Advertisement

Silabus K13 SD Revisi 2019 untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Katulis.com – Berikut ini silabus K13 SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2019 semester 1 dan semester 2 yang merupakan bagian dari perangkat pembelajaran kurikulum 2013.

Silabus K13 SD revisi 2019 merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Berdasarkan fungsi secara garis besar, silabus Kurikulum 2013 SD/MI revisi 2018 merupakan rencana pembelajaran yang digunakan untuk mengatur suatu mata pelajaran meliputi materi pembelajaran, alokasi waktu, uji kompetensi, standar kelulusan, kompetensi dasar, buku rujukan, dan indikator penilaian.

Advertisement

Selain itu disebut juga sebagai acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran, yang minimal memuat identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, aloaksi waktu, dan sumber belajar.

Oleh karena itulah contoh silabus K13 SD ini kami bagikan supaya rekan-rekan Guru mengetahui seperti apa bentuk silabus untuk revisi tahun ini, meskipun pada kenyataannya masih diambil dari referensi tahun lalu. Hanya saja mengalami perubahan dalam segi penyusunan ulang supaya lebih rapi lagi.

Guna mempersingkat waktu ada baiknya anda langsung kebagian contoh silabus k13 yang telah kami sajikan di bagian bawah ini, silahkan dipilih sesuai masing-masing kelas, seemua kelas dan mata pelajaran telah tersedia jadi tunggu apa lagi? Yuk diunduh saja untuk dijadikan sebagai referensi.

Download Silabus K13 SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 di Semester I dan II

Supaya Bapak/Ibu guru dapat dengan mudah menemukan silabus sesuai kebutuhan kelas, maka telah kami sediakan masing-masing silabus sesuai dengan kelasnya, silahkan unduh filenya di bawah ini:

Selain itu, katulis telah menyediakan silabus khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Apabila anda memerlukannya bisa melihat langsung di sini:

Advertisement

Download melalui Silabus K13 PAI SD

Sedangkan bagi Guru yang membutuhkan untuk silabus Mata pelajaran Matematika bisa mengunduhnya melalui perangkat pembelajaran Matematika, silahkan buka:

Pengembangan Silabus tematik di SD

Silabus tematik di SD dikembangkan menggunakan model jaring laba-laba (webbed). Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed) dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk Materi Pokok menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran.

Sebagai informasi tambahan, perlu anda ketahui bahwa silabus berfungsi sebagai:

1. Merupakan pedoman atau acuan dalam penyusunan RPP yang secara komprehensif, mengandung rancangan seluruh aspek pembelajaran terkait dengan tujuan langsung pembelajaran (direct teaching) maupun tujuan tidak langsung pembelajaran (indirect teaching);

2. Menjadi acuan pengelolaan media dan sumber belajar, terutama dalam pengembangan sarana dan prasarana yang dapat mengembangkan budaya literasi secara menyeluruh;

3. Menjadi acuan pengembangan sistem penilaian;

4. Merupakan gambaran umum program dan target yang akan dicapai mata pelajaran;

5. Merupakan dokumentasi tertulis dalam rangka akuntabilitas program pembelajaran.

Sebelum menggunakannya silahkan periksa contoh silabus k13 tersebut, apakah masih cocok dengan peraturan implementasi kurikulum terbaru saat ini? Jika ternyata masih terdapat keselarasan berarti masih layak digunakan.

Semua berkas yang bisa anda dapatkan di bagian atas tersebut, bisa digunakan sebagai silabus terbaru 2020, karena pada dasarnya untuk silabus masih belum ada perubahan secara signifikan. Maka dari itu tentu saja masih layak dipergunakan dan jadi acuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 versi satu lembar.

Demikian pembahasan secara garis besar tentang silabus k13 SD revisi 2019 ini, kami berharap dengan adanya tulisan ini Baak/Ibu guru dapat lebih mudah mendapatkan silabus sesuai dengan kelasnya untuk digunakan pada semester 1 dan 2 di tahun pelajaran 2019/2020 sekarang.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

8 − five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

Privacy & Cookies Policy