Advertisement

Menulis Personal Letter untuk Sahabat Pena Bahasa Inggris

Katulis.com – Akhirnya kita masuk ke pembahasan Menulis Personal Letter untuk Sahabat Pena dalam Bahasa Inggris, di sini kamu dapat mengetahui format atau bentuk surat pribadi untuk dikirimkan ke sahabat penamu.

Menulis Personal Letter untuk Sahabat Pena dalam Bahasa Inggris

Personal Letter atau surat pribadi banyak digunakan oleh orang-orang yang biasanya memiliki sahabat pena. Jika kamu memiliki sahabat pena dan ternyata dia berasal dari negara yang beda denganmu, tentu kamu harus bisa menguasai Bahasa asing bukan untuk bisa berkomunikasi? Paling tidak kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk hal itu.

Nah, untuk itu di artikel ini akan membahas contoh personal letter Bahasa Inggris agar kamu lebih bisa berkomunikasi dengan sahabat pena-mu. Bagaimana contoh dari contoh personal letter tersebut? Lalu sebenarnya apa itu personal letter atau surat pribadi? Serta apa saja fungsi dan jenis-jenisnya? Berikut ini penjelasan serta contoh dari personal letter untuk sahabat pena Bahasa Inggris!

Personal Letter atau Surat Pribadi, Contohnya!

Jakarta, 11 August 2019

Dear my friend, Alexa

    Hi, friend! How are you? I hope you are always good and healthy.

    I’m really happy to hear that you will come to my country. I hope we will meet and spend the holiday together. I’m so glad that I can accompany you around my city, Jakarta. I will show you all the best tourist attractions here. I also will make you try all the traditional foods. 

    I’m so excited about that. I really can’t wait to see you. 

Love, 
Kiky

Terjemahan/Artinya:

Jakarta, 11 August 2019

Teruntuk temanku, Alexa

Hai teman! Bagaimana kabarmu semoga kamu selalu baik dan sehat.

Saya sangat senang mendengar bahwa Anda akan datang ke negara saya. Saya harap kita akan bertemu dan menghabiskan liburan bersama. Saya sangat senang bisa menemani Anda di kota saya, Jakarta. Saya akan menunjukkan kepada Anda semua tempat wisata terbaik di sini. Saya juga akan membuat Anda mencoba semua makanan tradisional.

Saya sangat senang tentang itu. Aku benar-benar tidak sabar ingin bertemu denganmu.

Sayang,
Kiky

Nah, itulah salah satu contoh dari surat pribadi untuk sahabat pena Bahasa Inggris. Sebelum menulis personal letter sebaiknya kamu tahu apa itu sebenarnya arti dari surat pribadi tersebut. Selain itu, kamu juga perlu tahu apa saja fungsinya agar lebih mudah saat mulai mencoba menulisnya nanti. Berikut ini adalah pembahasannya!

Wajib Tahu juga ya!

Pengertian dari Personal Letter atau Surat Pribadi

Personal Letter atau lebih diketahui sebagai surat pribadi adalah jenis surat yang dibuat untuk keperluan personal atau pribadi untuk ditujukan ke pihak atau orang lain bahkan kepada organisasi dan perusahaan. Personal letter dapat menggunakan Bahasa baku maupun non baku tergantung dari tujuan dan isinya. Namun, meski begitu penulisan surat pribadi harus juga selalu memperhatikan etika serta menggunakan Bahasa yang sopan walaupun non formal. 

Fungsi Personal Letter

Personal letter memiliki beberapa fungsi seperti:

  1. Untuk mengekspresikan perasaan
  2. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa baik Bahasa lokal maupun Bahasa asing
  3. Untuk menjadi wakil dari penulis
  4. Menjadi sarana penyampaian ide ataupun gagasan

Jenis-Jenis Personal Letter

  1. Personal Letter Kekeluargaan

Tujuan dari surat pribadi ini adalah untuk ditujukan kepada kerabat, keluarga, teman atau orang-orang yang dikasihi. Biasanya surat pribadi jenis ini menggunakan Bahasa yang tidak baku bahkan santai. Lalu juga umumnya dibuat dengan tulis tangan. 

  • Personal Letter Semi Resmi atau Setengah Resmi

Surat pribadi ini adalah jenis surat yang digunakan untuk keperluan komunikasi dengan organisasi atau instansi. Biasanya menggunakan Bahasa dan format yang baku serta sopan.

Demikianlah pembahasan tentang contoh surat pribadi atau personal letter untuk sahabat pena Bahasa Inggris. Selain mengetahui tentang bagaimana contohnya, mengetahui tentang pengertian, fungsi serta jenis dari personal letter itu juga perlu. Jadi, tunggu apalagi? Setelah mengetahui semuanya, ayo segera buat personal letter-mu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

4 − one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy