. A yellow circle (siswa menirukan). A blue square (siswa menirukan). A green triangle (siswa menirukan). A red rectangle (siswa menirukan).

Kemudian, guru meminta siswa mewarnai bentuk/bangun berdasarkan ucapan guru (buku cetak halaman 52).

Kegiatan Akhir
Guru menunjukkan kertas origami yang sebelumnya ditempel dipapan tulis dan bertanya bentuk dan warnanya.

Selanjutnya, guru memperdengarkan rekaman chants dibuku cetak halaman 54 dan mengajak siswa chanting bersama-sama sambil memperagakan gerakan menggambar bangun (lingkaran, segitiga, bujur sangkar, persegi panjang) dengan tangan. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan III – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “Hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar.

Kegiatan Inti
Guru menunjukkan gambar rumah berwarna merah, biru, hijau dan kuning, serta gambar-gambar ruangan didalam rumah (living room, kitchen, bedroom, bathroom). Guru bertanya kepada siswa nama dan warna dari masing-masing gambar tersebut. Kemudian, guru menempelkan gambar-gambar tersebut di sekitar kelas (didinding, pintu, dll). Selanjutnya, guru memanggil siswa secara random dan memberikan instruksi kepada mereka untuk pergi menuju gambar yang tepat dengan berkata “Go to the red house/go to the bathroom/etc.”

Lalu, bila semua siswa sudah mendapat giliran, minta mereka duduk kembali dikursi masing-masing. Kemudian, panggil salah satu siswa dan minta ia memberikan instruksi kepada teman mereka (seperti yang dicontohkan guru tadi).

Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan IV – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “Hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Guru mengulang pembelajaran yang lalu.

Kegiatan Inti
Siswa diminta untuk membuka buku cetak halaman 55 dan 56. Kemudian, siswa mengerjakan tugas tersebut.

Kegiatan Akhir
Siswa dan guru memeriksa jawaban bersama-sama. Guru menutup pembelajaran.

Unduh RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SD K13 Revisi 2019 (Grow With English)

Setelah anda mengetahui beberapa kutipan isi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Bahasa Inggris Kelas 1 SD tadi, maka sekarang saatnya Bapak/Ibu Guru unduh semua RPPnya melalui tautan di bawah ini:

Rekomendasi Kelas Lain:

Sepertinya hanya itu saja yang bisa katulis sampaikan kepada rekan-rekan guru yang megemban tugas sebagai tenaga pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas I SD/MI. Diharapkan inti dari pembahasan kali ini dapat menjawab dari kebutuhan terkait RPP bahasa Inggris K13 SD selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − one =