RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019

12
rpp bahasa inggris kelas 2 sd
rpp bahasa inggris kelas 2 sd
Advertisement

Katulis.com – Telah tersedia RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019 untuk digunakan pada semester 1 dan 2 sebagai contoh referensi perangkat pembelajaran K13 SD dan administrasi guru dalam di Tahun Ajaran 2019/2020.

Pada dasarnya RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019 dengan isi materi yang diambil dari buku “Grow With English” ini merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 rekomendasi terbaru bagi para Guru Mata pelajaran Bahasa Inggris.

Terdapat informasi tidak tepat terkait RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD Kurikulum 2013 yang sering kali kita temukan saat browsing di google, karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris tersebut ternyata masih saja versi terdahulu. Berbeda dengan halaman informasi yang sedang anda kunjungi sekarang, di sini anda bisa mendapatkan edisi revisinya dengan benar.

Pratinjau RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi

Melalui paragraf ini anda bisa melihat sedikit kutipan dari isi rpp bahasa inggris Kelas 2 SD untuk semester 1 dan semester 2 supaya anda bisa lebih tahu sebenarnya seperti apa isinya. Silahkan lihat ringkasannya:

RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD K13 Semester 1

Kompetensi Dasar:

  1. Memperkenalkan diri sendiri.
  2. Merespons instruksi/perintah sangat sederhana dalam konteks kelas.
  3. Mengenal warna dan bentuk bangun.
  4. Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana.

Indikator RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD K13 Semester 1

  • Memberi dan menjawab salam serta memperkenalkan diri sendiri dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Memberi dan memperagakan perintah sangat sederhana dalam konteks kelas dengan baik dan benar.
  • Menyebutkan warna dan bentuk bangun dengan tepat.
  • Menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Tujuan Pembelajaran:

            Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  • Memberi dan menjawab salam serta memperkenalkan diri sendiri dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Memberi dan memperagakan perintah sangat sederhana dalam konteks kelas dengan baik dan benar.
  • Menyebutkan warna dan bentuk bangun dengan tepat.
  • Menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Materi Pembelajaran: A New Friend

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

Metode:  Integrated Skills (mendengarkan, menyanyikan lagu, memperagkan, mewarnai, menulis)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran pada RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Semester 1

Pertemuan I – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa dengan sapaan “hello”. Siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Guru harus memastikan bahwa setiap siswa telah menjawab, apabila ada yang belum menjawab, guru dapat mengulangi sapaan “hello” lagi.

Kegiatan Inti
Dengan bimbingan guru, siswa diajak untuk membuka buku cetak dan mencermati gambar yang ada di buku cetak halaman 2 dengan berkata “listen and say” (sambil menunjuk telinga dan mulut). Kemudian siswa dan guru bertanya jawab:

  • “Who is she? Is she a teacher? (guru menunjuk gambar teacher dan siswa menjawab yes).
  • “Look at the boy. He’s standing next to the teacher. Is he a teacher too?” (guru menunjuk gambar Andi dan siswa menjawan no).
  • “Right. He isn’t a teacher. He’s a student. Repeat after me: a student” (guru merespons jawaban siswa dan mengajak siswa mengulangi ucapan guru sampai siswa dapat melafalkannya dengan ucapan yang benar).

Selanjutnya, siswa diajak untuk membuka buku cetak halaman 3 dan memperhatikan saat guru memperkenalkan nama-nama tokohnya: Meilin, Andi dan Seta. Lalu, siswa diperdengarkan rekaman percakapan perkenalan diri. Setelah selesai, guru meminta siswa untuk mengulangi ucapan guru mengenai cara memperkenalkan diri berdasarkan contoh rekaman tadi sampai siswa hafal dan dapat melafalkannya dengan benar.

Kegiatan Akhir
Guru mengambil selembar kertas dan membentuknya menjadi bola (atau guru membawa bola sungguhan). Lalu, guru memberitahu siswa bahwa mereka akan bermain “playing a ball game”. Kemudian, guru menjelaskan cara bermain “playing a ball game” dengan berkata “Look. I have a ball. Listen. I say “Hello, I’m Miss Bertha (mentioning teacher’s name).’ Now I throw the ball (throwing the ball to one child). Catch, please. Now, say “hello Miss Bertha, I’m Andi.” Now, throw the ball to your friend.”

Selanjutnya, siswa secara berkelompok (8 orang) bermain “playing a ball game” dan guru berkeliling sambil memastikan pelafalan siswa. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan II – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “hello”. Siswa menjawab sapaan guru dengan baik dan benar. Lalu, siswa diperdengarkan rekaman chanting buku cetak halaman 5 dan diminta untuk mengulanginya.

Kegiatan Inti
Siswa diminta untuk membuka buku cetak halaman 6. Kemudian, guru berkata “listen and look” (sambil menunjuk telinga dan mata. Lalu, siswa diperdengarkan rekaman audio buku cetak halaman 6. Saat rekaman berputar, guru mendemonstrasikan gerakan raise your hand, be quiet, listen dan stand in line bersamaan dengan rekaman audio tersebut. Setelah selesai, guru berkata “now, it’s your turn.”

Guru memperdengarkan rekaman audio sekali lagi dan siswa secara bersama-sama mendemonstrasikan gerakan seperti yang telah dicontohkan guru.

Untuk mengecek pemahaman siswa, guru dapat memanggil salah satu siswa dan memintanya mendemonstrasikan instruksi guru (lakukan hal yang sama dengan siswa yang berbeda). Setelah selesai, siswa diajak untuk membuka buku cetak halaman 10. Siswa mengerjakan latihan soal mencocokkan kata dengan gambar yang tepat. Siswa dan guru bersama-sama mendiskusikan jawaban yang benar.

Kegiatan Akhir
Guru memperdengarkan lagu Will you be a friend of mine? dan mengajak siswa menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan III – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Kemudian, guru mengulangi materi pembelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti
Guru menunjukkan potongan kertas origami: lingkaran coklat, segitiga biru, persegi panjang kuning, bujur sangkar hijau, oval putih dan hati merah kepada siswa dan menanyakan warna serta bentuknya dengan berkata:

what’s this?” (guru menunjukkan origami lingkaran berwarna coklat).

right. A circle. What color is it? Yes, it’s brown. Now, repeat after me. A brown circle.” (guru mengulangi pertanyaan yang sama tetapi dengan objek yang berbeda).

Selanjutnya, setelah semua siswa paham, siswa diajak untuk membuka buku cetak halaman 9 dan diminta untuk mewarnai gambar yang tertera pada buku tersebut.

Kegiatan Akhir Setelah seluruh siswa selesai mewarnai, guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang sudah diwarnai siswa tadi: bentuk dan warnanya. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan IV – Kegiatan Awal
Guru memberi salam kepada siswa dan mengajak siswa menyanyikan lagu  Will you be a friend of mine?.

Kegiatan Inti
Guru mengevaluasi seluruh materi yang telah diberikan sebelumnya mengenai cara cara memperkenalkan diri sendiri, imperative “raise your hand, etc”, serta bentuk dan warna bangun/shape.

Selanjutnya, siswa diminta untuk menyalin tulisan bahasa Inggris pada buku cetak halaman 11.

Kegiatan Akhir
Guru mengajak siswa bermain game pada buku cetak halaman 12. Guru menutup pembelajaran.

RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD K13 Semester 2

Kompetensi Dasar:

  • Mendeskripsikan detail pakaian.
  • Merespons instruksi sangat sederhana mengenai pakaian.
  • Mengenal ukuran besar dan kecil.
  • Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat.

Indikator RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD K13 Semester 2

  • Menyebutkan nama-nama pakaian beserta warnanya.
  • Bercakap-cakap mengenai pakaian.
  • Menyebutkan ukuran suatu bangun/bentuk/pakaian dengan baik dan benar.
  • Menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  • Menyebutkan nama-nama pakaian beserta warnanya.
  • Bercakap-cakap mengenai pakaian.
  • Menyebutkan ukuran suatu bangun/bentuk/pakaian dengan baik dan benar.
  • Menebalkan kata-kata yang ditulis putus-putus.

Materi Pembelajaran: A Blue Shirt (clothing)

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

Metode:  Integrated Skills (mendengarkan, berbicara, penugasan, memperagakan, menyanyikan lagu, membaca nyaring, mewarnai).

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Pertemuan I – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Kemudian, guru menyatakan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti
Guru mengajak siswa membuka buku cetak halaman 64 dan mencermati pakaian yang ada didalam gambar. Kemudian, guru bertanya “Is Meiilng wearing a skirt? Yes? No?” (menunjuk gambar meiling yang mengenakan rok) Yes, she is wearing a skirt, what color is it. Good. It’s purple (guru mengulangi prosedur yang sama dengan menunjuk gambar yang berbeda). Setelah itu, guru mengajak siswa membuka buku cetak halaman 65. Guru mengajak siswa membaca kosakata-kosakata ruangan didalam rumah dengan berkata “Everyone, let’s read. Repeat after me. A yellow shirt. A pink dress. A purple skirt. An orange short. Black pants. A chite cap. Brown shoes).” (Siswa menirukan ucapan guru).

Siswa diminta untuk membuka buku cetak halaman 67. Kemudian, guru bertanya jawab dengan siswa mengenai pakaian yang dikenakan Nurul, Dona, Seta dan Tigor.

Kegiatan Akhir
PR: mewarnai gambar berdasarkan keterangan yang tertera pada buku cetak halaman 66. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan II – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Guru memperdengarkan lagu “Let’s Wearing a Red Dress” dan siswa bersama-sama menyanyikannya.

Kegiatan Inti
Siswa diminta untuk membuka buku cetak halaman 68. Kemudian, siswa diminta untuk mendengarkan rekaman audio sambil melingkari jawaban yang tepat berdasarkan rekaman tersebut. Selanjutnya, guru dan siswa bersama-sama mendiskusikan jawaban yang benar.

Lalu, siswa diajak untuk mewarnai gambar pada buku cetak halaman 71. Kemudian, guru memanggil salah satu siswa dan memintanya mendeskripsikan warna dan jenis pakaian yang dipakai oleh orang pada gambar tersebut (guru memanggil setiap siswa sampai semua siswa mendapat giliran).

Kegiatan Akhir
Guru mengapresiasi hasil karya siswa. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan III – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa “hello, how are you?” dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar.

Kegiatan Inti
Siswa diperdengarkan rekaman audio buku cetak halaman 72. Kemudian, siswa memperhatikan saat guru mendemonstrasikan put on the shirt, take off the cap, hang up the shirt dan put away the shoes bersamaan dengan rekaman audio. Lalu, guru mengajak siswa untuk turut serta memperagakan hal yang dicontohkan guru tadi. Kemudian, siswa diajak untuk menirukan ucapan guru untuk melafalkan put on the shirt, take off the cap, hang up the shirt dan put away the shoes dengan lafal yang benar.

Siswa diajak untuk membuka buku cetak halaman 74. Kemudian, siswa diperdengarkan rekaman audio dan diminta untuk memperhatikan. Siswa bercakap-cakap dengan teman sebangkunya seperti yang telah dicontohkan rekaman audia tadi.             

Kegiatan Akhir
Siswa diperdengarkan rekaman chant dan diajak chanting bersama-sama (buku cetak halaman 73). Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan IV – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa hello, how are you?dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Guru mengulang pembelajaran yang lalu.

Kegiatan Inti
Siswa diajak untuk membuka buku cetak halaman 75 dan membaca nyaring dengan cara menirukan ucapan guru dengan lafal dan ucapan yang benar. Selanjutnya, siswa mengerjakan latihan soal dibuku cetak halaman 76. Lalu, siswa dan guru mendiskusikan jawaban yang benar bersama-sama.

Kegiatan Akhir
Siswa dan guru bermain Guru menutup pembelajaran.

Unduh RPP Bahasa Inggris Kelas 2 SD K13 Revisi 2019 (Grow With English)

Sekarang saatnya anda Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Bahasa Inggris Kelas 2 SD setelah tadi mengetahui beberapa pratinjau kutipannya, Silahkan Bapak/Ibu Guru unduh sesuai semesternya melalui tautan di bawah ini:

Rekomendasi Kelas Lain:

Sepertinya hanya itu saja yang bisa katulis sampaikan kepada rekan-rekan guru yang megemban tugas sebagai tenaga pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas I SD/MI. Diharapkan inti dari pembahasan kali ini dapat menjawab dari kebutuhan terkait RPP bahasa Inggris K13 SD selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 5 =