Silabus PJOK SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2019 dan 2018

7
silabus pjok sd kurikulum 2013 kelas 4
silabus pjok sd kurikulum 2013 kelas 4
Advertisement

Katulis.com – Berikut ini silabus PJOK SD kurikulum 2013 revisi 2019 dan 2018 untuk kelas 4 di semester 1 maupun semester 2, sebagai salah satu berkas pelengkap perangkat pembelajaran di tahun pelajaran 2019/2020. Bisa anda unduh dalam format doc/docx (Microsoft Word).

Berhubung Silabus merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai acuan Guru dalam mengembangkan maupun penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan, maka dari itu setiap Guru wajib memilikinya.

Silabus PJOK SD kurikulum 2013 revisi 2018 dan 2019 kelas 4 ini pun berfungsi sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, seperti perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran bahkan kepada hal pengembangan penilaian.

Sudah kita ketahui bersama bahwa silabus PJOK K13 menjadi acuan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selain dari adanya program tahunan, program semester, dan buku pegangan Guru/siswa.

Selain itu, silabus K13 PJOK SD kelas 4 Semester Ganjil dan Genap bisa juga disebut seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Menurut Kunandar (2011:244) bahwa Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Arti lainnya, silabus adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Download Silabus PJOK SD Kurikulum 2013 Revisi 2019 dan 2018 untuk kelas 4 Lengkap

Melalui bagian ini kami persilahkan anda untuk mengunduh silabus kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar sesuai semester:

Pratinjau:

Link Unduhan:

  • Silabus K13 PJOK SD Semester 1 – Unduh
  • Silabus K13 PJOK SD Semester 2 – Unduh

Rekomendasi untuk Kelas lainnya:

Lihat juga silabus untuk mata pelajaran lainnya:

Menurut Trianto (2010:96) Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Isi Silabus Kurikulum 2013

Adapun isi dari silabus k13 SD (Sekolah Dasar) mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk semua kelas, diantaranya yaitu:

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
  3. kompetensi inti,
  4. kompetensi dasar
  5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A/dll);
  6. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  7. pembelajaran,yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;
  8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar
  9. alokasi waktu
  10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Kesimpulan

silabus PJOK kelas 4 semester 2 K13 juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, seperti contohnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Begitu juga, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.

Silabus PJOK kelas 4 semester 1 K13 sangat berguna sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, dan rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.

Mudah-mudahan Silabus K13 PJOK SD untuk kelas 4 Revisi 2019 ini dapat menjadi salah satu acuan dalam melengkapi perangkat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah dasar untuk semua kelas (1 sampai 6). Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kerabat tenaga pengajar khususnya Guru PJOK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =