Advertisement

Silabus K13 PAI SD Revisi 2019 untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Katulis.com – Berikut ini kumpulan silabus K13 PAI SD revisi 2019 untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 sebagai salah salah satu perlengkapan perangkat pembelajaran di tahun pelajaran 2019/2020. Bisa anda download dalam bentuk format doc/docx (Microsoft Word).

Seperti yang telah kita pahami bahwa silabus menjadi acuan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selain dari adanya prota, promes, dan buku pegangan Guru/siswa.

Silabus berfungsi sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

Advertisement

Menurut Kunandar (2011:244) bahwa Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar. (Yulaelawati)

Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Download Kumpulan Silabus K13 PAI SD Revisi 2019 untuk Semua Kelas

Melalui bagian ini kami persilahkan anda untuk mengunduh silabus kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam SD sesuai kelas tempat anda mengajar :

Pratinjau:

Link Unduhan:

  • Silabus K13 PAI Kelas 1 SD – Unduh
  • Silabus K13 PAI Kelas 2 SD – Unduh
  • Silabus K13 PAI Kelas 3 SD – Unduh
  • Silabus K13 PAI Kelas 4 SD – Unduh
  • Silabus K13 PAI Kelas 5 SD – Unduh
  • Silabus K13 PAI Kelas 6 SD – Unduh

Jangan Lewatkan:

  • Prota K13 PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • Promes K13 PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6
  • KKM K13 PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4 , 5 ,6
  • RPP K13 PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Lihat juga silabus untuk mata pelajaran lainnya:

Advertisement

Kompetensi Inti pada silabus PAI SD terdiri dari:

KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

KI 4: Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Silabus menurut Trianto (2010:96) merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Isi Silabus Kurikulum 2013 PAI SD Kelas 1, 2,3 ,4 ,5 ,6

Adapun isi dari silabus k13 SD (Sekolah Dasar) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk semua kelas, diantaranya yaitu:

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
  3. kompetensi inti,
  4. kompetensi dasar
  5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A/dll);
  6. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  7. pembelajaran,yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;
  8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar
  9. alokasi waktu
  10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Prinsip Pengembangan Silabus

Selain dari pengertian dan Isi silabus, kitapun harus mengetahu apa saja prinsip-prinsip pada pengembangannya. Terdapat 8 prinsip, diantranya yakni:

  1. Ilmiah; Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Relevan; Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  3. Sistematis; Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsistensi; Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  5. Kecukupan; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual & Kontekstual; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  7. Fleksibel; Keseluruhan komponen silabus dapat mengako-modasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh; Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, Psikomotor) atu sesuai degan esensi mata pelajaran masing-masing.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan tentang silabus di atas tadi dapat kita simpulkan bahwa, silabus memiliki beberapa manfaat dalam memperlancar kegiatan proses belajar mengajar, atau secara detailnya :

Silabus sangat berguna sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.

Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.

Mudah-mudahan Silabus K13 PAI SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2019 ini dapat menjadi salah satu acuan dalam melengkapi perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah dasar untuk semua kelas (1 sampai 6). Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kerabat tenaga pengajar khususnya Guru PAI.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy