RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019

8
rpp bahasa inggris kelas 4 sd
rpp bahasa inggris kelas 4 sd
Advertisement

Katulis.com – Telah tersedia RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019 untuk digunakan pada semester 1 dan 2 sebagai pelengkap perangkat pembelajaran K13 SD dan administrasi guru dalam di Tahun Ajaran 2019/2020.

Perlu anda ketahui bahwa RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019 semuanya diambil dari buku dengan judul “Grow With English“. Buku bahasa inggris ini sangat populer di dunia pendidikan khususnya Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.

Ada banyak informasi kurang tepat mengenai RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Kurikulum 2013 yang sering kali kita temukan dari berbagai sumber blog/website di internet, sebab pada kenyataannya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris tersebut masih menggunakan versi lawas serta bedanya kurikulum. Berbeda dengan halaman informasi yang sedang anda kunjungi sekarang, di sini anda bisa mendapatkan edisi revisinya dengan benar.

Pratinjau RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi

Melalui bagian ini anda bisa melihat sedikit kutipan dari isi rpp bahasa inggris Kelas 4 SD untuk semester 1 dan semester 2 supaya anda bisa lebih tahu sebenarnya seperti apa isinya. Silahkan lihat ringkasannya:

Semester 1

Kompetensi Dasar:

  1. Menyapa dan mengucapkan salam perpisahan kepada teman dan guru.
  2. Menanyakan nama teman.

Indikator:

  • Menyapa teman dan guru dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lafal dan ucapan yang benar.
  • Mengucapkan salam perpisahan kepada teman dan guru dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lafal dan ucapan yang benar.
  • Menanyakan nama teman dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lafal dan ucapan

Tujuan Pembelajaran:

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  • menyapa teman dan guru dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lafal dan ucapan yang benar.
  • mengucapkan salam perpisahan kepada teman dan guru dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lafal dan ucapan yang benar.
  • menanyakan nama teman dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lafal dan ucapan yang benar.

Materi Pembelajaran: How Do You Spell Your Name (A New Friend)

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (4 kali pertemuan)

Metode:  Integrated Skills (mendengarkan, memperagakan, menirukan, bercakap-cakap, menulis, penugasan)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:    

Pertemuan I – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa dengan sapaan “Hello my name’s …” (menyebutkan nama diri)sambil melambaikan tangan. Siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Kemudian guru bertanya keadaan siswa dengan ungkapan “How are you?”

Kegiatan Inti
1. Dengan bimbingan guru, siswa diajak untuk mencermati gambar yang ada dibuku cetak halaman 2. Siswa mengidentifikasi karakter dalam gambar bersama guru. Lalu, siswa membaca soal bersama-sama dengan guru. Setelah itu, siswa mendiskusikan jawaban dengan teman sebangku. Selanjutnya guru dan siswa membahas jawaban yang tepat.

2. Guru mengarahkan siswa untuk melihat alfabet digambar pada hal 2 dan menanyakan huruf tersebut. Setelah itu siswa diarahkan untuk melihat alfabet bahasa Inggris di hal 3. Siswa menyimak audio cara mengucapkan huruf dalam bahasa Inggris. Siswa dengan bimbingan guru berusaha membaca huruf per barisnya. Beberapa siswa membaca huruf yang ditunjuk oleh guru.

3. Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan gambar lingkaran di hal 4. Siswa menghitung jumlah lingkaran yang ada. Siswa membaca nyaring huruf-huruf yang ada di dalam lingkaran. Setelah siswa siap dengan pensil warnanya, siswa mendengarkan audio lalu mewarnai lingkaran. Audio diputar sebanyak 2 kali. Bersama dengan guru, siswa membahas hasil pewarnaan mereka.

4. Siswa di arahkan untuk membaca kata dalam kotak pada halaman 5. Lalu, siswa diminta untuk memberhatikan 2 pohon kategori dengan contohnya. Setelah itu siswa mengelompokkan kata-kata dalam kotak kedalam pohon kategori shapes dan colors. Bersama dengan guru, siswa membahasa pengelompokkan kata tersebut.

Kegiatan Akhir
Guru menanyakan apa yang sudah dipelajari. Guru meminta siswa mengeja nama guru mereka. Guru meminta siswa menyebutkan salah satu bentuk benda yang ditunjuk. Guru meminta siswa untuk menyebut salah satu warna yang ditunjuk. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan II – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa dengan berkata, “Hello. How are you today?” Siswa menjawab sapaan guru dengan baik dan benar.

  Kegiatan Inti
1. Guru mengarahkan siswa untuk membuka buku halaman 7. Siswa memperhatikan gambar dan menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa Inggris. Lalu, siswa membaca lirik di buku. Setelah siswa, familier dengan pengucapannya siswa mendengarkan chat pada halaman tersebut. Siswa menirukan bersamaan dengan audio. Yang terakhir siswa menyanyikan chant tanpa diiringi audio. Guru membuat alternative chan dengan mengubah kata dengan gambar pada buku. 

2. Guru mengarahkan siswa untuk membuka buku pada halaman 8. Siswa diminta memperhatikan gambar. Lalu siswa mendengarkan audio. Setiap mendengarkan instruksi dari audio, guru memberi contoh melakukan instruksi tersebut. Salah satu siswa diminta untuk melakukan instruksi yang sama. Setelah semua instruksi di laksanakan, siswa melakukan kegiatan tersebut secara berpasangan.

3. Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan tabel pada halaman 9. Siswa membaca setiap kata dalam tabel. Guru memberi contoh mengerjakan soal. Siswa mendengarkan audio lalu memilih kata yang didengarnya.

4. Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan gambar pada halaman 10. Siswa mengidentifikasi karakter dalam gambar. Siswa mendengarkan audio percakapan tersebut. Setelah itu siswa dibagi menjadi 2 kelompok: laki-laki dan perempuan. Kedua kelompok tersebut menirukan dialog. Setelah itu dua orang siswa mempraktikkan dialog di depan kelas. Terakhir siswa secara berpasangan mempraktikan dialog tersebut.

Kegiatan Akhir
Siswa menyanyikan chant pada halaman 7 secara bersama sama. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan III – Kegiatan Awal Guru menyapa siswa, “Hello, how are you? Are you ready for English today?” Dan siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar. Kemudian, guru mengulangi materi pembelajaran sebelumnya.`

Kegiatan Inti
1. Guru mengarahkan siswa untuk membuka buku halaman 11. Siswa memperhatikan gambar dan mendengarkan audio. Lalu,siswa menirukan audio.

2. Siswa membuka buku halaman 12. Siswa membaca pilihan jawaban secara bersama sama. Setelah itu, siswa memperhatikan gambar lalu memilih sapaan yang tepat. Bersama dengan guru, siswa membahas jawaban.

3. Siswa membuka halaman 13 dan memperhatikan gambar. Siswa mengidentifikasi karakter yang ada di dalam gambar. Lalu, siswa mendengarkan percakapan lalu menjawab pertanyaan.

4. Siswa membuka halaman 14 dan mengidentifikasi karakter di dalam gambar. Setelah itu, siswa mendengarkan percakapan. Lalu, siswa mendengarkan percakapan lagi dan menirukannya. Setelah itu, dua orang anak menjadi model di depan kelas untuk mempraktikkan percakapan. Terakhir, siswa mempraktikan percakapan secara berpasangan.

Kegiatan Akhir
Guru bertanya pada siswa hal apa saja yang telah dipelajari hari ini. Guru menutup pembelajaran.

Pertemuan IV – Kegiatan Awal
Guru memberi salam kepada siswa.

Kegiatan Inti
1. Guru mengarahkan siswa untuk membuka halaman Cutting Page untuk Lesson 1. Siswa memotong gambar sesuai dengan garis. Lalu, siswa memperhatikan guru mengeja kata dari potongan huruf. Siswa menyebutkan kata yang disebut. Secara berkelompok siswa bermain tebak kata dari huruf yang dieja.

2. Siswa membaca lirik lagu di halam 16. Setelah, siswa familier dengan lirik, siswa mendengarkan lagu ”Bingo.” Setelah mendengarkan lagu, siswa menyanyi bersama diiringi audio. Guru memberikan huruf besar dari kata Bingo kelima anak. Lalu siswa menyanyikan lagu bersama, ketika huruf disebutkan, anak yg memegang huruf maju dan mengangkat hurufnya.

3. Siswa diminta memperhatikan gambar dan situasi pada halaman 17. Lalu siswa membaca nyaring pilihan kata. Setelah itu siswa mendiskusikan kata untuk melengkapi dialog secara berpasangan. Bersama dengan guru siswa membahas jawaban dari latihan tersebut.

Kegiatan Akhir
Siswa menyanyikan lagu ”Bingo” kemudian guru menutup pelajaran.

Semester 2

Kompetensi Dasar:

  1. Menyebutkan aktivitas.
  2. Menanyakan dan memberitahukan aktivitas yang dilakukan diri sendiri, teman, dan keluarga.
  3. Mendeskripsikan keluarga secara singkat.

Indikator:

  • Menyebutkan nama-nama profesi dalam bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Bertanya mengenai profesi seseorang dengan menggunakan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Menyebutkan profesi seseorang denagan menggunakan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Bertanya tempat dimana seseorang bekerja dengan menggunakan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Menyebutkan tempat seseorang bekerja dengan menggunkan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.

Tujuan Pembelajaran:

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  • menyebutkan aktivitas dalam bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar berdasarkan gambar.
  • menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan diri sendiri, teman, dan keluarga dengan menggunakan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • memberitahukan kegiatan yang dilakukan diri sendiri, teman, dan keluarga denagan menggunakan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • mendeskripsikan keluarga secara singkat dengan menggunakan bahasa Inggris dengan ucapan dan lafal yang benar.
  • Materi Pembelajaran: Seta’s Family is Having a Picnic (My Big Family’s Picnic)
  • Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (4 kali pertemuan)
  • Metode:  Integrated Skills (mendengarkan, memperagakan, menirukan, bercakap-cakap, menulis, penugasan)
  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:    

Pertemuan I – Kegiatan Awal 
Guru menyapa siswa dengan sapaan, “Hello how are you today? Are you ready to learn English?” sambil melambaikan tangan. Siswa menjawab sapaan tersebut dengan baik dan benar.

Kegiatan Inti
1. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 92 dan mengidentifikasi gambar. Lalu, siswa membaca nyaring pertanyaan. Setelah itu, siswa menjawab pertanyaan tersebut.

2.  SIswa diarahkan untuk memperhatikan pohon keluarga Seta pada halaman 93 dan mengidentifikasinya. Setalah itu, siswa mendengarkan audio. Lalu, siswa menirukan kalimat setiap kali mendengar audio. Dengan bimbingan guru, siswa membaca kalimat secara mandiri.

3. Siswa diarahkan untuk melihat pohon keluarga Sinta pada halaman 74 dan mengidentifikasinya. Lalu siswa mendengarkan audio dan menentukan apakah pernyataan yang didengar benar atau salah menurut pohon keluarga. Dengan bimbingan guru, siswa memriksa jawabannya. 

Kegiatan Akhir
Guru menanyakan nama anggota keluarga dan kemudian menutup pelajaran..

Pertemuan II – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa dengan berkata, “Hello. How are you? Let’s learn English!” Siswa menjawab sapaan guru dengan baik dan benar.

Kegiatan Inti 
1. Siswa diarahkan untuk memperhatikan pohon keluarga pada halaman 95 dan mengidentifikasi anggota keluarga tersebut.

2. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 96 dan mengidentifikasi gambar. Siswa membaca nyaring pilihan jawaban. Setelah itu, siswa membaca kalimat dan melengkapinya. Dengan bimbimngan guru, siswa memeriksa jawabannya.

3. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 97 dan mengidentifikasi gambar. Lalu, siswa membaca lirik chant. Setelah siswa familier dengan lirik, siswa mendengarkan chant dan menirukannya ketika siswa merasa susdah siap.

Kegiatan Akhir
Guru menanyakan nama anggota keluarga besar dan lalu menyanyikan chant sebagai penutup pelajaran.

Pertemuan III – Kegiatan Awal
Guru menyapa siswa, “Hello, how are you? It’s time to learn English!” dan siswa menjawab sapaan guru. Kemudian guru mengulangi materi pembelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti 
1. Siswa menyiapkan pensil warna. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 99 dan mengidentifikasi gambar. Siswa mengambar pohon keluarganya. Setelah itu, sisiwa memperhatikan guru menjelaskan pohon keluarganya. Salah satu siswa maju ke depan kelas dan mendeskripsikan pohon keluarganya. Siswa menjelaskan pohon keluarganya secara berpasanagan.

2. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 100 dan mengidentifikasi gambar. Lalu, siswa mendengarkan audio dan memperhatikan guru melaksanakan instruksi. Seorang siswa maju ke depan kelas untuk memberi contoh melakukan instruksi yang di dengar. Setelah itu, siswa melakukan instruksi yang didengar.

3. Siswa diarahkan untuk membaca nyaring kalimat di halaman 101 dan 102. Lalu, siswa memperhatikan gambar pada halaman tersebut dan mengidentifikasinya. Setelah itu, siswa memperhatikan contoh pengerjaan soal dan kemudian menjodohkan kalimat dengan gambar yang sesuai. Dengan bimbingan guru, siswa memeriksa jawabannya.

Kegiatan Akhir
Siswa memberitahu kegiatan sedang dilakukan dalam gambar yang ditunjuk oleh guru.

Pertemuan IV – Kegiatan Awal
Guru memberi salam kepada siswa dan bertaya keadan siswa denganbertanya, “Hi! How are you today?” Siswa menjawab pertanyaan guru dengan tepat.

Kegiatan Inti
1. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 103 dan mengidentifikasinya. Lalu, siswa membaca nyaring lirik lagu. Setelah siswa familier dengan lirik, siswa mendengarkan lagu. Siswa menyanyi bersama dengan audio.

2. Siswa siarahkan untuk melihat gambar pada halaman 104 dan mengidentifikasinya. Setelah itu siswa membaca nyaring nama-nama pada halaman tersebut. Lalu siswa memperhatikan contoh yang diberikan dan kemudian menjodohkan gambar dengan nama berdasarkan pada audio yang didengar. Dengan bimbingan guru, siswa memeriksa jawabannya.

3. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 105 dan mengidentifikasinya. Lalu siswa mendengarkan percakapan. Siswa menirukan kalimat ketika mendengarkan percakapan untuk kedua kalinya. Setelah itu, kelas dibagi menjadi 2 kelompok dan siswa mempraktikan dialog. Dua orang siswa mempraktikkan dialog di depan kelas. Setelah itu siswa mempraktikan dialog secara berpasangan. Beberapa anak diminta maju dan melakukan pantomime untuk ditebak oleh teman sekelas.

4. Siswa diarahkan untuk memperhatikan gambar pada halaman 106 dan mengidentifikasinya. Setelah itu, siswa membaca nyaring pilahan jawaban. Lalu, siswa memperhatikan contoh dan melengkapi teks dengan kata yang tersedia. . Dengan bimbingan guru, siswa memeriksa jawabannya.

Kegiatan Akhir
Siswa menyanyikan lagu “Set’a Having a Picnic”.

Unduh RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD K13 Revisi 2019 (Grow With English)

Sekarang saatnya anda Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Bahasa Inggris Kelas 4 SD setelah tadi mengetahui beberapa pratinjau kutipannya, Silahkan Bapak/Ibu Guru unduh sesuai semesternya melalui tautan di bawah ini:

Rekomendasi Kelas Lain:

Demikian informasi mengenai RPP Bahasa Inggris Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2019, semoga dapat bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + six =